EMPAT SEKAWAN YANG TERSESAT

lagi – lagi hari senin, 28 Juni 2010 silam .. berawal dari rencana yg tak pernah singgah , yah bisa disebut rencana yg sempat terbuang ke sungai opak dan ditemukan lagi di sungai mataram wink.png image by rahmat_cruzt .. gini awalnya , saya dan teman – teman saya ini udah punya rencana atau planning bukan planting karena planting itu bukan planning kami ke pantai setelah kelulusan .. udah sekitar 3 bulan kurang kalo dihitung dari bulan Juni .. saat itu kami sangat antusias “Yo Ayo!! Aku siap kapan wae ki hehe mumpung prei suwi!!” cletup mulut – mulut kami setelah mendengar planning itu .. hari demi hari berlalu , musim demi musim pun berlalu , matahari terbit dan terbenam silih berganti , namun apa jadinya ?? bukan main , rencana kami hanya terdengar di kuping kanan dan kiri tapi keluar lewat hidung tongue.png image by rahmat_cruzt .. itulah kenyataannya , ga pernah terwujud .. bagai bermimpi indah tiap malam tapi tak pernah terwujud di siang hari , rumit memang susah .. saya sempat beberapa kali mengingatkan mereka, “Ayo kapan kita ke pantai ni? Mumpung libur masih panjang juga. Pengen tenan ki. haha” mereka hanya menjawab, “Yo ayo!” tapi saya pun juga cuma menanggapi, “Oke, nanti kita cari hari yg pas!” .. ternyata bukan hari yg pas yg muncul , tapi kesibukan masing – masing yg muncul membuat planning makin terdengar mustahil angry.png image by rahmat_cruzt .. wah sibuk ni orang atas pindah orang bawah deh !!

yap , tak lama kemudian karena saya malas bercerita lebih detail karena bukan inilah permasalahan yg seharusnya diceritakan panjang lebar hehe , saya langsung mengirim sms via TIKI bukan via Kantor POS teeth.png image by rahmat_cruzt haha, “Bro, besok senin rencana kita mau ke pantai, ga baru sibuk kan? Berangkat pagi jam 7. nanti aku yg jemput. hehe” kurang lebihnya gitu .. yuhuu , hari yg dinanti – nanti pun datang tak diundang .. saya bangun ga kaya biasanya , jam setengah 6 sudah membuka mata dan ga menutupnya kembali .. siap – siap , tas ready , baju ready , perlengkapan mandi ready .. SIP! sekarang sms temen di deket pakem “Ayo berangkat udah jam 7!” .. dia membalas sms saya via kantor POS yg bilang kalo tunggu sebentar ada keperluan mendadak .. saya pun mulai menikmati udara pagi di teras rumah sambil menunggu kehadiran salah seorang teman .. oke , dia pun sampai tepat di depan rumah saya bukan jam 7 lagi tapi jam 8 .. yah , saya pikir ini wajar karena dia memang tidak pernah tepat waktu haha .. dengan perlengkapan yg lengkap tapi seadanya tanpa membawa setetes air minum atau pun sebutir makanan kami berangkat .. bukan naik andong milik bang Yamaha lagi , tapi naik dokar milik bung Daihatsu milik saya .. setelah berpamitan , saya mulai menyalakan mesin mobil dan berangkat dari rumah menuju kediaman teman saya yg lain , Fajar , di jalan kaliurang ..

sebelumnya saya perkenalkan teman – teman saya yg ikut touring .. Satria dari arah utara deket pakem , Fajar dari arah utara jalan kaliurang km 7 , Faisal dari arah barat jalan godean .. nah , misi penculikan anak dari 3 bersaudara , Fajar , berhasil , kami langsung take off ke daerah barat menjemput satu kawan lagi di sana .. bukan Mak Lampir juga bukan Mak Mimin apalagi Mak Erot yg mau kami jemput , tapi Faisal si Gendut smile.png image by rahmat_cruzt .. awalnya perjalanan lancar – lancar saja , tapi habis keluar dari kediaman Faisal ternyata kami tersandung kesialan dan harus menunggu bermenit – menit dalam lingkaran kemacetan .. bukan karena ada si gembala sapi juga bukan karena ada si suka tawa , tapi ternyata ada trek membawa besi – besi panjang yg sekiranya dipake buat pondasi rumah yg saat itu besi itu tercecer dari trek dan badan trek menghambat arus lalu lintas saat itu sehingga kemacetanlah yg harus kami terima dengan lapang dada .. setelah sekitar 15 menitan terhalang macet , kami pun langsung tancap gas ke sebuah pantai yg sebelumnya belum kami tentukan karena minimnya rencana confused.png image by rahmat_cruzt .. sambil jalan kami memikirkan pantai mana yg pas dan tepat buat bersenang – senang mengisi liburan yg mungkin bisa membuat kami cukup berkesan .. akhirnya kami memutuskan pergi berlibur ke Pantai Sundak bukan Pantai Landak atau pun Pantai Badak shade.png image by rahmat_cruzt ..

singkat cerita karena saya sedang sangat ambisius menulis tapi masih bergejolak kemalasannya .. sekitar jam 8. 33 kami terbebas dari lubang kemacetan yg sangat membuat kami orang – orang cupu yg memiliki tingkat kesabaran luar biasa pun mampu mengeluarkan kata – kata yg tidak kalah luar biasanya dengan tingkat kemarahan orang – orang yg tak kenal sabar ( mohon dimaklumkan kalo kalimat ini susah dimengerti sebab orangnya pun sedang dalam kondisi yg sama teeth.png image by rahmat_cruzt haha ) .. dengan sabar saya memutar setir , membanting ke kanan ke kiri ( stirnya ga salah apa2 bos! jangan dibanting2 kalo rusak ga bisa balik jogja loe! hehe ) , mendorong menarik gas bukan dengan katrol tapi pake kaki , pantang menyerah untuk mengerem mendadak jika dibutuhkan , tangan kiri yg slalu mengotak – atik gigi mobil yg kebetulan saat itu giginya mrongos ( ini gigi mobil apa gigi Mak Lampir ?! haha ) , betapa sabarnya saya menghadapi perihnya kehidupan di jalan raya di dalam mobil yg panas tak ber-AC .. teman – teman  pun terlihat sangat senang dan menikmati walau udara cukup panas sehingga membuat mereka mengucurkan keringat hingga membanjiri jok mobil tapi wajah mereka tetap terlihat menderita cry.png image by rahmat_cruzt ( sori , kali ini saya berlebihan haha ) .. semua ketidaknyamanan di dalam mobil ( jujur itu wajib ) terasa tak terasa ( maksude apa kiye ?! ya maksudnya seperti ga kerasa hehe ) karena ocehan dan obrolan kami yg membuat tawa manis keluar dari mulut kami setiap detik  smile.png image by rahmat_cruzt .. jalan demi jalan dilalui , kota demi kota dilewati , persimpangan demi persimpangan ditinggal rapi kami terus bernyanyi , dalam jalan yg tak sepi dan sempat beberapa kali macet membuat sedikit sakit hati , tapi kami sangat menikmati ( inilah salah satu puisi aliran ngawur dari saya tongue.png image by rahmat_cruzt haha ) .. bukit demi bukit kami lewati , kelak kelok jalan membuat kami depresi , tapi kami sangat menikmati .. tak lama setelah beberapa jam perjalanan kami masih belum sampai juga di pantai yg kami nanti – nanti , lhoh kenapa lagi ?? tanya kami !! sebab yg nyetir mau ganti , katanya dia udah pegel – pegel pengen dipijiti ( indahnya puisi ini wink.png image by rahmat_cruzt ) .. yap , Satria ingin menggantikan saya nyetir .. beberapa saat setelah driver exchange sudah mulai terlihat laut luas yg indah nan cantik dari kejauhan .. kami sangat bahagia karena sudah dekat .. tebing demi tebing kami lewati dan akhirnya kami sampai .. setelah berkuda selama kurang lebih 3 jam tiba – tiba ada plakat Pantai Sundak belok kiri , hemm inilah yg sudah kami tunggu – tunggu , akhirnyaa .. Satria pun membelokkan setirnya ke kiri dan memasukkan mobil ke jalan itu .. Cihiihiiitt , kami berhenti di halaman luas yg sebelumnya belum pernah kami kenal .. tiba – tiba ada ibu – ibu yg jaga parkir di sana bilang yg bahasa indonesianya kira – kira kalo ga salah gini, “Silakan Mas , masuk aja parkir di sebelah atas sana !” sahut ibu – ibu yg menyuruh kami parkir di bawah pepohonan rindang yg saat itu sudah ada beberapa mobil berjejer rapi seperti habis disetrika tongue.png image by rahmat_cruzt hehe .. tapi dalam pikiran kami muncul pikiran – pikiran iblis untuk menolak, “iki Sundak pho? kok ketoke ndhisik ndene ora kaya ngene.” “ho oh, kok bedho yo.” “lha trus piye? meh ning kene apa nyobo bablas sik ndelok – ndelok?” kami bergumam saling mengeluarkan argumen yg seharusnya saat itu tidak kami keluarkan omg.png image by rahmat_cruzt haha .. “iya ini Sundak , Mas.” jelas ibu itu .. kemudian saya bertanya menyamar sebagai orang asing ( padahal bukan, hanya pura – pura ) , “Bu, niki ki nggih Sundak napa Bu? nggih mung teng daerah niki mawon Bu? mboten teng daerah sebelah napa liyanipun?” .. ibu itu menjawab , “Sundak itu ya ini Mas. cuma di daerah ini aja. Sundak itu di sini. cuma kalo mas mau muter nanti di sebelah sana ada tempat parkir lain , tapi sama saja kok Mas nanti juga sama – sama di sini!” jelas Ibu itu sambil menunjuk ke arah lain dimana tempat parkir lain itu berada .. tapi apa yg muncul di kepala kami saat itu ?? kami malah ingin mencoba ke tempat lain itu dan kurang mempercayai si Ibu tadi omg.png image by rahmat_cruzt .. kami pun minta maaf ke Ibu itu buat mencoba jalan lain .. mobil di puter balik , kami melanjutkan perjalanan .. ga lama setelah mobil berjalan dan melewati beberapa kelokan ada plakat yg seingat teman saya itu plakat yg dulu dia liat waktu terakhir kali dia ke Sundak , cehiihiittt , Satria pun mengerem mobil tapi kebablasan dan harus mundur beberapa meter .. “waahh , iya ini baru Sundak yg aku kenal! itu bukit yg dulu aku liat!” sahut beberapa dari kami dalam nada puas .. setelah mobil di parkirkan , kami berjalan ke atas .. what ??!! apa yg terjadi ?? omg.png image by rahmat_cruzt betapa merasa bodohnya kami saat itu .. pikiran – pikiran iblis yg awalnya muncul ternyata memang seharusnya tidak muncul !! ternyata apa yg dikatakan Ibu tadi benar , memang pantai Sundak ini di sini , sana sama sini sama saja !! kami lihat tempat parkir yg di awal tadi Ibu itu tawarkan ada tepat di depan mata kita .. kami pun menyadari betapa tidak bermoralnya kita yg keras kepala !! teeth.png image by rahmat_cruzt haha .. ternyata kami saat itu cuma berputar dan sampai di tempat yg hanya bersebelahan dengan tempat pemberhentian awal !! sungguh sungguh sungguh .. tak bisa diungkapkan dengan kata – kata .. kami pun hanya tertawa sambil menggaruk kepala teeth.png image by rahmat_cruzt hahaha ..

kami taruh barang – barang bawaan kami di atas pasir putih yg indah .. saya ambil kamera dari dalam tas dan itulah hal pertama yg kami lakukan di sini .. mengambil foto untuk menyatakan bahwa kami benar – benar telah sampai di Pantai Sundak dalam keadaan utuh .. Maha Besar ALLAH yg telah memberi nikmat kepada kami berempat untuk menikmati hari Senin yg indah ini di Pantai yg indah pula smile.png image by rahmat_cruzt .. Kleek Kleek suara kamera mengambil gambar .. eits tunggu , gimana caranya biar kami berempat bisa masuk semua waktu take photo ?? di sini letak kelucuannya .. beruntung kamera itu bisa pake timer , berapa detik ?? sepuluh detik tepatnya sebelum kamera meledakkan cahayanya ( maksudnya mengambil gambar hehe ) .. awalnya kami tak tau kapan moment yg tepat buat kami pose ( saat itu kami ingin difoto berempat sambil terbang di udara atau kata bekennya loncat ) karena kamera itu tak mengeluarkan sinyal yg mudah dimengerti , cuma kedipan lampu merah yg menandakan detik , 10 kedipan menunjukkan 10 detik , tapi di detik terakhir kamera itu berkedip cepat berulang – ulang membuat kami beberapa ga pas posenya , ada yg baru mau loncat baru keambil , ada yg udah turun lagi baru keambil confused.png image by rahmat_cruzt .. lucu lucu lucu , berulang – ulang tak ada bosannya kamera itu mengakali kami berempat .. tapi kami tak kalah pintar , kami meneliti kapan waktu yg pas buat pose dan beruntungnya habis jatuh dapet mutiara bukan habis jatuh ketimpa pepaya ( tangga bos yg bener !! haha ) kami pun bisa perpose dengan rapi ketika berada di udara ..

bukan bergembira namanya kalo habis pose ga jelas langsung pulang kampung tongue.png image by rahmat_cruzt .. kami bermain – main air , byur byur pyar suara air laut yg biru itu muncrat karena ayunan mainan kami .. hal apa yg saya tau saat itu ? ternyata cuma saya dan satria yg membawa pakaian ganti , sedang F2 , Fajar dan Faisal , ga bawa ! aarrgghh ini mau belanja apa ke pantai ! ( kataku dalam hati yg merasa sedikit kecewa hehe ) .. sempat kami bermain di gua kecil di bawah tebing , sambil mengambil moment juga tentunya .. karena salah satu dari kami kakinya tersayat oleh pedang – pedang kecil di sana kami pun memutuskan untuk berhijrah mencari singgahan PW lain .. pada awalnya pantai sempat pasang , tapi tak lama setelah kami bermain – main seperti anak balita pantai mulai surut .. pemandangan di sana sungguh indah , menakjubkan !! dengan pasir putih di pinggir pantai , tebing di sebelah kanan dan kiri , air jernih yg di bawahnya terlihat kilau kehijauan dari tanaman laut , dan karang – karang kokoh yg bisa kami injak saat kami berjalan , ditambah pemandangan cantik di arah kejauhan di laut biru yg luas dengan awan putih dan langit biru yg cerah membuat perjalanan kami saat itu terlihat extraordinary shade.png image by rahmat_cruzt hehe .. kami tinggal tas di tepi dan mulai berjalan di atas air yg tidak dalam .. “AUW!!” saya berteriak !! apa yg terjadi ?? kaki saya tertusuk capit kepiting , bukan main capit kepiting masuk ke dalam kaki menusuk agak dalam dan lucunya pas saya angkat kaki saya kepiting itu masih temancep di kaki saya hahaha .. kalo saya jaim dan berpura – pura rasanya nikmat sekali seperti dikilikitik confused.png image by rahmat_cruzt .. teman saya pun serentak kagek dan kagum melihat apa yg terjadi dan mereka pun langsung memindahkan pandangan mereka ke bawah dimana mereka berdiri , apa yg mereka lihat saat itu ?? mereka melihat banyak sekali bulu babi dan bintang ular laut di bawah .. saya amat heran dengan kelakuan mereka ( bukannya sok tenang tapi memang saya orangnya innocence hehe ) mereka terlihat histeris berteriak – teriak ketakutan di tengah – tengah pengunjung pantai yg saat itu lumayan ramai teeth.png image by rahmat_cruzt .. karena saya pun juga agak takut ketusuk buat kedua kalinya , saya pun langsung berlari terbirit – birit ke bibir pantai .. “nganggo sandal wae men aman!” teriak salah satu teman .. kami kembali untuk mengambil sandal dan singkatnya setelah kami kembali untuk kedua kalinya kami mengambil tas buat hijrah ke sebelah tebing yg saat itu saya melihat pemandangan yg sangat indah dengan pasir putih halus di sana .. kemudian kami berjalan keluar pantai memutari tebing melewati jalan beraspal dan akhirnya sampai ke tempat tujuan ..

apa yg membuat berbeda ?? nah jadi di sana ada beberapa tempat yg bisa dikunjungi .. di tempat awal kami berada di Pantai Sundak yg dihimpit dua tebing yg sudah menjadi obyek wisata umum untuk dikunjungi .. tapi di sebelah kanan dan kiri dari masing – masing tebing terdapat pantai yg bisa dikunjungi juga .. pasir di pantai sebelah kanan dan kiri tebing lebih halus dibanding pasir di Pantai Sundak yg dihimpit tebing .. nah , kami berjalan agak jauh ke sana .. karena matahari sudah terlihat mulai terbenam , kami di sana cuma mampir untuk berfoto ria dengan tulisan PADMANABA sebagai obyek foto utama kami .. setelah puas menikmati pemandangan yg ga lebih indah dari pantai awal kami pun berjalan memutari tebing bukan lewat jalan aspal lagi tapi lewat bibir pantai yg kebetulan saat itu baru surut .. sempat kami take photo juga di bawah tebing sebelah kiri yg kami lewati hehe .. memang terdengar narsis , kalo ga narsis mau mhoto pasir ?? ( mhoto cewek juga bisa lho! hehe bercanda ) .. mandi , bersih – bersih , dan ganti baju .. betapa berisiknya klakson perut ini !! ( perus punya klakson ?! trek baru bener !! tongue.png image by rahmat_cruzt haha ) maksudnya perut kami keroncongan dan kami makan siang di toko yg ada di sana .. setelah menunggu agak lama , akhirnya makanan dan minuman segar dihidangkan , kami menikmatinya .. setelah perut berhenti berklakson , kami lanjutkan perjalanan pulang yg saat itu jarum pendek udah menunjukkan angka 2 lebih .. di tengah perbatasan monosari jogja kami mampir untuk mendirikan sholat di masjid .. sempat kami menikmati sejuknya masjid dan kami melanjutkan perjalanan pulang .. saya yg menyetir dalam keadaan mabuk karena terlalu lelah dengan mata yg sudah memerah membara bagai api yg sudah tak mungkin padam dan badan yg lemah lunglai berusaha sekuat mungkin mengantar teman saya , Faisal , sampai ke kampung halaman .. sempat kami berhenti membeli beberapa snack pengisi perut di indomaret dekat bioskop mataram .. Alhamdulillahirobbil’alamin , segar sekali rasanya wink.png image by rahmat_cruzt haha .. setelah sampai dengan selamat di rumah kediaman si Gendut , tugas menyetir saya alih tugaskan ke Fajar , dia pun menyetir mobil dengan berhati – hati dan akhirnya sampai di rumah kediaman Fajar sekitar jam 6 kurang .. Fajar pun pulang dalam keadaan yg saya harap senang hari itu hehe .. Alhamdulillah Ya ALLAH akhirnya sampai juga saya di rumah tercinta .. teman saya , Satria , langsungan pulang dan berpamitan ..

yap , itulah pengalaman saya bersama tiga sahabat saya di salah satu obyek wisata di Yogyakarta yg wajib di kunjungi dan dijaga kelestariannya serta kebersihannya agar kami selaku penghuni bumi Yogyakarta tak bosan untuk menikmati pantai yg menurut saya masih kalah indah dibanding Pantai Kute Bali yaitu Pantai Sundak .. kami sangat menikmati perjalanan kami saat itu dan tak ada kata – kata yg pas untuk mengungkapkan perasaan kami ( kalo ini jelas saya lebay !! teeth.png image by rahmat_cruzt haha ) .. oh iya , sedikit cerita , ini soal kepanikan bukan kegembiraan .. gini ceritanya , di perjalanan pulang , saat saya nyetir tepatnya di daerah kusuma negara dekat Makam Pahlawan sempat mobil berplat nomer AB itu mati mendadak di bangjo yg kurang beruntungnya saat itu sudah lampu hijau dan keadaan jalan ramai , saya gas ga bisa , mobil itu ga menunjukkan tanda – tanda kehidupan selama beberapa detik tongue.png image by rahmat_cruzt hehe , dan setelah beberapa kali saya injak gas nya Alhamdulillah mesin secara misterius kembali hidup dan saya langsung tancap gasnya !! waw , bagaimana tidak panik ?! yg ada di pikiran saya saat itu adalah ‘astaghfirullah kalo ini mati di tengah jalan gimana nasib kami selanjutnya , ndorong mobil ? bawa ke bengkel ? ah kayaknya deket sini ga ada bengkel’ .. tak diduga mobil pun kembali berdenyut , betapa bersyukurnya saya dan teman – teman saat itu .. akhirnya hari Senin yg berkesan itu pulang tak diantar hahaha ..

sedikit foto – foto tentang empat sekawan di Pantai Sundak : silakan buka foto empat sekawan di Pantai Sundak

silakan meninggalkan comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s