Mengenal Keindahan Kota Kebumen

apakah anda pernah atau bahkan sering mendengar sebuah kata dalam bahasa Jawa “kebo” atau bahkan tragisnya sama sekali belum pernah mendengar sebuah kata dalam bahasa Inggris “man” yg jika kedua kata yg berlainan bahasa itu dirakit akan membuahkan sebuah kata lagi “keboman” yg kemudian kata majemuk itu diwariskan dengan pengucapan berubah vokal menjadi “Kebumen” yg merupakan sebuah nama dari salah satu Kabupaten di Jawa Tengah ?? Yaa , tapi bukan itu tinta tuanya , Kebumen , bukan berfilosofi dari manusia kerbau tapi sebuah kota yg masih terasa kesejukan alamnya , masih alami dengan pepohonan rindang memenuhi , rumah – rumah indah sederhana yg mewarnai dan mengidentifikasikan ciri khas kotanya , dan masih sedikitnya ‘gedung – gedung hitam’ sehingga kota ini masih bersih dari polusi udara .. alam yg sejuk , udara yg segar , dan pemandangan yg indah bisa anda dapatkan di kota ini .. bak manusia yg mengalami perubahan dari bayi menjadi tua ( sungguh ironis perumpamaan ini haha tongue.png image by rahmat_cruzt ) , begitu pun Kebumen .. Kebumen mengalami satu kali evolusi , tanya kenapa ? jika anda penasaran , silakan bertanya di perpustakaan buku – buku bersejarah .. ada sejarah yg mengatakan bahwa awalnya Kebumen bernama Panjer yg berdiri pada 26 Juni 1677  yg kemudian berganti nama menjadi Kebumen , versi lain bercerita bahwa Kebumen berasal dari nama seorang pangeran , Bumidirjo , yg diambil kata bumi nya kemudian ditambah awalan ke- dan akhiran -an .. itulah beberapa referensi sejarah yg saya baca .. semua yg ada di bumi pasti memiliki sejarah ( kata siapa ?! kata si penulis hehe teeth.png image by rahmat_cruzt ) , kalau ga percaya silakan memuntahkan kepenasaran anda ke orang lain , jangan ke saya , karena saya pun akan menggaruk kepala untuk menjawabnya ..

Kebumen adalah sebuah kota kecil yg luasnya hampir sama dengan DIY kalo diliat di peta dengan skala 1:100jt .. kota ini diapit oleh kabupaten – kabupaten lain di Jawa Tengah seperti Kab. Wonosobo , Kab. Purworejo , Kab. Banyumas , Kab. Banjarnegara , dan Kab. Cilacap .. “beriman” adalah sebuah slogan khusus untuk kota Kebumen .. jika diartikan oleh mata dengan pandangan sempit bukan perang sampit maka akan terbentuk sebuah kalimat yg mengartikan slogan tadi , kebumen dihuni oleh orang – orang yg taat pada agama dalam tanda kutip beriman , padalah itu hanya persepsi sempit seseorang yg kurang peduli dengan makna sebuah semboyan atau slogan namun saya berharap persepsi ini menjadi fakta smile.png image by rahmat_cruzt .. kata “beriman” di sini memiliki arti emas yg luar biasa indah dan menyentuh .. “beriman” merupakan singkatan dari Bersih , Indah , Manfaat , Aman , Nyaman .. tidakkah itu memiliki makna dan filosofi yg dalam ? kata beriman yg ditempel di sebelah kata Kebumen adalah sebagai identitas sebuah kota yg identik dengan bahasa ngapak – ngapak .. semoga slogan itu bisa bertahan dan menjadi ideologi rakyat Kebumen untuk melestarikannya ..

ga beda dengan daerah – daerah lain yg memiliki banyak keindahan dan tempat – tempat wisata yg bisa dinikmati dan bisa dijadikan tujuan berekreasi dengan keluarga , Kebumen pun demikian .. namun , jangan heran jika tempat – tempat wisata di sana identik dengan air dan tak lepas dengan air sebab memang itulah yg menjadi ciri khas alam bumi Kebumen .. mau tau apa aja tempat wisata yg bisa dikunjungi di sana ?? yg pasti tak kalah seru dengan kota yg menjadi tempat lahir akan adanya “LEAK” di sebelah timur pulau Jawa .. soo , bukan soguud atau soun apa lagi soto dan somay bahkan sobyung dengan sotoy ditambah soleram bercampur sogun , melainkan so, check it out shade.png image by rahmat_cruzt !!

1. Pantai – Pantai di Kebumen

ga mau kalah jumlah sama si dimana penulis tinggal , Kebumen pun menyimpan banyak rahasia terutama pantai – pantai nan indah lagi menawan .. kota dengan slogan beriman ini ternyata kaya akan pantai .. yg pasti pantai – pantai ini ga kalah cantik dengan pantai di Hawai sana , maybe .. penasaran siapa aja mereka ? mari kita simak dengan seksama agar ga ada yg terlewat sedikit pun fasilitas dan sarana yg ditawarkan disana ..

Pantai Ambal

adalah sebuah pantai yg terletak di bagian selatan Kecamatan Ambal , Kebumen .. kalo lewat jalur selatan ketika sampai di kecamatan Ambal tinggal mbecak ke selatan 2-3 km anda sudah bisa menikmati dan berfantasi di pantai yg satu ini .. pantai ini selalu crowded pengunjung khususnya saat lebaran dan hari libur akibatnya anda harus sangat bersabar dan menahan emosi karena harus menunggu hingga berjam – jam hanya untuk mencapai pesisir pantai sebab belum pernah ada sejarah berkata bahwa telah terjadi tawur massal yg disebabkan ketidaksabaran pengunjung untuk tiba di pantai .. jadi , wajar jika sesampainya di sana anda melihat manusia – manusia yg haus air haha swimming.gif image by rahmat_cruzt .. so , apa asiknya ke Pantai Ambal ?? ini sebuah pertanyaan yg sangat menindas dan menyakiti hati saya hehe walau pantai ini masih tergolong pantai yg kurang bersih tapi anda akan merasakan suasana alam yg indah dengan angin sepoi – sepoi sunbathing.gif image by rahmat_cruztmengisi kesibukan anda dan pastinya anda akan sangat berkesan bisa bersilaturahmi ke pantai ini .. anda bisa bermain air bersama keluarga , kerabat , teman atau sahabat , tapi ingat saya tidak menyarankan untuk mandi , kalo mau mandi kan udah ada tempat sendiri , kamar mandi , tapi jika anda sudah punya tekad bulat untuk nyicip mandi di sini pun segala resiko ditanggung keluarga dan kerabat sendiri yaa .. di samping itu anda bisa menikmati penglihatan pacuan kuda atau bahasa bekennya the horse race yg sudah menjadi tradisi dan adat di sini .. cukup dengan merogoh saku 8000 – 10000 per-kepala untuk membeli tiket anda sudah bisa menyaksikan jago anda menjadi yg pertama yg mencapai garis finis setelah mengalahkan kuda – kuda yg lain .. cukup menarik bukan ? bagi anda hanya baru mendengar di radio dan belum memiliki pengalaman unik melihat kuda balap secara mata telanjang , silakan untuk berekreasi ke pantai ini .. tiket masuk pantai cukup dingin , hanya 1000 rupiah aja dan sisanya bisa untuk membeli es teh 4 buat keluarga berencana jika hanya membawa uang 5000 rupiah .. nah , setelah puas berbasah – basah dan bermain air , jangan langsung cabut dulu .. masih ada sajian khas Ambal yg bisa dinikmati , itung – itung habis bersenang – senang dengan air pasti perut kosong kan ?? silakan mampir di warung – warung kecil atau spot – spot penjual makanan di sana .. ada satu makanan khas yg wajib dicicipi kalo anda mampir ke sini .. sate ambal , sate paling nikmat sejawa bali hehe haveapicnic.gif image by rahmat_cruzt .. silakan menikmati hidangan lezat yg satu ini , ditemani angin sejuk dan udara pantai yg lembut , pastilah akan terasa lebih nikmat untuk disantap .. ada juga tempe mendoan , tempe lebar dan tipis yg digoreng pake tepung dan cuma ada di daerah Kebumen .. digilas pake bumbu pecel akan terasa lebih lezat dan menggoda .. nahh , inilah Pantai Ambal , pantai yg penuh dengan ketentraman .. bagi anda yg suka plesir dan traveling , tak ada salahnya mengajak keluarga , sanak saudara , kerabat , teman atau sahabat untuk mampir berkunjung ke pantai ini hellosmile.gif image by rahmat_cruzt

Pantai Petanahan

adalah sebuah pantai yg terlokasi di Kecamatan Karanganyar, Kebumen .. letaknya tak begitu dekat dengan pantai Ambal , kurang lebih 20 km .. walau demikian , pantai yg selalu ramai di hari raya dan libur ini cukup bahkan sangat mudah untuk dicapai dan ditemukan sebab jika anda membuka peta jawa tengah pasti obyek ini terpapar di sana , tapi saya tak menyarankan untuk itu dikarenakan anda bisa tiba di pantai ini melalui Karanganyar , di pertigaan Guyangan – Sruweng tinggal memutar kendaraan ke Selatan ± 12 km sudah sampai di pantai yg terletak di desa Karanggadung ini .. pantai ini lebih bervariasi dari pada pantai Ambal , apa yg mengundang perhatian dari pantai yg indah ini? tentu ini sebuah pertanyaan yg membuat darah di jantung saya pindah ke otak haha .. alangkah berkesannya pengalaman anda jika berlibur bersama keluarga , teman atau sahabat ke tempat yg tak bisa dibandingkan dengan keindahan pantai di Hawaii sana sebab anda akan menyaksikan keagungan ALLAH SWT yg tertuang dengan pemandangan pantai yg sangat mengagumkan ini .. pengunjung biasanya datang pagi saat udara masih sejuk dan masih bisa menikmati air laut yg dingin dan keadaan pantai tidak terlalu pasang sunbathing.gif image by rahmat_cruzt .. dengan ‘merampok dompet’ 2000 rupiah perkepala saja anda dan keluarga , teman , atau sahabat sudah bisa melampiaskan kerinduan anda akan tafakur alam .. bermain air adalah tradisi yg wajib dinikmati ketika berkunjung ke pantai yg terbentang luas dari ujung barat pantai Karangbolong sampai ke muara sungai Lukulo ini , yah tapi anda harus berhati – hati dan berpikir dua kali untuk mandi di pantai yg memiliki kapasitas ombak yg berbahaya dan cukup tinggi yg sudah menelan banyak korban ini , alangkah baiknya jika keluarga selamat dan merasa asik datang ke sini .. pastikan anak – anak terkondisi dan terkontrol sehingga bertamasya ke pantai Petanahan ini membawa pulang kesan indah .. berbeda dengan pantai Ambal , di sini setelah puas bermain air bersama surfing.gif image by rahmat_cruzt anda bisa menikmati berbagai macam menu hidangan makanan dari lotek , pecel , mendoan , bakso , dan makanan atau minuman lain yg pastinya akan membuat perut anda terpuaskan pula .. menariknya lagi , di sini juga hadir penjual – penjual cinderamata , oleh – oleh khas Kebumen , berbagai mainan , fashion , souvenir , kerajinan tangan , dan lain sebagainya .. berbagi tips aja , kalo bisa ketika anda berlibur ke pantai Petanahan ini tidak membawa bekal makanan yg berlebih , kalo tidak bekal yg anda bawa akan mubadzir karena anda akan lebih memilih menu – menu makanan yg dijual di sini dari pada bekal yg anda bawa sendiri hehe .. alangkah bibir anda akan merasakan sensasi yg tidak bisa diukur dengan kilometeran sekaligus jika anda ‘nyicipi’ sebuah makanan khas Petanahan , Yutuk , hewan mirip bintang laut dan serangga yg digoreng menghasilkan rasa renyah dan gurih .. kan kalo datang ke suatu tempat jangan setengah – setengah , manfaatkan fasilitas dan sarana yg ditawarkan , kalo tidak kedatangan anda akan terasa kurang lengkap .. so , tidak perlu memutar – mutar kepala , langsung datang aja , siapkan barang bawaan secukupnya , yg pasti anggota keluarga tidak ada yg tertinggal , selamat bersenang – senang hellosmile.gif image by rahmat_cruzt

Pantai Karangbolong

adalah sebuah pantai yg berdiri di Kecamatan Gombong , Kebumen bagian selatan .. ga usah mengeluarkan pikiran yg alay dan hyperbolis kenapa nama pantainya kaya gitu , yg jelas pasti ada sesuatu yg bolong di pantai yg sering dikunjungi oleh turis domestik khususnya dari Jakarta itu .. bukan sundelbolong yg menjadi saudara karangbolong ini , bukan juga grobakdolong hehe awe.gif image by rahmat_cruzt , tapi sesuai dengan namanya , di pantai ini terdapat karang yg bolong atau berlubang yg jg menjadi ‘kasur tidur’ burung walet .. diorama pemanenan burung walet ada di salah satu goa di tempat yg konon terdapat pula pintu gerbang Nyi Roro Kidul yg indah , memikat , dan menarik yg akan menyongsong kedatangan anda ini happyjump.gif image by rahmat_cruzt.. lubang ini terbentuk dari perkawinan dua insan yg saling mencintai (?? ) , maaf ngaco haha , lubang ini ada secara alamiah oleh alam berbentuk lengkung yg sangat lebar tapi masih ga cukup buat masuk kapal Titanic hehe dan menghadap langsung ke laut lepas .. mau yg lebih ?? silakan anda berada di atas karang , anda akan menonton fenomena alam yg sangat memukau dan menawan yg pasti lebih asyiikk dari pada menonton film “Finding Nemo” di bioskop kesayangan 21 .. suara deburan ombak dan rerimbunan pohon akan selalu menemani anda , pastilah akan lebih berkesan .. jangan lupa membawa bola untuk bermain voli pantai playingvolleyball.gif image by rahmat_cruzt atau sepak bola pantai playingwithball.gif image by rahmat_cruzt bersama sahabat atau saudara dijamin rekreasi anda ke pantai ini akan terasa lebih asik , berkesan , dan yg pasti meriah dan menyenangkan .. jangan takut kelaparan , jangan takut ga bisa makan dan ga bawa bekal , di sini juga muncul penjual – penjual dengan wajah berseri -seri yg siap memberikan menu – menu hidangan terbaik buat anda morecrackers.gif image by rahmat_cruzt .. jika anda merupakan suatu kelompok orang yg sedang berhijrah ( belibur jauh ke sini ) dengan keluarga , teman , kerabat , atau sahabat jangan mencoba untuk menginap di tepi pantai beralaskan tikar dengan alasan yg tidak logis “biar bisa lihat bintang dan bulan yg saling memadu cinta” karena malam hari air menjadi ganas dan siap menelan anda kapan pun haha biglaugh.gif image by rahmat_cruzt, cobalah untuk menginap di hotel atau cottage yg berada di sekitar areal pantai .. jangan khawatir dengan ongkos yg anda bawa , sebab hotel – hotel dan cottages di sini tersedia dengan harga yg variatif , tinggal di-matching-kan aja sama ongkosnya hehe .. semoga terhibur hellosmile.gif image by rahmat_cruzt

Pantai Ayah atau Logending

adalah sebuah pantai yang hidup di Kecamatan Ayah , Kebumen sebelah selatan .. lebih detailnya berjarak 9 km dari Goa Jatijajar .. pantai ini sejalur dengan Goa Petruk , ada pertigaan yang kalau ke utara ke Goa Jatijajar , nah kalau mau ke Pantai Ayah dan Goa Petruk belok ke barat .. pantai ini memiliki istri yang dimana istri ini dinamai Pantai Ibu , namun bukan begitu kenyataannya .. jangan heran apalagi sampai menggosok kepala dengan sikat gigi annoy.gif image by rahmat_cruzt hehe kenapa pantai ini memiliki nama yang unik “Pantai Ayah” , bukan itu pertanyaannya tapi kenapa salah satu kecamatan di Kebumen diberi nama Kecamatan Ayah ?? berbeda dengan pantai – pantai lain di Kebumen , pantai yg satu ini memiliki keistimewaan tersendiri .. di sini anda bisa menikmati dan menelusuri panorama pantai dan perbukitan yg indah dengan menyewa sebuah perahu .. perahu ini akan membawa anda dan keluarga atau sahabat maupun kawan bernostalgia ria , serta akan menemani anda menyusuri pantai dan muara Sungai Bodo yg ada di sana .. apalagi kalau anda berkunjung di sore hari , hmm akan lebih berkesan indah dan sangat ga sia – sia anda hadir di pantai yg dinamai suami sang istri ini .. sore hari yg identik dengan pemandangan SunSet nya yg indah dan menawan serta menakjubkan ini akan anda nikmati di pantai yg konon pernah terguncang gempa 7,3 skala ritcher yg berpusat di Tasikmalaya .. pemandangan matahari terbenam di sini akan membuat anda sangat terpesona dan kagum , apalagi udara yg sejuk dan sepoy – sepoy selalu setia menemani sunbathing.gif image by rahmat_cruzt .. setelah kenyang dan puas bermain dengan pantai yg luar biasa ini , tersedia tempat pijat bagi anda yg pegal – pegal ( haha mimpi kali bounceball.gif image by rahmat_cruzt) maksudnya tersedia pasar yg menjual ikan – ikan segar untuk disantap bersama keluarga atau sahabat .. bagi anda yg belum pernah memancing selama hidup anda dan penasaran atau ingin merasakan kenikmatan seorang nelayan menangkap ikan , anda bisa memancing di sini .. wow , sungguh luar biasa sekali ya Pantai Ayah ini , rasanya kurang jika plesir kita keliling dunia tidak menginjak sebuah pantai yg terletak di Kabupaten Kebumen ini .. selamat menikmati dan semoga terhibur hellosmile.gif image by rahmat_cruzt

Pantai Menganti

adalah sebuah pantai yg terletak di Kecamatan Ayah , Kebumen bagian selatan .. kalo diukur dengan penggaris Pantai Menganti berjarak 7 km dari Pantai Ayah .. wow bisa dibayangkan betapa luar biasanya orang yg mau mengukur pake penggaris , tak kenal lelah dan sangat pekerja keras hehe wink.gif image by rahmat_cruzt.. namun , jika anda termasuk dalam salah satu orang yg tak pernah olah raga bahkan tak mau untuk berolah raga , janganlah mencoba mengajak keluarga atau kerabat untuk pergi ke pantai ini , sebab pada akhir cerita anda hanya akan merepotkan mereka , endingnya sesampainya di pantai bukan bermain air bersama tapi berpijat – pijatan ria karena anda minta digendong  haha ( kok bisa ?? angryno.gif image by rahmat_cruzt ) karena sudah bukan hak lagi untuk anda , tapi sudah tertancap kokoh untuk anda yg mau mencapai pantai ini harus berjalan kaki sekitar 3 km dari tempat parkir .. jadi , mau ga mau anda dan keluarga maupun kerabat harus menyiapkan fisik sebelum travelling ke pantai yg satu ini dengan cara apa pun terserah anda , mau olah raga , mau doping , atau mau “walking to work” glideboy.gif image by rahmat_cruzt .. namun jangan khawatir , sebab putri duyung akan memberi sambutan meriah sesampainya di pantai yg mempesona ini ( putri duyung apa Putri anak tetangga sebelah ? haha ) .. pantai ini terkenal dengan keindahan pasir putihnya dan pemandangan perbukitan batu gamping dan batuan gunung api yang memancarkan warna keperak – perakan yg sungguh menawan .. pasir putih alami ini akan membuat anda berkhayal hingga ke Pantai Hawaii , alangkah senangnya jika bertamasya bersama keluarga ke sebuah pantai yg mampu menghipnotis ini .. di tambah lagi pemandangan pepohonan yg indah dari pohon – pohon kelapa memberi pesona tersendiri yg tiada tanding haveapicnic.gif image by rahmat_cruzt ( harap dimaklumi kalo lebay yaa hihi ) .. di pantai yg bisa digunakan sebagai tempat agrowisata ini juga dimanfaatkan untuk melabuhkan perahu setelah semalaman begadang mencari ikan dan udang .. lalu apa lagi yg bisa dimanfaatkan ?? ternyata di sini anda bisa mencurahkan hobi , khususnya berenang ( katanya karangnya terjal !! ) maksudnya memancing .. bagi anda yg memiliki salah satu hobi unik ini bisa meluapkan sepuasnya memancing ikan – ikan cantik yg tak berdosa yg rela mati untuk anda haha bounceball.gif image by rahmat_cruzt .. tapi bagi yg ga bisa mancing , dont be worry !! ’cause anda bisa mendapatkan sekarung ikan tanpa sadis dengan cara membeli di stan yg ada di pantai ini .. ombak yg berteman dan tidak terlalu keras menjadi salah satu tujuan wisata untuk bersantai ria bersama keluarga , teman , maupun kerabat .. pengen mancing ?? kunjungi aja pantai ini !! hellosmile.gif image by rahmat_cruzt

Pantai Tanjung Bata

adalah sebuah pantai yg terletak di Kecamatan Ayah , Kebumen bagian selatan .. kl diukur dengan penggaris Pantai Tanjung Bata berjarak 7 km arah timur dari Pantai Ayah menempati sebuah tanjung kecil yg curam sehingga merupakan pantai terjal .. pantai ini sangat dekat jaraknya dengan Pantai Menganti jika dilihat di Globe .. sama halnya dengan pantai yg saya paparkan sebelumnya di atas , anda pun harus membawa ember untuk menampung keringat anda selama berjalan 3 km dari tempat parkir menuju bibir pantai heheveryhot.gif image by rahmat_cruzt .. saya sarankan untuk anda tidak berwisata ke pantai ini , tapi saya sarankan untuk anda mengembangkan potensi wisata yg ada dan bisa dibangun dari pantai yg kurang tersorot ini sebab pantai yg identik dengan hal – hal yg terjal dan landai ini belum dikembangkan dan masih terkucilkan .. bukan menjadi alasan untuk membatalkan niat anda menikmati keindahan Pantai Tanjung Bata , bagi anda yg suka dengan plesir dan berkeliling dunia , alangkah ruginya jika belum sempat menginjakkan kaki di Pantai Tanjung Bata .. semoga terhibur hellosmile.gif image by rahmat_cruzt

2. Wisata Sejarah di Kebumen

sejarah adalah makanan lezat bagai ketupat opor ayam di hari lebaran .. sebagai manusia yg berhati mulia , pastilah sejarah sudah menjadi salah satu menu di kehidupan kita yg akan mengeksplorasi wawasan kita apa yg terjadi di masa lampau dan apa hubungannya dengan masa kini .. yummy , bagi yg haus akan sejarah dan ingin mengenal lebih dekat dengan orang – orang pelaku sejarah anda tidak perlu menggunakan suatu alat yg disebut “time machine” , tapi cukup dengan membaca buku atau dengan berkunjung ke museum atau benteng yg salah satunya akan hadir di bawah ini .. jika anda yakin , benteng yg satu ini terasa tidak kalah indah dibanding benteng di film fiktif animasi “The Lord of The Ring” , kalo ga percaya silakan buktikan ! pasti anda akan terkejut ..

Benteng Van Der Wijck

adalah sebuah benteng yg terletak di Kecamatan Gombong , Kebumen .. anda ga perlu membawa handuk dan ember untuk menampung keringat karena lokasi tempat wisata sejarah satu – satunya yg terkenal di Kebumen ini cukup dekat dengan jalur utama Kebumen – Yogyakarta , hanya 300 m .. bagi yg sudah mengenal salah satu candi di Indonesia yg masuk di daftar 7 keajaiban dunia , nah , benteng Van Der Wijck ini berjarak sekitar 100 km dari sana ( kalo ga ada hubungannya jangan disambung pake rafia ya !! hehe winklove.gif image by rahmat_cruzt ) .. benteng yg dibangun pada abad ke-19 ini menawarkan berbagai sarana dan fasilitas yg pasti akan membawa perasaan anda bernostalgia dan berimajinasi yg berlebihan .. bagi anda kaum tua atau pemuda yg mungkin termasuk orang yg MKKB ( Masa Kecil Kurang Bahagia ) tidak perlu khawatir sebab tersedia kereta mini yg disediakan membawa para pengunjung berputar mengelilingi bagian atas benteng yg tentunya akan mengubur rasa kekecewaan anda akibat mengalami masa kecil yg suram haha drunkandlaugh.gif image by rahmat_cruzt .. kereta ini berjalan memutar di atas benteng yg juga bentuknya melingkar ..  akan lebih terkesan harmonis jika anda berwisata ke benteng dengan dominasi warna merah ini bersama keluarga tercinta dan anak – anak kesayangan anda dan istri hehe dan jangan pernah mengeluarkan pikiran – pikiran yg seharusnya tetap terpendam di dalam kepala ( kenapa ga dipendem di tanah aja ? kan ngeri kalo kepala buat mendem gitu haha ) seperti “gimana kalo ke Benteng Vredeburg deket rumah aja? kan sama2 benteng , dari pada jauh2 nanti sampe sana anak – anak nangis darah ga dapet hiburan? ga mungkin kan suruh bawa dokter sambil rekreasi.” hehe mungkin itu pertanyaan yg agak membuat anda mengelus dahi karena terdengar terlalu lebay .. sama seperti tempat wisata lain , di benteng ini juga dibuat berbagai macam permainan yg siap menghibur anda dan keluarga khususnya anak – anak seperti perahu angsa , kincir putar , dan berbagai macam permainan anak lainnya jumphappy.gif image by rahmat_cruzt.. tapi jika anda dan keluarga ingin pulang dengan selamat jangan berharap ada pistol – pistol dan senjata api yg akan membawa anda ke situasi perang zaman Belanda dulu ( mau perang apa mau piknik ?! ) .. tak ketinggalan juga sebuah patung dinosaurus raksasa ikut dibangun untuk meramaikan suasana dan lebih mengakrabkan dengan dunia anak-anak .. di dalam benteng yg konon horor itu pengunjung bisa menerawang beberapa foto dokumentasi seputar bentuk asli bangunan benteng saat ditemukan dan tahap-tahap pemugaran yang telah dilakukan terhadapnya .. ruangan-ruangan bekas barak militer , asrama , pos jaga bisa dilihat didalam benteng dan semuanya boleh dibilang dalam keadaan rapi , bersih , dan indah .. apa yg menyeramkan dari benteng ini ?? di luar benteng di tempel sebuah papan bertinta hitam “sebelum masuk benteng sebaiknya anda berdoa sejenak menurut kepercayaan masing-masing” yg membuat para pengunjung merindingverycold.gif image by rahmat_cruzt dan takut kalo nanti di dalem benteng ga bisa menikmati suasana sejarah yg masih kental karena pingsan bertatap muka dengan makhluk halus surprisefromcoffin.gif image by rahmat_cruzt ( makanya bawa jimat donk ! mending bawa tomat buat bikin jus , sambil naik kereta minum jus !! hahaha ) .. pemandangan sejarah di sini sangat terlihat jelas dituangkan dalam bentuk benteng dan isi benteng yg berbau Belanda .. suasana di sini pun cukup sejuk dan anda bisa mengabadikan momen bersama keluarga tercinta dengan mengambil foto – foto narsis dan mengenang .. siapa sangka benteng Van Der Wijck ini sangat luar biasa , untuk itu sangat disayangkan kalo anda cuma lewat tanpa mampir masuk ke dalam benteng yg ga jauh dari jalur utama ini .. semoga terhibur hello.gif image by rahmat_cruzt

3. Pemandian Air Panas di Kebumen

pemandian air panas kerap menjadi sorotan utama para wisatawan dan warga sekitar tempat pemandian .. di samping airnya yg selalu hangat , air yg bersumber dari mata air hangat ini disinyalir mampu menyembuhkan berbagai penyakit , seperti penyakit kulit dan penyakit – penyakit lain , dan tentunya juga mampu menyehatkan tubuh dikarenakan kadar garam mineral atau belerang yg cukup tinggi setinggi bukit bintang di daerah Wonosari ( sarana promosi . kalo mampir ke Jogja jangan lupa sempatkan untuk singgah di “bukit bintang” khususnya malam hari yaa smile.png image by rahmat_cruzt ) .. jika mampir di wisata pemandian air panas jangan lupa untuk memanfaatkan semua sarana yg ada sebab jarang di suatu provinsi pasti ada tempat wisata yg unik ini .. apa di Kebumen yg identik dengan bahasa daerahnya ‘ngapak – ngapak’ juga memiliki wisata pemandian air panas ??

Pemandian Air Panas Krakal

adalah sebuah tempat wisata pemandian air panas yg hadir di Desa Krakal , Kecamatan Alian , Kebumen .. atau bisa dilihat di peta buta berjarak kurang lebih 11 km arah timur laut dari Kota Kebumen .. panas jika diartikan menurut kamus Bahasa Indonesia akan melahirkan arti harafiah bersuhu lebih dari 50 derajat Celcius .. bisa dibayangkan dengan mata tertutup kalo suatu tempat pemandian air panas mempunyai suhu air di luar batas kewajaran , pasti rumah sakit bakal ‘mbludak’ akibat salahnya kepercayaan warga “sumber air panas bisa menyembuhkan penyakit” yg pada kenyataannya hal itu terbalik 180 derajat ( serem bahasanya berat bener hehe , kalo berat ga usah dibawa , ditinggal aja cari yg enteng donk ! haha bounceball.gif image by rahmat_cruzt ) .. namun jika kata panas diartikan pake kepala dingin dan hati yg lembut pasti kejadian – kejadian yg bisa dibilang ga wajar dan sangat aneh tadi ga mungkin terjadi .. di Pemandian Air Panas Krakal ini suhu airnya 40 derajat Celcius aja , ga sampe mendidih kok jadi kalo mau masak tetep harus di rumah bukan di sini haha .. anda akan merasakan sensasi yg asik jika mandi di pemandian air panas yg sumber airnya ga pernah kering sepanjang tahun ini .. barang siapa yg memiliki bau badan , jarang mandi , bahkan naasnya ga pernah mandi sangat disarankan untuk tidak menyentuh bahkan sampai terjun ke dalam pemandian air panas ini , sebab air di sini yg tadinya memiliki aroma khas yg enak akan bereaksi dengan bau dari badan anda yg akan bisa membuat para pengunjung semaput dan mengurungkan niat berkunjung ke tempat wisata yg unik ini ( wah , ga transparan ni penulis ! hehe , joking is needed for fun ! ) .. biaya masuk ke tempat wisata ini tergolong cukup murah dan ga akan merobek saku anda , hanya Rp 2000 perkepala saja , dan bagi anda yg ingin sekalian menikmati fasilitas mandi bisa merelakan Rp 4000 rupiah lagi dan tentunya apa yg anda dapat di sini akan lebih dari apa yg anda keluarkan .. namun , bagi yg memiliki penyakit kalo di rumah durasi mandinya lama lebih dari 30 menit , mohon ga mempraktikan kebiasaan di sini sebab di hari liburan seperti Sabtu dan Minggu , penggunaan kamar pemandian air panas dibatasi hanya 15 menit saja , akan lebih baik jika setiap orang menjaga emosi masing – masing jika tidak , pastilah perang dunia ke-3 akan muncul di sini hehe .. semua ini akan lebih memberi kenang – kenangan manis jika anda pergi berkunjung bersama keluarga , teman , sahabat , atau kerabat bersama – sama .. bagi yg mau mandi dan bertubuh sehat tidak ada salahnya kalo mandi di Pemandian Air Panas Krakal .. semoga terhibur hellosmile.gif image by rahmat_cruzt

4. Wisata Goa di Kebumen

sebuah Goa umumnya terbentuk secara alami akibat kelakuan alam .. ada goa yg memiliki ujung dan ada yg tidak , ada yg luas dan panjang ada juga yg sempit dan kecil .. di dalam sebuah goa biasanya terkandung mata air dan aliran air yg deras , biasanya bisa juga digunakan untuk rafting di dalam goa , berenang , bahkan memancing ( kalo mancing di goa dapetnya sandal !! haha ) , tempat observasi , penelitian , bahkan sebagai sumber perairan dan irigasi .. Kebumen pun ternyata menyimpan berbagai macam rahasia alam khususnya goa , yg pasti goa – goa ini ga akan terlihat membosankan apalagi membuat anda menyesal ( mungkin ) .. penasaran siapa aja mereka ?? check it out !!

Goa Jatijajar

adalah sebuah goa yg terdapat di desa Jatijajar , Kecamatan Ayah , Kebumen .. atau lebih detailnya 42 km barat daya kota Kebumen atau 21 km dari kota Gombong .. sebuah perjalanan yg mungkin bagi beberapa orang adalah sangat jauh jika ditempuh by foot hehe , namun alangkah akan hilangnya rasa letih dalam perjalanan setelah kaki berjejak di tempat wisata yg terbentuk dari batu kapur dan terletak di kaki bukit kapur ini .. malu rasanya jika pikiran berandai – andai bahwa goa ini berisi kebun pohon jati yg tumbuh sejajar ( jatijajar ) namun lebih memalukan lagi jika berandai – andai bahwa goa ini adalah mulut seekor godzilla , dan pada kenyataannya memang salah satu legenda berkata pada mulanya goa ini ditemukan oleh seseorang yg bernama Djajamenawi yg ketika dia masuk ke dalam goa dia bertemu dengan dua buah pohon jati besar yg tumbuh sejajar , nah dari situ nongollah sebuah nama “Jatijajar” .. goa ini terletak di bukit bagian atas , jadi jangan harap untuk mencapai ke mulut goa tanpa sebuah perjalanan kaki yg melelahkan .. bukit ini cukup rindang dengan pepohonan hijau sejuk yg akan membuat suasana dan lingkungan lebih terkesan dingin dan sejuk serta angin sepoy – sepoy happydance.gif image by rahmat_cruzt yg selalu setia menghilangkan rasa sumuk atas perjalanan anda yg melelahkan .. pengunjung yg berbondong – bondong datang ke tempat wisata yg cukup terkenal di Kebumen ini tidak hanya dari kalangan bapak – bapak namun juga ibu – ibu ( maksudnya apa?! angryno.gif image by rahmat_cruzt ) maksudnya bukan itu , pengunjung yg datang adalah dari berbagai kota di Indonesia tidak menutup kemungkinan para turis mancanegara pun juga mencicipi keindahan suatu obyek wisata perut bumi ini .. faktanya goa ini tidak sepanjang jalan raya Anyer – Panarukan , namun cukup memuaskan para pengunjung dengan panjang goa 250 m disertai rata – rata lebar goa 15 m dan tinggi goa 12 m dengan tebal dinding langit – langit 10 m .. seharusnya anda merasakan sensasi yg luar biasa ketika berada di dalam goa , jika tidak saya sarankan anda berobat ke ahli psikologi terdekat di kota anda , mengapa ?? sebab tanpa disadari ketika berada di dalam goa anda sudah masuk ke dalam perut bumi sedalam 40 – 50 m .. wow , sungguh menakjubkan bukan ?? haha .. ditambah lagi , anda akan dihibur oleh 8 diorama dengan 32 patung yg terpahat sangat rapi sehingga kisah yg diceritakan oleh patung – patung itu tentang “Raden Kamandaka – Lutung Kasarung” lebih mudah dipahami dan masuk ke bahari jiwa raga kita ( lebay mode yes hehe ) .. jangan heran jika di hari libur sekolah atau hari libur hari raya Goa Jatijajar selalu padat dan ramai akan manusia – manusia dari berbagai penjuru daerah yg haus akan takjubnya tempat wisata di desa Jatijajar ini .. alhasil pastilah dengan pengunjung yg seramai itu di dalam goa yg terbatas akan ruang itu anda dan keluarga akan merasa panas dan berkeringat veryhot.gif image by rahmat_cruzt walaupun hawa di dalam goa sejuk .. walau demikian , anda jangan khawatir berlebihan apalagi sampai depresi akut haha , rasa sumuk panas dan berkeringat akan hilang seketika ketika anda mencuci muka di sumber mata air yg ada di dalam goa .. sumber mata air ini disebut sebagai sendang dan ada 4 sendang di dalam Goa Jatijajar ini , dengan 2 sendang aktifnya sendang Kantil dan sendang Mawar dan 2 sendang yg masih alami tanpa penerangan dan sifatnya keramat sendang Jombor dan sendang Puser Bumi .. nah , bagi anda yg ingin memiliki keluarga awet muda hingga akhir hayat ( emang bisa?! ) bisa membasuh muka di dua sendang aktif yg bisa dicapai oleh pengunjung yaitu sendang Mawar dan sendang Kantil .. disamping konon bisa awet muda , anda yg sudah tua pun akan awet tua ( kan yg masih muda awet muda yg udah tua jadi awet tua donk. masa mau balik muda lagi? kalo bisa, pastilah di kebumen ga ada simbah2 hehe thinking.gif image by rahmat_cruzt) , rasa haus panas sumuk berkeringat dan letih akan hilang seketika disapu dinginnya air sendang yg masih alami dan terasa bagai air dari kayangan ( ngigau aja ni penulis! ) .. bagi yg punya cita – cita jadi manusia super yg bisa terbang seperti superman dan bisa menghilang bagai invisibleman anda bisa menaruh sesajen di dua sendang keramat sendang Jombor atau Puser Bumi yg konon akan terkabul keinginannya ( nah, siapa yg terobsesi punya kekuatan super silakan dicoba untuk menaruh sesaji di dua sendang keramat ini ) , ini hanyalah sebuah kepercayaan warga setempat , bagi yg percaya silakan mencoba tapi jangan muluk – muluk keinginannya kaya pengen bisa terbang tanpa sayap carrybaby.gif image by rahmat_cruzt tentunya keinginan anda bukannya terkabul tapi cuma jadi mimpi hehe .. ga menutup kemungkinan sebelum berangkat anda dan keluarga atau sahabat ga sempat mandi pagi , lupa gosok gigi , bahkan lupa ganti baju , betapa beruntungnya anda , kenapa ?? karena anda bisa numpang mandi di sendang Kantil atau Mawar yg masih bisa dicapai oleh pengunjung , yg mau sekalian gosok gigi biar mulut jadi wangi dan segar kembali seperti bunga kasturi jangan lupa bawa odol dan sikat gigi cleanteeth.gif image by rahmat_cruzt( ini orang ga punya kamar mandi apa emang cuma mau numpang mandi?? haha ) .. itulah keindahan yg ada di dalam goa , anda harus berhati – hati waktu berjalan karena di beberapa spot jalannya licin karena air yg selalu menetes dari gigi – gigi dinding atas .. disamping itu anda juga harus memperhatikan pandangan di depan anda , ada salah satu spot dimana anda bisa terbentur dinding goa jika anda tidak berhati – hati .. setelah keluar dari goa , di sana ada banyak spot warung lesehan yg siap memberikan menu hidangan untuk mengisi perut .. ada bakso , lotek , berbagai macam minuman dingin , dan lain sebagainya .. yg pasti menu di sini ga kalah dari menu – menu di restoran bintang 5 , semuanya lezat dan yummiiee .. ada juga berbagai mainan asik untuk anak – anak ( jika anda adalah anak – anak atau anda sudah berkeluarga dan memiliki anak kesayangan ) seperti ayunan , mini rafting dengan kapal karet mini yg unik , dan tempat bermain air atau bisa juga untuk mandi bersama – sama , yg pasti semua hiburan yg disediakan ini akan memberikan pengalaman paling berkesan untuk anda good.gif image by rahmat_cruzt.. sebelum pergi meninggalkan tempat wisata , anda bisa berbelanja di sepanjang jalan keluar yg berdiri toko – toko kecil yg menjual pernak – pernik , mainan , cinderamata , kerajinan tangan , karya – karya seni khas kebumen yg bisa menjadi kenang – kenangan , oleh – oleh khas kebumen seperti lanthing , dan lain sebagainya .. nah , bagi yg ingin meninap di dekat lokasi banyak terdapat hotel dan homestay yg pasti harganya juga terjangkau .. foto terdifinisi sebagai sebuah kenang – kenangan akan suatu momen atau peristiwa , nah bagi yg berjiwa filateli foto bukan filateli perangko hehe bisa mengabadikan peristiwa atau momen – momen manis ketika berkunjung ke Goa Jatijajar ini , lebih narsis pasti lebih seru bukan ?? banyak juga patung – patung reptil yg siap menjadi objek foto atau pun background foto anda .. di samping lingkungan dan suasana alam yg masih sangat terasa kesejukannya dengan pepohonan rindangnya , taman wisata ini juga masih tergolong bersih dan jauh dari kata ‘dirty’ .. anda tidak akan merasa kecewa sedikitpun bahkan akan merasa sangat ‘satisfied’ ketika berpiknik bersama keluarga tercinta atau sahabat tersayang ke Goa yg sudah sangat terkenal ini .. mau mandi ? mau awet muda ? ingat kata “hati – hati” , tapi Goa Jatijajar lah yg bisa dikunjungi .. semoga terhibur hellosmile.gif image by rahmat_cruzt

Goa Petruk

adalah sebuah goa yg hidup di desa Candirenggo , Kecamatan Ayah , Kebumen .. lebih jelasnya sekitar 4,5 km dari Jatijajar menuju ke arah selatan .. berbeda 180 derajat dengan Goa Jatijajar yg sudah dikelola dengan pembuatan jalan dan penerangan di dalam goa , Goa Petruk yg menurut catatan Doktor Koo , seorang pakar goa dari luar negeri , yg mengatakan bahwa Goa Petruk ini merupakan goa terindah di seantero Nusantara justru masih terasa sangat alami tanpa penerangan cahaya apapun di dalam goa applause.gif image by rahmat_cruzt .. saking setianya hehe , pakar goa ini meminta pada pemda Kebumen untuk menjaga kealamiannya , bahkan untuk diterangi dengan listrik , tidak boleh .. wajar bila sampai saat ini goa yg memiliki mulut goa yg menganga lebar ini masih jarang dikunjungi , sebab anda membutuhkan persiapan yg cukup untuk masuk ke dalam goa .. lagi pula , sangat disayangkan kalau sesampainya di sini cuma mengintip dari mulut goa tanpa masuk menelusuri lebih dalam ke perut goanya , yg pasti sangat sia – sia dan buang – buang waktu kalau anda cuma datang dengan alasan cuma buat melihat pemandangan hitam gelap tanpa sensasi sama sekali bukan ?? sangat maklum bila anda kemudian mengalami serangan jantung akut bahkan depresi stadium 6 bila masuk sendirian tanpa orang di samping anda sebab anda akan merasakan fantasi yg luar biasa di dalam kegelapan , kesendirian , dan lebih jauhnya anda akan berpesta pora bersama para penunggu goa yg wajah dan bentuknya bervariasi , katakan saja jin – jin nakal yg siap mencolek kehadiran anda frenkenstein.gif image by rahmat_cruzt ( penulis tidak meminta maaf bila kalimat ini sangat tidak penting bahkan penulis sangat berharap para pembaca untuk melampiaskan kemarahannya dengan cara membaca tulisan ini sampai tuntas hehe awe.gif image by rahmat_cruzt) , nah melihat ilustrasi tadi maka sangat dianjurkan anda ga nekad masuk sendirian ke dalam goa , saya tau anda punya mental baja , itu semua percuma , makhluk yg ada di dalam tembus baja lho !! haha .. di balik ilustrasi yg mengerikan ini anda ga perlu khawatir , di sini tersedia Guide atau pemandu yg siap mengantar dan menemani petualangan anda di dalam goa disertai peralatan lampu yg memadai .. mendengar kata “petruk” orang pasti akan teringat dengan sosok salah satu Punokawan anak Ki Semar yang berbadan tinggi dan hidungnya sangat mancung .. konon , dalam cerita pewayangan , Petruk ini anak dari lelembut Banaspati yang kemudian diambil anak oleh Ki Semar dan Petruk ini dikenal mempunyai banyak akal .. penasaran apa saja keindahan dan pesona alam yg ditawarkan oleh goa unik yg satu ini ?? lets check this out !!

1. Tiga Goa

Goa Petruk ini ternyata terbagi menjadi tiga bagian , ada kepala badan dan kaki , namun bukan demikian analoginya , goa ini terdiri dari mata hidung dan mulut ( mau ngabsen bagian2 anggota badan apa bagian2 goa bang?! haha bounceball.gif image by rahmat_cruzt ) .. memang tragis nasib bagian pertama atau lantai I nya , cuma ada segerombolan kelelawar dengan bau yg kurang sedap yg terbang ke sana kemari ..  beruntung jika sudah masuk ke Goa Semar , bagian kedua dari Goa Petruk , anda akan diberi hidangan pemandangan bebatuan yg sangat indah dan mempesona .. mata anda akan berbiner – biner takjup melihat kebesaran ALLAH SWT yg ada di sini , bahkan banyak terucap dari bibir banyak orang bahwa masuk Goa Petruk laksana melihat keindahan alam yg tiada taranya karena terdapat batu stalaktit dan stalagmit yg mempesona dan menyerupai berbagai bentuk .. nah goa yg terakhir disebut Goa Petruk , karena ada Petruk di dalam goa ( ngawur aja!! haha nono.gif image by rahmat_cruzt ) .. di dalam goa ini pada awalnya muncul fenomena alam batu yg memiliki wujud seperti hidungnya Petruk bukan Pinokio ( kayaknya cerita pinokio plagiat cerita pewayangan petruk ya? tanya aja sama yg nulis naskah! saya ga ikut2! hehe ) yg menjadi maskot dan logo Goa Petruk ini .. seperti film – film telenovela , goa yg masih sangat alami ini juga bersemboyan “sad ending” , kenapa ? ternyata batu hidung Petruk telah tiada dan hilang akibat ulah penjajah negeri Indonesia , Belanda , yg melakukan penambangan phospat dengan bom peledak highvoltage.gif image by rahmat_cruzt .. sangat menyedihkan memang , saya pun terharu mendengarnya , tapi ini ga menjadi permasalahan yg penting , sebab kedatangan anda ke dalam goa tanpa si hidung Petruk pun akan terasa puas dan terhibur dengan keindahan alam yg tersaji di dalamnya ..

2. Batu Payudara

di sini cuma dibutuhkan membaca dan tidak dibutuhkan pikiran – pikiran yg memiliki fantasi berlebihan , oke ? tapi pada kenyataannya memang itulah nama yg diberikan pada satu jenis batu yg ada di dalam Goa Petruk ini .. setelah memasuki ke dalam bagian kedua dari Goa Petruk, Goa Semar , yg ada dan dikenal dengan banyak senyum awe.gif image by rahmat_cruzt ( bukan senyum – senyum kaya orang yg bertanda kutip “gila” dan bukan juga senyum – senyum dari nostalgia yg berlebihan atau dalam tanda kutip “pikiran kotor” ) memang di dalam gua ini terdapat batu stalaktit dan stalagmit yg berbagai macam bentuknya sehingga membuat kita terperosot untuk mengagumi ciptaan ALLAH SWT yg satu ini .. batuan yg paling ujung di sini diberi nama Batu Payudara atau orang menyebutnya Batu Susu .. bukan alasan memberi nama dengan nama porno namun , ternyata jika dilihat dengan mata telanjang saja batuan ini berbentuk seperti putik – putik seorang ibu yg sedang menyusui .. bagai hujan di musim kemarau hehe , batuan ini ga cuma satu dua aja jumlahnya tapi sampai puluhan dan ga sampai ribuan bahkan jutaan ( kalo jutaan pasti batuan ini dijadiin amunisi buat perang dunia ke-2 dulu hehe knight.gif image by rahmat_cruzt ) .. sungguh menakjubkan apa yg ditayangkan di dalam Goa Semar ini , batuan cantik nan indah membuat suasana suram jadi tambah suram hehe , maksudnya mengubah cemberut jadi tersenyum .. tentu sesampainya di sini , suasana goa mengingatkan anda pada masa anak – anak beberapa tahun yg lalu , di mana anda umumnya saya khususnya pernah menyusu pada ibu yg sangat kita cintai dan ASI inilah yg membuat kita tumbuh menjadi seorang pahlawan saat ini ..

3. Batu Dasi

kita tau banyak orang memakai dasi di dunia yg serba serbinya kaya serabi ( maksudnya?! ) .. kata orang , si pemakai dasi itu orang yg eksklusif dan memiliki kekayaan yg di luar batas kebutuhan .. ada juga eksekutif muda yg berdasi karena mereka ingin terlihat eksklusif .. tapi pada kenyataannya kalau mau dilogika lebih tinggi lagi toh ada yg disebut bayi berdasi , pelajar berdasi , petani dan nelayan berdasi ( ini mau nyangkul dan mancing pake dasi? angryno.gif image by rahmat_cruzt ) bahkan ada preman berdasi untuk berkamuflase , parahnya ada pohon pisang berdasi .. mungkin itu sebuah keajaiban yg sangat tidak mungkin terjadi , namun semua itu kenyataan jika kita hidup di dunia yg miring .. Goa Petruk pun tak ingin kalah dengan si pohon pisang , tapi ini merupakan ciri khas goa dengan keunikan yg berbagai macam ini .. di dalam Goa Petruk ada juga batuan yg fisiknya mirip dengan sebuah dasi , ga aneh kalau kemudian diberi nama batu berdasi .. ditambah lagi mirip ada warna di sana – sini yg memberikan keindahan tersendiri bagi batu stalagmit yg lucu ini .. nampak pula sebuah lukisan berbobot seribu ton hehe tongueout.gif image by rahmat_cruzt, bagai bekas sebuah kuas yg begitu rapinya ..

4. Batu Gajah

kurang rasanya kalau sebuah pemandangan kebun binatang tidak terlihat di sini .. bagai menyelam minum air , itulah sebuah pepatah yg mungkin cukup menggambarkan kehadiran kita di Goa Petruk yg sangat indah ini .. disamping anda bisa menikmati pemandangan perut goa yg indah dengan banyaknya bentuk – bentuk bebatuan yg unik lagi lucu , anda pun bisa menikmati pertunjukan kebun binatang khususnya gajah bagai nyata tapi tidak , kenapa? gajah di sini ga bisa dijadikan mainan kuda – kudaan buat anda , ga bisa juga memolorkan belalainya buat memberi ciuman pertama anda hehe , juga ga bisa menyemprotkan air dari hidungnya yg panjang seperti gajah pada umumnya , tapi yg pasti gajah di goa ini ga kalah menarik dengan gajah di Lampung sana littleelephant.gif image by rahmat_cruzt .. gajah – gajah yg terbentuk dari stalagmit di dalam goa ini bahkan terlihat sangat indah dan mempesona , cukup membuat anda kenyang akan pesona alam .. stalagmit yg menyerupai bentuk gajah ini bakal meramaikan perjalanan anda dan memberikan suatu layar bioskop yg siap disantap untuk dinikmati ..

5. Sendang dan Air Terjun

semakin anda melangkahkan kaki lebih jauh ke dalam Goa Petruk ini , anda akan semakin mendekati lingkungan yg begitu luar biasa indahnya sehingga membuat anda membuang pikiran ke tempat sampah untuk keluar dari dalam goa ini .. sebab , di sini terdapat pula batuan yang mirip tempat tidur , atau pelaminan seorang pengantin baru  twoinlove.gif image by rahmat_cruzt.. ada lagi batu yang menyerupai sebuah lumbung padi , sehingga batuan tersebut diberi nama Batu Lumbung .. ditambah juga ada batu yg mirip bapak – bapak yg berjenggot panjang , tak aneh jika batu ini disebut Batu Bapak Jenggot detective.gif image by rahmat_cruzt .. anda bakal shock dan terkejut bahkan kejang – kejang ( mending keluar aja deh, ngeri amat! belum sempat nikah ni! hehe ) ketika melihat batu yg mengerikan ini .. batu ini mirip sekali dengan sebuah Mayit yg tergeletak  dengan kain mori yg membungkusnya , parahnya lagi warna batu ini bukan hitam , merah , atau biru , namun putih yg akan menguatkan statement bentuk dan fisiknya seperti “pocong” surprisefromcoffin.gif image by rahmat_cruzt.. bukan niat penulis menakut – nakuti anda , tapi cuma berniat baik memberi tahu anda yg tidak kuat bahkan trauma dengan sosok makhluk tak kasar ini agar tetap berada dirumah menonton film “Pocong 2” ( itu ma sama aja, mending di kamar ngelonin guling putih. hihi ) .. bukan berlibur namanya kalau tak menikmati seluruh pesona yg ditawarkan , walau terdengar seram dan menakutkan karena penulis yg berlebihan hehe , tapi anda akan sangat terpesona dengan indahnya bebatuan yg ada di dalam Goa Petruk ini jika mata anda tetap terbuka tanpa berkedip haha .. bak sekali mendayung seratus ribu pula terlampaui , nah inilah pulau yg keseribu , bukan hanya keindahan berbagai variasi bebatuan yg ditawarkan goa punokawan ini , Sendang dan Air Terjun pun hadir untuk menyenangkan hati anda waterhappy.gif image by rahmat_cruzt .. sambil makan burger minum sprite pasti akan keseleg , jangan dicoba ya !! ( bagai melihat langit malam dengan bulan dan bintang kan maksudnya? ) , sambil menikmati dan menyaksikan keindahan alam goa dengan bebatuan yg berbagai macam bentuk yg unik dan lucu tanpa mata tertutup knalpot hehe , telinga kita akan mendengarkan merdunya suara air tik…tikkk…tiiikk… dari butiran – butiran air yg jatuh dari langit goa atau dari bebatuan yg menawan sehingga menambah kenyaman kita menyaksikan keajaiban Sang Pencipta Alam Semesta ..

hemm , masih belum tertarik dengan keindahan dan pesona Goa Petruk ini? silakan datang ke daerah Pakem di Sleman Yogyakarta , sebuah rumah sakit siap menyambut kedatangan anda dengan hangat hehe , tapi hati – hati awan panas dan hujan abu vulkanik masih menyelimuti kota Yogyakarta coldday.gif image by rahmat_cruzt .. perlu diketahui dan diperhatikan , persiapan yg dibutuhkan sebelum masuk ke dalam Goa Petruk ini adalah sangat important jika anda masih sayang dengan nyawa anda yg cuma satu .. sepatu dari plastik atau karet , topi , senter dan tentunya penulis tau apa yg sangat anda butuhkan , sebuah kamera dengan lampu blitz yg baik .. sekali seumur hidup , itu mungkin terjadi bagi anda yg ingin menikmati keajaiban dan keindahan alam bersama keluarga tercinta jika rumah atau tempat tinggal cukup jauh , di atas langit ke tujuh ( bercanda hehe ) .. nah , salah satu solusi agar pengalaman yg hanya sekali itu bisa dinikmati beberapa kali adalah dengan mengabadikan momen – momen indah dengan pemandangan yg indah pula tentunya .. jangan harap semua itu bisa terwujud kalau sesampainya di rumah anda membanting kamera anda sampai hancur smashcomputer.gif image by rahmat_cruzt bukannya memindahkan foto – foto yg indah ke dalam komputer atau lap top yg nantinya dicetak dan dipajang untuk mempercantik pemandangan di dinding rumah anda .. tertarik bertemu gajah yg lucu dan unik? tertarik bertemu makhluk berjubah putih? tertarik dengan kekuasaan Sang Maha Pencipta yg begitu dahsyat keindahannya? Goa Petruklah tempat tujuan anda .. semoga terhibur hellosmile.gif image by rahmat_cruzt

5. Wisata Arung Jeram di Kebumen

anda suka dengan tantangan? suka dengan petualangan yg asik? suka dengan derasnya aliran sungai? penasaran rasanya berada ditengah – tengah rasa tegang dan seru? ingin merasakan kebersamaan penuh tawa dan rasa seru? arung jeram bisa dipetik untuk ditaruh di daftar tempat wisata yg harus anda kunjungi .. untuk sebagian orang arung jeram itu menakutkan , kenapa? coba anda bayangkan , anda berempat diatas perahu karet yg berisi penuh dengan gas surfing.gif image by rahmat_cruzt , masing – masing dari anda memegang dayung dari kayu dan anda tau kalau lintasan atau arena arung jeram yg akan anda lewati itu penuh dengan batu – batu besar dan arusnya luar biasa deras , anda sudah memantapkan niat dan permainan pun dimulai , wow nikmat rasanya bisa mendayung – dayung  bagai naik mobil di atas air memang crazydrive.gif image by rahmat_cruzt , anda terlena dengan kenikmatan dan kesenangan di atas perahu karet , tanpa disadari  dayung anda putus termakan ikan piranha yg kebetulan hidup di sungai itu , apa yg terjadi kemudian? bukan dayung anda berubah menjadi baling – baling bambu , bukan juga dayung anda tumbuh kembali seperti ekor cicak , tapi dayung anda menusuk perahu karet yg anda dan para sahabat anda tumpangi ohmy.gif image by rahmat_cruzt , buussss , perahu anda perlahan kempes , anda tahu kalau ga cepet berhenti di depan sana ada jurang , bukannya berhenti tapi perahu karet yg anda tumpangi malah tambah cepat karena dorongan dari angin yg keluar dari perahu karet anda , sebut saja tanpa disadari anda telah menyalakan NOS otomatis , berasa naik mobil F1 di atas sungai carrace.gif image by rahmat_cruzt , ga cuma sampai di sini , kawan – kawan anda panik berlebihan karena ini adalah pengalaman pertama bagi mereka , ada satu orang yg terbawa suasana panik terus memukul teman anda di sebelahnya pake dayung anda expressinglovewithclub.gif image by rahmat_cruzt, saking kagetnya teman yg dipukul tadi lompat dari perahu dan naas , dia habis dimakan piranha , karena melihat kekejaman dari teman anda , anda pun panik dan tanpa berdosa menusukkan dayung anda yg putus tadi ke perut teman di depan anda , betapa kejamnya anda , udah nggembosin perahu sekarang teman pun jadi korban damnfly.gif image by rahmat_cruzt , bagai semut jadi kupu – kupu , itulah yg anda dan 2 teman anda yg masih berada di atas perahu rasakan , perahu berjalan semakin cepat , kecepatan perahu anda sudah di luar batas kewajaran 100 km/jam , sebelum sampai di ujung jurang tiba – tiba ‘bruaakk’ perahu anda nabrak sebuah batu besar , saking cepatnya anda bertiga pun terlempar dan terbang di udara bagai burung elang yg kehilangan anaknya carrybaby.gif image by rahmat_cruzt, sebelum berangkat teman anda ternyata membawa sebuah granat di kantongnya , karena dendam dengan anda yg sudah membuat teman – teman anda tewas dengan tragis , sambil terbang dia mengeluarkan granat yg ada di kantongnya , hatinya sudah tertutup rapat akibat kelakuan anda , tanpa pikir panjang granat itu pun dibuka kunci peledaknya BBUUMMM meledaklah granat itu highvoltage.gif image by rahmat_cruzt, anda dan 2 teman anda pun ikut meledak hancur berkeping – keping dan mati konyol capitulate.gif image by rahmat_cruzt , 1 hari kemudian terbit koran yg memberitakan “bukan sihir bukan sulap , aneh tapi ajaib , sebuah perahu karet ditemukan dalam keadaan kempes tanpa penumpang , dilain kasus 4 orang sekawan hilang tanpa jejak setelah bermain arung jeram , mungkinkah ini berkaitan ? silakan tanya pada rumput yg bergoyang!” hahaha biglaugh.gif image by rahmat_cruzt .. mungkin itulah kronologi di luar logika yg penulis paparkan bukan semata – mata untuk menghibur pembaca tapi sengaja membuat pembaca bahagia dengan tewasnya 4 orang sekawan disebabkan kejadian yg hanya mungkin terjadi di dunia animasi dan kartun ini .. jangan khawatir , arung jeram yg akan dikenalkan di sini cuma mengenal kata asik dan menarik sebab ‘safety first’ adalah hal yg paling penting ketika bermain arung jeram dan salah satunya adalah wisata arung jeram yg ada di Kebumen ..

Arung Jeram Kebumen

Tempat Wisata arung jeram yang bisa dimulai di Desa Sendang Dalem , Kecamatan Prembun , kawasan Waduk Lintang , Kebumen , dengan air sungai yang jernih , karakteristik sungai yang berkelok dengan batu-batu besar dan beberapa jeram yang membutuhkan ketrampilan untuk melewatinya , dengan titik akhir di Bendungan Pejengkolan .. memang untuk permainan yg satu ini dibutuhkan suatu kemampuan atau ketrampilan , tapi saya tau pasti banyak dari anda yg tidak memiliki ketrampilan , jangan khawatir yg dibutuhkan sebenarnya disini adalah rasa persaudaraan yg tinggi .. tak lain dan tak beda adalah ketika ada salah satu dari anda terjatuh maka yg lain juga ikut menjatuh diri dan akhirnya bukan main arung jeram bersama melainkan berenang di sungai bersama haha femalefriendsforever.gif image by rahmat_cruzt .. itulah rasa persaudaraan yg seharusnya tidak diberi pupuk di diri anda .. disamping bisa merasakan sensasi yg asik dan luar biasa , anda pun bisa menikmati keindahan alam yg cukup indah , suara aliran sungai yg merdu , angin nan sepoi – sepoi , dan suara hutan yg sangat alami sambil berarung jeram ria .. bagi yg suka dan cinta dengan tantangan dan petualangan sebab dengan tantangan itulah muncul hal baru yg lebih bermakna , sesungguhnya ga ada salahnya anda mencoba wisata atau permainan arung jeram ini .. semoga terhibur hellosmile.gif image by rahmat_cruzt

6. Wisata Waduk di Kebumen

sesungguhnya waduk ga akan membentuk kalimat – kalimat “habis mandi wadukan biar kering , biar bumbunya rata sopnya diwaduk – waduk , tu preman diwaduk aja biar babak belur” ( andukan , diaduk – aduk , ditapuk ) , melainkan akan membentuk sebuah kalimat poster nan indah dari tatanan kata – kata yg rapi “waduk adalah sebuah danau luas buatan manusia  yg menghasilkan pemandangan indah nan mempesona yg tak kalah dengan danau alami pada umumnya” .. kalau anda tau Danau Toba di Sumatera Utara dan Danau Tiga Warna di Puncak Gunung Kelimutu di Pulau Flores , NTT , pasti anda juga tau dua danau di Kebumen yg tak kalah menakjubkan dengan mereka ( kata sapa ? Obama ga tau , Hitler juga ga tau , apalagi saya ? pasti tau . hehe ) .. penasaran kan siapa saja yg ada di balik gorden? nah , buka aja gordennya , kenapa ditutup coba kalo penasaran haha , inilah waduk – waduk itu ..

Waduk Wadaslintang

adalah sebuah waduk yg lumayan unik karena berada di perbatasan Kebumen – Wonosobo .. ga begitu jauh bila ditempuh dengan roda empat , misal mobil pribadi , bersama keluarga atau sahabat .. dari Kota Prembun di Kebumen hanya sekitar 8 km ke utara , jalannya aspal hotmix , berkelak – kelok , dan tersedia juga angkutan umum yg tentu akan mempermudah anda sampai ke tujuan .. genangan air Waduk Wadaslintang ini sebagian masuk wilayah Wonosobo dan sebagian lagi , 113 ha yg termasuk kantor lokasi bendung PLTA beserta dua saluran induk , berada di tangan Kebumen .. 7 tahun adalah waktu yg cukup lama untuk membangun bendungan waduk yg mempunyai kedalaman hingga 116 m ini applause.gif image by rahmat_cruzt .. waktu sebanding dengan hasil .. alhasil , waduk yg diresmikan oleh Presiden Soeharto tahun 1988 ini sekarang sering ramai bagai ada gula ada semut oleh turis – turis domestik yg haus akan keindahan alam .. jangan heran bila hari – hari libur anda kagum dengan waduk yg memang terlihat sangat menawan dan memikat banyak orang ini sangat crowded pengunjung musicdance.gif image by rahmat_cruzt .. udara yg sejuk dan panorama pegunungan yg masih sangat sangat alami pasti akan membuat anda terlena dan terkesima .. waduk ini berada di lembah yg curam tapi jangan ditanya lagi , pemandangannya terlalu mengasikkan untuk dinikmati hehe .. dibuat dengan cara ‘mengusir’ 7000 penduduk yg tinggal di sembilan desa dengan luas tanah sekitar 2.626 ha ( wow , luas banget yaa ) , entah bagaimana nasib mereka para penduduk itu saat ini ( jangan berlebihan bang ! kasian yg baca ! haha bounceball.gif image by rahmat_cruzt ) .. di antara dua waduk yg ada di Kebumen , waduk inilah yg paling luas dan tentu panorama alamnya juga lebih indah .. waduk ini memiliki multikarakter tersendiri bagi wilayah Kebumen dan Wonosobo , di samping merupakan objek wisata segar dan terkenal , waduk ini juga dimanfaatkan untuk olah raga air , irigasi , dan Pembangkit Listrik Tenaga Air .. dengan karakternya yg dimanfaatkan untuk irigasi , waduk ini menjadi senjata sekaligus amunisi para ladang persawahan di sebagian besar wilayah Kebumen dan Purworejo seluas 30.345 hektar sepanjang tahun , alhasil waduk yg seharusnya masuk ke dalam jajaran Pahlawan Nasional Indonesia ini mampu memberikan tambahan hasil sekitar 210.000 ton beras setahun bravo.gif image by rahmat_cruzt( coba bayangkan , mayoritas penduduk Indonesia bermakanan pokok nasi dan sekarang malahan resolusi yg miring tentang pemerintah mewajibkan seluruh provinsi di Indonesia untuk menjadikan nasi sebagai makanan pokoknya . nasi itu dari beras , beras itu dari padi , padi itu dari sawah , sawah itu hidup dengan pengairan dan irigasi yg baik dan cukup , irigasi itu ternyata bersumber dari waduk , bagaimana kalau ga ada waduk ? rakyat mau dikasih makan tanah ? ga mungkin kan ? dan yg paling penting siapa yg melestarikan kehidupan padi – padi itu ? pastilah para petani , tapi kenapa sampai saat ini nasib para petani kita masih di bawah rata – rata , padahal merekalah yg layak menyandang gelar pahlawan dibanding pemerintah nono.gif image by rahmat_cruzt ! ) .. di samping itu waduk ini telah mampu menghasilkan listrik sebesar 16 MW dengan transmisi jaringan kurang lebih 30 km .. bagi anda yg masih belum ingin bertemu dengan malaikat Izroil jangan pernah coba – coba menceburkan diri ke dalam waduk ini dengan tujuan ingin balapan renang , sebab waduk ini ternyata juga digunakan untuk membudidayakan ikan , penulis tak ikut – ikutan kalau ternyata ikan yg dibudidayakan adalah ikan paus , hiu , dan piranha , jadi bisa dipastikan sesampainya di dalam air waduk , pasti tak tersisa sedikitpun dari bagian tubuh anda dan lawan balapan renang anda , tak terkecuali rambut dan kuku jempol kaki juga ikut hilang ditelan ikan – ikan buas ( hanya sebuah perumpamaan dari pemikiran tingkat ketinggian si penulis , jadi pembaca tak perlu dek dek ser hehe thinking.gif image by rahmat_cruzt ) .. hobi adalah hak bagi setiap insan , tak terkecuali memancing .. di waduk ini tak pernah nongol sebuah papan dengan tinta merah “dilarang memancing, bahaya! bukannya memancing tapi anda akan terpancing masuk ke dalam mulut buaya!” sehingga anda bebas melepaskan kepuasan anda dengan memancing ikan – ikan kecil yg ada di waduk ini ditemani dengan suasana alam nan sejuk lagi adem .. asiknya lagi , setelah saluran induk ke bawah sampai Sungai Pejengkolan , mengalir air cukup bagus .. di bagian bawah kini dibangun Bendung Pejengkolan .. debit airnya sepanjang tahun tetap, karena bisa diatur dari pintu turbin PLTA .. sehingga sangat cocok untuk olah raga petualang seperti arung jeram skiing.gif image by rahmat_cruzt .. bahkan dari ekspedisi para mahasiswa Pecinta Alam Psikologi (Palapsi) UGM Yogyakarta , terbukti arung jeram di Sungai Bedegolan sampai Pejengkolan terbaik di banding sungai besar di Pulau Jawa .. di samping airnya yg bersih , sepanjang aliran arusnya menghasilkan perpaduan jeram yang memutih kebiru-biruan dengan batu-batu besar , serta alam pedesaan sekitarnya yang menghijau .. betapa indahnya pemandangan yg ditawarkan oleh Waduk Wadaslintang , tak mungkin jika kata yg keluar dari bibir anda adalah tidak .. nah , bagi yg ingin merasakan kesejukan alam , pemandangan pegunungan yg masih sangat alami , dan udara yg adem serta angin yg sepoi – sepoi menari dengan riangnya , Waduk Wadaslintang adalah tempat wisata yg cocok untuk anda dan keluarga kunjungi .. semoga terhibur hellosmile.gif image by rahmat_cruzt

Waduk Sempor

adalah waduk yg terdapat di Kecamatan Gombong , Kebumen .. anda tak perlu egois dan individualis dengan berjalan kaki untuk berpiknik ke waduk yg berada sekitar 10 km ke utara dari Kota Gombong dengan kemudahan transportasi karena dilaluinya tempat wisata nan indah lagi memikat ini oleh angkutan umum .. hamparan alam beriak kecil dalam sebuah wadah besar buatan manusia ini memiliki energi tersendiri yg menjadi daya tarik para wisatawan , baik domestik maupun mancanegara mylove.gif image by rahmat_cruzt.. adalah bukan Waduk Sempor namanya kalau pemandangannya tidak cukup mempesona hati .. dengan perbukitan hijau yg cantik disekitar waduk , deburan ombak – ombak mungil yg merdu , dan hembusan  angin yg sejuk menyegarkan adalah ciri khas alam di Waduk Sempor yg menawan inloveeyes.gif image by rahmat_cruzt.. waduk yg memendam berjuta – juta cerita dan pesona ini juga dimanfaatkan untuk irigasi persawahan di sekitar Kota Gombong sekaligus difungsikan untuk menggerakkan turbin PLTA dan PDAM .. sebuah tempat wisata kalau tanpa fasilitas yg asik tentu namanya kuburan atau kota mati atau parahnya TPKA ( tempat pembuangan kotoran akhir ) hehe .. hal itu tidak terefleksi untuk Waduk Sempor .. waduk ini sadar diri dan masih dalam skala normal sehingga dibuatlah berbagai rekreasi air .. salah satunya adalah sebuah mesin dambaan hati anda .. ketika anda bercita – cita setinggi langit ingin melihat pemandangan waduk ini dengan cara terbang ke langit kid.gif image by rahmat_cruzt maka anda cukup menggunakan speedboat yg disediakan di sini dengan cara menabrakkan speedboat yg anda tunggangi ke pembatas waduk yg menukik ke atas dan otomatis anda akan tiba di langit tinggi , bisa menikmati pemandangan di atas sana , tapi mungkin cuma beberapa saat dan setelahnya anda harus ikhlas dari langit terjun ke akhirat haha rollingonthefloorlaughing.gif image by rahmat_cruzt.. salah satu rekreasi yg ditawarkan adalah speedboat dengan kecepatan yg bisa menembus kecepatan angin .. nah , in other hand , bagi yg suka yg melow – melow dan ingin berada di atas air waduk yg tenang dan mempesona ini selama berbulan – bulan tanpa henti , anda bisa menunggangi salah satu ‘dokar’ yg ditawarkan di sini , yaitu slowboat .. dengan kecepatannya yg slow sehingga disebut slowboat , keberadaan anda di sini akan terasa lebih berkesan karena anda tetap akan menemui akhirat untuk tujuan berikutnya sebab ‘dokar’ yg anda tunggangi akan tergilas habis oleh tajamnya gigi – gigi piranha di dalam air waduk .. untuk itu , bagi yg masih waras ga perlu lari dari kenyataan , cukup membaca dan ga perlu membayangkan apa yg anda baca hehe awe.gif image by rahmat_cruzt.. ditambah lagi , kalau anda merupakan orang yg suka banyak menggerakkan tangan , saking sukanya menggerakkan tangan sampai – sampai ketika anda membeli Es Dongdong di depan rumah penjualnya marah karena es yg sudah jadi terlempar oleh tangan anda menghantam muka si penjual akibat dampak keganasan tangan anda yg buas dan suka bergerak – gerak sendiri hehe , anda bisa mencoba bebek dayung dan perahu dayung yg ditawarkan di sini untuk lebih memperindah perjalanan wisata anda di Waduk Sempor ini swimming.gif image by rahmat_cruzt.. obyek wisata Waduk Sempor adalah sebuah karya seni manusia yg terpadu rapi dengan alam .. daripadanya lahir sebuah anak harimau yg siap menerkam sapa saja hehe , tapi bukan itu maksudnya , daripadanya lahir sebuah panorama cantik dan menawan dengan sajian yg begitu mempesona sehingga hal ini menjadikan Waduk Sempor tempat wisata keluarga yg tepat .. tak heran jika banyak wisatawan domestik baik dari dalam Kebumen atau luar daerah yg tak bosan – bosannya berkunjung ke Waduk Sempor untuk menikmati pemandangan alam pegunungan yg sangat cantik dan merasakan sejuknya udara yg ada di sana .. mungkin rumah atau kediaman tempat tinggal anda serta keluarga sangat jauh dari ‘kandang’ wisata ini sehingga perjalanan anda yg sangat jauh itu membuat anda dan keluarga capek dan lelah , tapi saya pun juga ga berani menjamin semua bentuk capek dan lelah anda akan hilang sesampainya anda di waduk cantik ini sebab hanya anda lah yg bisa merasakan sedang lelah atau tidak haha .. berbeda dari panorama ini , waduk sempor ternyata menyimpan sebuah peti harta karun yg sangat luar biasa .. peti harta karun itu berisi keindahan sebuah alam di bawah lereng perbukitan yg bisa anda nikmati dari atas .. tak lain dan tak beda bibir anda secara otomatis akan melantunkan kata “subhanallah” melihat kekuasaan ALLAH SWT yg begitu indahnya .. di lain cerita , ternyata waduk ini menyimpan beberapa kisah .. pembuatan waduk ini ternyata telah membuat semua penduduk dari hampir semua desa hijrah dan direlokasikan ke daerah lain .. namun , ternyata di desa ini dulu penuh dengan kuburan dan anehnya pembuatan waduk ini tidak diawali dengan diratakannya gundukan – gundukan kuburan yg jumlahnya tak sedikit sehingga jika anda memberanikan diri untuk menyelam ke dasar danau buatan ini anda akan menyaksikan gundukan – gundukan kuburan yg masih sangat jelas terlihat dan menimbulkan kesan horor dan angker verycold.gif image by rahmat_cruzt.. di lain kisah , ternyata RAMALAN JOYOBOYO pun terbukti , di dalam ramalan itu  intinya mengatakan bahwa tanggul Waduk Sempor ini akan ambles dan membuat beberapa kota di Kebumen mengalami wabah banjir setinggi pohon kelapa dan ramalan si Tokoh Jawa terkenal itu pun menjadi kenyataan .. dalam kejadian yg telah menjadi sejarah itu mengakibatkan kota di Kebumen tergilas air dan mengalami kebanjiran .. di sisi lain , ternyata Waduk Sempor pun airnya asat bahkan sampai – sampai waduk yg cukup dalam itu airnya habis dan di sana bukti sejarah dibuatnya waduk ini terbukti thinking.gif image by rahmat_cruzt .. ketika waduk ini tanpa air , terlihat jelas gundukan – gundukan kuburan dan sisa – sisa perangkat desa dengan mata telanjang , sehingga lebaynya hal ini cukup untuk dibuat sebuah peta timbul dengan objek – objek menyeramkan di dalamnya .. dan anehnya lagi , pada pembuatan waduk ini , ternyata ga semua desa ikut direlokasikan dan masih ada sebuah desa yg tertinggal dan sampai sekarang masih berpenghuni sekitar beberapa ratus jiwa dan kegiatan manusia yg ada di sana masih aktif hingga saat ini .. tentunya anda ga perlu terlampau sedih apalagi sampai banjir air mata mendengar kisah yg memang menggugah hati ini , bayangkan kalau anda nangis sampai menggebu – gebu pasti tetangga dan keluarga anda akan mengungsi karena banjir sedang melanda mereka bigcry.gif image by rahmat_cruzt .. jika dipikir menggunakan logika yg logis tentunya , pastilah hal ini sangat tidak masuk akal jika tanpa alasan yg masuk akal pula , kenapa si pembuat tega sekali mengisolasi sebuah desa? hal ini masih menjadi sebuah misteri yg mungkin harus kita ungkap kebenarannya .. kalau anda mau menginjakkan kaki di desa terpencil ini , cukup menyeberang ke daerah perbukitan di seberang waduk dengan menggunakan perahu yg ditawarkan di Waduk Sempor ini .. namun semua sisi horor itu tidaklah kemudian akan membuat hati anda untuk mengelus dada dan membatalkan rencana anda bertamasya menikmati keindahan alam di Waduk Sempor bukan?? sebab di waduk ini pula kita akan bisa menikmati panorama yg sungguh memikat jiwa .. perpaduan antara waduk dengan sabuk hijau di tambah dengan jalan aspal yang ada didekatnya .. sungguh panorama yang tak akan pernah membosankan bagi mata yang memandangnya good.gif image by rahmat_cruzt .. alhasil , kesan yang kita dapatkan dari obyek wisata yang terletak di sebelah utara kota Gombong ini akan mendalam dan menjadi kenangan seumur hidup kita .. untuk itu , bagi yg ingin terbang ke langit , ingin bertafakur alam , ingin berlibur bersama keluarga atau sahabat di tempat yg tepat , pastilah sangat benar pilihan anda jika berkunjung ke Waduk Sempor .. semoga terhibur hellosmile.gif image by rahmat_cruzt

itulah beberapa tempat wisata yg ada di Kabupaten dengan Tugu Walet sebagai cirikhasnya yg bisa anda , anda , dan anda nikmati .. dengan fasilitas yg sangat lengkap bahkan luber saking banyaknya tentu akan membuat liburan atau perjalanan wisata anda tidak terasa membosankan sedikit pun , malah hati anda akan sangat terpuaskan .. rasa puas yg anda dapatkan ketika bertamasya ke tempat – tempat wisata di atas yg tentunya tak kalah dengan tempat – tempat wisata di luar negeri ini akan anda rasakan cukup lama , bahkan ketika anda tidur pun rasa puas itu masih menyelimuti anda sebab anda bermimpi ada di tempat wisata itu hehe .. ga ada perjalanan yg membosankan atau menjengkelkan , kalau pun ada pastilah anda sedang melakukan perjalanan ke tempat – tempat selain tempat wisata di daerah Kebumen ( kata sapa ?! kata rumput yg berjoget hehe ) .. biaya masuk areal wisata di Kebumen tergolong sangat murah di bawah 10 rb dollar ( kalo semahal itu duit yg aku tabung selama berpuluh – puluh tahun habis dalam sekejab donk !! ) maksudnya 10 rb rupiah , malah beruntungnya ada yg gratis lhoo cool.gif image by rahmat_cruzt .. tempatnya pun mudah untuk dicapai sebab ga ada di  atas langit atau di dalam perut gunung Mbah Gareng ( emang ada gunung mbah gareng ? maklum khayalannya kebablasan sampai ngepot kempat kempot hehe ) .. liburan tanpa hiburan? tempat – tempat wisata di Kebumenlah solusinya .. selamat berwisata itsallgood.gif image by rahmat_cruzt

sedikit foto – foto tentang Tempat Wisata di Kebumen : silakah buka foto Tempat Wisata di Kebumen

happyjump.gif image by rahmat_cruzt

6 responses to “Mengenal Keindahan Kota Kebumen

  1. tolong dong google, pemandangan wanalela yang tepatnya di desa Argopeni, kecamatan Ayah juga masukkan ke dunia internet, supaya bisa lebih dikenal oleh masyarakat, terutama masyarakat Indonesia.trims

    • waduh maaf2, mungkin buat sekarang saya belum bisa karna emang nyari keterangan – keterangan tentang wanalela masih sangat sulit, kcuali km ada. semoga aja wanalela cepat terkenal di kalangan masyarakat jadi bisa menambah kekayaan alam negri kita ini terutama di bidang perpariwisataan😀
      ngomong2 saya bukan google lhoo hehehe

silakan meninggalkan comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s