Karbala , Saksi Kegetiran Keluarga Rasul

hari ini Minggu 12 Desember 2010 saya terbangun dari mimpi yg sangat panjang , dan naasnya matahari sudah menunjukkan mukanya saat saya membuka lebar sang mata .. tanpa pikir panjang sepanjang rel kereta saya pun langsung menuju kamar mandi , ups perlu diingat saya ke kamar mandi bukan mau perang air sama adek – adek lho tapi niat baik dari lubuk hati yg paling dalam mau membersihkan diri dari bau kecut yg baunya wooww sampai – sampai tak tercium oleh hidung saya yg baru mampet hehe .. waahh , matahari udah bikin bayangan lumayan pendek .. hari ini harusnya saya ada agenda rutin tiap minggu buat mengasah jati diri hihi tapi karena badan baru ga enak jadi saya nganggur di rumah .. mau keluar kaki dan kepala ga kuat nerima ditambah dari pada buang – buang bensin tanpa tujuan yg jelas saya pun mengurungkan niat buat cabut pergi ke luar rumah .. wah pintu depan rumah kebuka nih , saya pun melangkahkan kaki ke luar rumah menyambut hari yg indah .. hari ini ternyata cerah sekali , angin sepoi – sepoi , dan sinar matahari yg bersinar terang indah menyinari pemandangan saya di depan mata , yaahh walaupun ga lama kemudian hujan turun tapi sebut saja saat itu hari masih cerah hehe .. loh , ada susunan kertas penuh tulisan ! dan muncullah kebiasaan yg belum sering namun berkeinginan keras mengubahnya menjadi super rajin , saya pun mengambil susunan kertas berjudul “REPUBLIKA” yg kebetulan langganan ayah saya dan saya baca – baca di temani alam yg cukup bersahabat siang ini .. ada judul di sana yg menarik pandangan saya buat membacanya , alhasil saya pun membacanya dengan penuh khidmat dan penuh penasaran .. ‘cling’ tiba – tiba muncul bintang kejora yg meledak di kepala saya “wah, menarik nih, tulis ahh!” .. akhirnya terbitlah sang matahari , eh maksudnya terbitlah tulisan saya yg satu ini khusus membahas dan memberi informasi dari apa yg saya baca dan menurut saya sangat menarik sebagai wawasan .. ga beda judul di koran dengan yg ada di atas coretan ini , berikut adalah isi dari berita itu , selamat membaca smile.png image by rahmat_cruzt :

menyebut nama Karbala akan terlintas dalam benak tentang sebuah peristiwa yg sangat menyayat hati dan tragis dalam sejarah kehidupan umat Islam .. betapa tidak , salah seorang cucu Rasulullah SAW , yakni Husein bin Ali bin Abu Thalib , tewas terbunuh di wilayah ini .. bahkan dalam beberapa riwayat disebutkan , kepalanya sampai terpisah dari badannya ..

peristiwa itu telah terjadi lebih dari 1350 tahun silam , tepatnya tanggal 10 Muharram 61 H , atau 680 M .. Husein bin Ali bin Abu Thalib oleh Muslim Syiah dianggap sebagai Imam ke-3 .. Syiah adalah satu kelompok dalam Islam yg sangat mencintai keluarga Rasulullah SAW .. dari wafatnya Husein inilah awal mula diselenggarakannya peringatan Hari Asyura ( 10 Muharram ) ..

Ibnu Katsir dalam kitabnya Al-Bidayah wa an-Nihayah mengungkapkan , selama pemerintahan Mu’izz Al-Daulah dari Dinasti Buwaihiyah yg berhaluan Syiah , peringatan Asyura diselenggarakan di Baghdad ( Irak ) .. Pada peringatan itu , semua aktivitas perdagangan dihentikan .. seluruh penduduk berkeliling kota sembari menangis , meratap , dan memukul kepala .. mereka berkeliling dengan mengenakan pakaian hitam .. bahkan kaum perempuannya diharuskan berpenampilan kusut ..

Karbala

Karbala adalah sebuah kota yg terletak sekitar 100 kilometer di sebelah barat Kota Baghdad , Irak .. penduduknya kurang lebih 600 ribu jiwa dan mayoritas penduduknya beragama Islam .. kaum Muslim Syiah menganggap Karbala sebagai salah satu tempat yg suci ..

di  pusat kota terdapat Masyhad Al-Husain , makam Husein bin Ali .. Muslim Syiah sering mengunjungi tempat ini untuk menziarahinya dan mengenang Pertempuran Asyura .. dalam laman Wikipedia disebutkan , nama kotabersejarah ini berasal dari akar etnis Assyria , Babilonia , atau Persia .. kota ini dulunya milik umat Kristiani diambil alih oleh Islam .. namun , menurut John L Esposito dalam Ensiklopedi Oxford: Dunia Islam Modern , kemungkinan nama Karbala dulunya berasal dari bahasa Aramaik , Karbela .. Esposito menambahkan , dalam literatur keagamaan Syiah , kata Karbala berasal dari dua suku kata , yakni Karb ( duka cita ) dan bala’ ( bencana ) , lalu digabungkan menjadi Karb wa bala yg berarti duka cita dan bencana ..

kemahsyuran Karbala di antara kaum Syiah dikarenakan Pertempuran Karbala pada 10 Oktober 680 .. bagi Muslim Syiah , Karbala menduduki posisi penting dalam kesalehan orang Syiah sejak tahun 63 H/682 M , ketika keluarga Husein memutuskan berziarah ke Masyhad sebelum menuju Madinah ..

pada 685 M , sewaktu Sulaiman bin Syurad – pemimpin terkemuka Syiah di Kufah – dan pengikutnya mengunjungi Masyhad Al-Husain , mulai saat itulah Karbala semakin ramai .. praktik kunjungan ini menjadi legitimasi atas peringatan Asyura .. mereka menyandarkannya pada tradisi atau keterangan Imam Muhammad al-Baqir dan Ja’far as-Shadiq .. karena itulah , Muslim Syiah bersedia menempuh perjalanan sulit untuk menempuh perjalanan sulit untuk menempuh perjalanan menuju Karbala ..

ketika praktik ziarah ke Masyhad Al-Husain ini telah berlangsung selama berabad-abad dan khawatir menjadi praktik merusak akidah umat Islam , pada 850-851 M Khalifah Al-Mutawakkil dari Dinasti Abbasiyah menghancurkan makam dan melarang kunjungan ke Karbala dengan ancaman hukuman yg berat .. sebab , Dinasti Abbasiyah yg Sunni resah dengan kekeramatan yg semakin meningkat terkait dengan keberadaan makam tersebut ..

Esposito menambahkan , selain masalah di atas , muncul pula tradisi mesianik ( kebangkitan ) mengenai Karbala sebagai batu tonggak revolusi eskatologis Imam Mahdi pada hari akhir .. makam asli dihancurkan pada 850 , namun dibangun kembali pada 979 M ..

selanjutnya pada 1086 , makam tersebut dibakar sebelum dibangun kembali beberapa waktu kemudian .. penghancuran besar – besaran terjadi pada 1216 H / 1801 M .. sejumlah makam yg dianggap keramat yg ada di Karbala dan Najaf diserang dan dihancurkan oleh Wahabi ..

setelah penyerangan itu , syekh asal Karbala mendirikan sebuah negara republik yg berakhir akibat kekuasaan Kesultanan Usmaniyah pada 1843 .. peristiwa ini menyebabkan banyak pelajar dan cendekiawan pindah ke Najaf , yg dijadikan pusat keagamaan Syiah ..

hubungan Karbala dengan tradisi agama kaum Syiah menimbulkan kecurigaan di pihak Pemerintah Irak kaum Sunni .. selama pemerintahan Sadda Hussein , perayaan keagamaan Syiah dilarang dan banyak kaum Syiah non-Irak yg tidak diizinkan mengunjungi Karbala ..

pada 1991 , Karbala rusak parah dan banyak orang tewas ketika sebuah pemberontakan oleh kaum Syiah setempat ditumpas oleh rezim Saddam .. ziarah pada 2004 adalah yg terbesardalam dasawarsa terakhir , dengan lebih dari satu juta orang mengikutinya ..

namun , serangan bom pada 21 Maret 2004 – dikenal dengan Pembunuhan Massal Asyura – menodai ziarah itu , walaupun pengamanan ketat diberlakukan di Karbala ..

berita tambahan buat memperjelas :

Hari Asyura Populer dengan Peristiwa Karbala dan Puasa Sunah

banyak orang memiliki sesuatu yg sangat spesial / khusus , baik soal pakaian , makanan , hari , maupun lainnya .. demikian juga umat Islam , mereka juga memiliki sesuatu yg istimewa .. walau tidak secara spesifik , selalu ada yg istimewa .. dalam hal bulan misalnya .. umat Islam yakin bahwa seluruh bulan adalah hari istimewa .. namun , yg spesial di antaranya adalah Dzulhijah ( karena musim haji dan Idul Adha ) , Ramadhan ( puasa ) , Syawal ( Idul Fitri ) , serta Muharam ( tahun baru ) .. dalam bulan – bulan itu juga ada yg spesial .. misalnya hari Jumat yg disebut dengan sayyidul ayyam ( penghulu dari segala hari ) .. sedangkan dalam bulan Muharam , selain tanggal satu sebagai pembuka bulan , juga pada tanggal 10 .. tanggal 10 Muharamsering diperingati dengan puasa sunah ( Asyura ) dan peringatan peristiwa Karbala saat terbunuhnya Husein bin Ali bin Abu Thalib yg juga cucu Rasulullah SAW ..

singkatnya… Al-Ghazali dala kitabnya Mukasyafah al-Quyub al-Muqarrib min ‘Allam al-Guyub ( Pembuka Hati yang Mendekatkan dari Alam Gaib ) menyebutkan , pada hari Asyura , Allah menciptakan arasy , langit , bumi , matahari , bulan , bintang-bintang , dan surga .. pada hari itu juga Allah pertama kali menurunkan hujan dan rahmat-Nya serta menjadikan Malaikat Jibril ..

selain itu sejarah Islam juga mencatat pada tanggal 10 Muharam ini juga terjadi sejumlah peristiwa yg berkaitan degnan para nabi yg diutus oleh Allah SWT .. pada hari Asyura ini , Nabi Adam diciptakan , diampunkan dosanya setelah bertahun – tahun memohon keampunan karena melanggar larangan Allah dan masuk surga .. Nabi Idris diangkat derajatnya oleh Allah dan Malaikat Izrail membawanya ke langit .. diselamatkannya Nabi Nuh AS dari banjir besar .. Nabi Ibrahin dilahirkan dan diselamatkan dari api .. Nabi Ya’qub disembuhkan dari kebutaannya .. Nabi Yusuf dibebaskan dari penjara .. Nabi Musa bersama pengikutnya diselamatkan dari kejaran Fir’aun dan tentaranya , hingga Allah menenggelamkan Fir’aun dan pasukannya di Laut Merah .. Allah menurunkan kitab Taurat kepada Nabi Musa .. Nabi Yunus dikeluarkan dari perut ikan paus .. Nabi Sulaiman diberi kerajaan yg besar .. sementara Nabi Isa dilahirkan dan diangkat ke langit di hari yg sama ..

di sejumlah negara , tanggal 1 dan 10 Muharam diperingati dengan cara dan tradisi yg berbeda-beda , baik di Iran , India , Indonesia , maupun negara lainnya ..

tanggapan saya : itulah berita hari Minggu , 12 Desember 2010 yg menurut saya cukup menarik untuk diperbincangkan hehe .. ada beberapa hal yg bisa saya tangkap pake dua tangan saya hidung saya satu ( lagu anak – anak berkibar nih hihi ) dari berita di atas ( ini sesi menelaah berita ya bung ?! haha ) , beberapanya adalah :

1 . Islam memiliki sejarah yg luar biasa menakjubkan .. di luar kasus di atas , di Indonesia pun memiliki sejarah perkembangan dan tradisi Islam yg cukup menarik buat bekal pengetahuan .. dari pada bawa bekal sego pecel kan mending sangu wawasan hehe

2. Islam memiliki tali persaudaraan yg sangat kuat dan kokoh .. terbukti dari satu juta kaum Muslim berkumpul dan berziarah bersama demi satu tujuan yg sama ..

3. Islam memiliki tradisi yg baik , unik , dan khas untuk merayakan dan menghormati hari – hari spesialnya .. di luar kasus di atas , di Indonesia pun sudah tumbuh dan berkembang tradisi yg sangat menggembirakan untuk dirayakan dan keberadaannya pun selalu ditunggu – tunggu dari tahun ke tahun , yaitu Lebaran dengan Ketupat Opor Ayam yg lezat.. yummy

4. Islam memiliki rasa kasih sayang dan cinta yg sangat besar kepada Rasulullah dan keluarganya ..

tanggapan lain : di dalam isi berita dipaparkan secara tersirat bahwa kaum Muslim Syiah dan kaum Muslim Sunni saling adu senjata satu sama lain , sangat disayangkan tradisi itu sampai sekarang pun masih tercium baunya .. menanggapi hal ini saya beragumen bahwa perlu ditekankan bahwa Islam itu identik dengan kata “damai” , hal ini terbukti dalam kisah perjalanan Nabi Muhammad dalam hidupnya .. kita ga boleh menjelek-jelekkan atau mencomooh seperti Syiah itu sesat Sunni yg benar atau pun Sunni itu sesat Syiah yg benar .. kita hidup di dunia bawa oleh – oleh yaitu hak kebebasan untuk meyakini dan memilih .. kita bebas memilih dan meyakini mana yg menurut kita itu yg paling baik dan benar .. nah pertanyaannya adalah dari mana kita tahu kalau itu yg paling baik dan paling benar ?? itulah yg perlu kita cari sendiri dengan ‘mengarungi samudera luas’ .. Indonesia negara bebas kok , bebas milih bebas ga milih hehe , jadi semua tergantung tangan kita masing – masing , mau menggenggam apa ga , kalu mau menggenggam apa yg digenggam .. ada 2 option yg muncul di sini :

1. mau jadi daun di atas air? yg cuma bisa mengikuti aliran air tanpa tau di mana tujuannya?

atau

2. mau jadi ikan di dalam air? yg bisa berenang dan menentukan sendiri kemana harus singgah?

silakan meninggalkan comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s