Sakit Hati = Kecetit

syuuuurrr…fiuuhh… penulis terjun bebas dari ketinggian satu kaki di atas permukaan tanah haha sebaiknya tidak tinggi – tinggi , kalo terjun bebas dari tempat yg tinggi bisa dipastikan tulisan ini tidak ada di halaman ini😀 kenapa satu kaki , tidak tiga atau lima kaki ? karna ada pepatah “safety is first” .. bayang pun kalo terjun dari ketinggian 5 kaki tapi kepala dulu , pembaca pasti tau kalo terjunnya pasti ke rumah sakit hehe nah kalo satu kaki walau kepala dulu , paling jauh cuma benjol sedikit di kepala , bukan begitu ? hehe

melirik judul di atas .. sebenarnya kenapa tulisan ini ada sebab hari ini penulis mengalami kecetit yg cukup parah T.T , dari rasa sakit di tubuh inilah muncul ide ini .. sakit hati = kecetit , hmm…hindari menanyakan “kok bisa?” setelah membaca setiap tulisan penulis ini , sebab isi tulisan ini sepenuhnya hak veto penulis haha yaa , sakit hati sama dengan kecetit .. sebelum membahas lebih jauh lagi , mari ditelaah dulu apa itu arti “kecetit” .. apakah kecetit itu ? kenapa kecetit sakit ? (kalo ga sakit namanya kecubit! ) penulis pun kurang tau apakah kecetit itu bahasa indonesia atau bahasa jawa atau malah kedua – duanya .. penulis juga belum pernah mencoba mencari kata “kecetit” di dalam kamus kecil ataupun kamus besar bahasa indonesia .. atau mungkin kecetit itu bahasa indonesianya adalah kecepit ? hmm , penulis merasa ada kecenderungan yg tidak pas di sini (bang, kl kecepit itu diapit sama dua benda yg memiliki arah tekanan berhadap-hadapan , maaf jika bahasa ini sulit dipahami hehe) atau mungkin kecetit adalah bahasa sansekerta yg diadopsi ke dalam bahasa indonesia dan bahasa jawa , yaa siapa yg tau bukan ? apakah pembaca tau ? kalo begitu silakan penulis dibimbing agar tau hehe .. termasuk dalam bahasa mana itu tidak menjadi sorotan tajam sebetulnya tapi sorotan tumpul hahaha😀

kenapa kecetit sakit ? sebenarnya ini mengandung makna ambigu sebab jawaban dari pertanyaan ini bersifat subjektif .. bagi orang yg tidak mati rasa tentu kecetit itu suatu yg menyakitkan , apalagi kecetit di leher atau bagian rahang .. pernahkah pembaca mengalami kecetit tipe ini ? sebaiknya jangan pernah sekali – sekali memiliki keinginan untuk mencoba merasakan , sebab sekali merasakan mungkin pembaca tak akan pernah merasakan kecetit – kecetit tipe lain .. sebab kecetit tipe ini sangatlah mematikan .. penulis pernah hampir merasakannya , kecetit bagian leher dan rahang , alhamdulillah kecetitnya berhenti di tengah jalan .. walaupun sudah sampai tengah jalan , rasanya sudah sangat sangat sangat…sungguh tak bisa diungkapkan dengan kata – kata .. namun , bagi orang yg mati rasa tentulah kecetit itu suatu yg sama sekali tidak sakit .. normalnya seorang penjual gorengan menggoreng pisang , tahu , dan tempe menggunakan spatula bukan menggunakan garputala maupun sekop (kl pake sekop wajannya segedhe apa, bang?!! haha) , beda kisah penulis pernah melihat berita yg memberitakan bahwa seorang penjual gorengan membolak – balikkan gorengan pisang , tahu , dan tempe nya dengan tangan kosong!!! sewajarnya manusia jika menaruh jempol tangan aja ke dalem minyak mendidih pastilah langsung kita tarik lagi sebelum tercelup soalnya takut keselomot panas minyak hehe , nah beda dengan ibu – ibu penjual gorengan ini .. ketika ditanya oleh seorang wartawan ,”ibu tidak merasakan panas tangan ibu dicelupkan ke dalam wajan?” ibu itu hanya menjawab sambil mesem, “sama sekali tidak, mas” sungguh luar biasa !! itulah kebesaran Allah , kun fayakun , jadilah maka terjadilah .. kata “kun fayakun” ini disebutkan dalam Al-Qur’an 5 kali , sama dengan jumlah sholat wajib dalam sehari .. subhanallah ..

bagaimana dengan sakit hati ? apa itu sakit hati ? kalo dokter bedah bilang sakit hati itu liver .. kalo psikolog bilang sakit hati itu gila .. kalo pembaca pasti bilang sakit hati itu galau sedih dan kecewa , benar bukan ?😀 tapi bagi sebagian orang sakit hati itu marah , dendam , iri , dan lain sebagainya .. lalu apa hubungannya dengan kecetit ? mari kita telusuri lebih dalam lagi sedalam lautan dan lebih tinggi lagi setinggi angkasa hehe

penulis membatasi masalah dengan hanya membahas dua tipe sakit hati yg terakhir ..

yg pertama adalah galau sedih dan kecewa .. memang sakit hati tipe ini sangat digemari oleh kaum muda tak cuma di indonesia saja , tapi di seluruh dunia hehe (penulis pun kurang mengerti kenapa hal ini sangat digemari , padahal penulis kegemarannya adalah menulis) bahkan yg sudah jadi kaum tua pun masih ada yg mengalaminya sebab penyakit ini menular dari kaum muda kepada kaum tua (maaf jika terkesan sotoy , ini hanyalah pandangan satu arah penulis) .. penulis tidak akan menjelaskan penyebab sakit hati yg membuat galau sedih dan kecewa ini , pembaca pasti sudah lebih tau dari penulis karna memiliki pengalaman lebih😀 bagi yg belum berpengalaman , bisa dicoba , dijamin rasanya tidak enak haha .. lalu apa hubungannya dengan kecetit ? kecetit itu salah satu jenis penyakit yg sembuhnya lama , bisa berbulan – bulan .. ada obatnya , bisa sekali berobat langsung sembuh , kalo mobil istilahnya “ketok magic” hehe .. obatnya adalah berkunjung ke Bang Udin di Jalan Magelang (untuk yg mengalami sakit kecetit di daerah Jogja dan sekitarnya :D) , yaa obatnya adalah berkunjung ke tukang pijat yg mahir dan handal menangani sakit kecetit , karna tidak semua tukang pijat bisa menyembuhkan kecetit , ada tukang pijat reflexiologi , pijat kebugaran , pijat kepala , dan pijat – pijat yg lain .. namun kasus di depan layar , walaupun sudah dateng ke tabib pijat pun banyak yg masih harus berpasrah diri menahan sakit dalam waktu yg cukup lama karna belum juga sembuh habis dipijat ..

kecetit ini penyakit yg cukup berbahaya .. kenapa ? jika sekali berobat langsung sembuh itu opsinya dua, tukang pijetnya yg memang benar – benar hebat atau kebetulan mijet pas daerah yg sensitif hihi , jika langsung sembuh maka inilah yg bagus dan tidak memiliki efek samping , namun jika kecetit ini tidak segera diobati dan dibiarkan begitu saja sampai akhirnya rasa sakit itu hilang dengan sendirinya , sebenarnya dia tidak benar – benar sembuh , sebab sejauh yg penulis tau penyebab redanya rasa sakit itu adalah karna otot – otot atau sendi – sendi di sekitar daerah yg kecetit udah PW hehe maksudnya udah merasa betah dan menyesuaikan diri dengan posisi saat dia kecetit .. istilahnya kalo orang kepanasan trus masuk ke dalam kulkas , dia udah PW dan ga mau keluar (alangkah baiknya jika pembaca sekalian kepanasan jangan masuk kulkas , kulkas itu bukan untuk manusia , tapi makanan dan minuman! haha ) .. dalam kondisi otot dan sendi yg sudah merasa betah itu , rasa sakit pun hilang , namun peristiwa ini malah justru menimbulkan efek negatif .. jika daerah yg sudah tak terasa sakit ini terkena benturan sedikit saja , sudah merasakan kecetit yg cukup sakit , padahal dalam keadaan normal dengan benturan sebesar itu hanya terkejut dan sakit ringan tak lama kemudian sembuh .. penulis menyarankan kepada pembaca , jika pembaca mengalami kecetit , segeralah pergi ke tukang pijat ahli kecetit ! ada pepatah “menunda berobat sama dengan mempercepat kematian”.. sebagai manusia kita harus berusaha , termasuk dateng ke tukang pijet🙂

tapi bagaimana kasusnya jika orangnya kebal ? muncul sebuah pertanyaan untuk menjawab pertanyaan ini , apakah kecetit itu pilih kasih cuma menyerang orang yg tidak kebal ? ingat “kun fayakun” , orang kebal itu hanyalah makhluk ciptaan-Nya yg sama dengan kita , jangan dibayangkan menjadi orang kebal itu punya hidup yg lebih enak karna tidak merasakan sakit .. menurut penulis , merasakan sakit itu artinya kita merasakan hidup , sebab rasa sakit itu memberi pelajaran pada makna hidup yg sesungguhnya .. kenapa bisa begitu ? apakah harus tidak bisa ?

sama halnya dengan galau sedih dan kecewa karna kasus asmara penuh rahasia hehe sekali – sekali lebay ga dilarang😀 yaapp , peristiwa memilukan kaum muda ini patut menjadi sorotan utama .. penyebab dari sakit hati ini pun hanya satu , didustai .. yaa , sebenarnya kita tak bisa menyalahkan yg mendustai kita , tapi juga harus berpikir jernih kenapa kita mencintai seorang pendusta (ini pandangan penulis , jika tak sejalan dengan pemikiran pembaca , pembaca boleh mengkritik , sebab kritik adalah tangga menuju menjadi lebih baik :D) .. galau sedih dan kecewa ini sekali muncul akan mudah muncul untuk kedua kalinya jika tidak segera diobati .. sekali didustai , didustai sedikit saja untuk kedua kali dan kesekian kali berikutnya akan mudah untuk merasa galau sedih dan kecewa lagi .. benarkah begitu ? benar sekali ! jika tidak percaya boleh dicoba ! asal jangan menyesal nantinya ! sama dengan kecetit , jika tak diobati , lama – lama pasti sembuh , tapi kena benturan sedikit udah langsung tolong – tolong .. begitu juga galau sedih dan kecewa ini , kalo tak diobati , lambat laun sembuh dengan sendirinya , tapi jika kemudian kena kejutan listrik kecil saja (disakiti sedikit aja yg belum tentu jadi masalah besar maksudnya hehe) sudah mengurung diri di kamar dan membanjiri kasur dengan air mata .. lalu bagaimana kita bisa tidur dengan nyaman kalo kasurnya basah ?

yg kedua adalah sakit hati yg berupa marah , iri , dendam , dan sebagainya (penulis singkat MIDS) .. marah merupakan penyakit hati yg cukup parah , disamping mengancam nyawa orang lain juga mengancam diri sendiri (ga kebalik nih, bang??! nyatanya demikian, broo!) .. ketika kita marah , muncullah rasa iri dan dendam , setelah iri dan dendam muncul , muncullah ambisi untuk memusnahkan objek dengan cara apa pun ! bisa dibayangkan , World War Three Is Coming Soon ! hehe .. yah kurang lebih begitulah analoginya😀 ada orang yg bentar – bentar marah .. mungkin bisa dikatakan wajar kalo marahnya ke sesama orang dewasa , bagaimana jadinya jika marahnya ke anak kecil yg masih imut – imut ?? anak – anak tak bisa diperlakukan kasar , sekali dikasari mereka akan membalas dan menjadi tidak patuh , anak – anak butuh kasih sayang , dari orang tua , guru , dan orang – orang di sekitarnya .. jika saat kecil dia diperlakukan dengan kasih sayang , besar kemungkinan di saat mereka tumbuh menjadi dewasa mereka pun menjadi insan – insan yg penuh dengan kasih sayang terhadap sesama .. bagaimana jadinya jika marah ke wanita ? wanita adalah makhluk yg penuh perasaan , hatinya begitu lembut , tak sepantasnya kita berlaku kasar terhadap mereka , apalagi menyakiti hatinya .. wanita adalah curahan kasih sayang dari hati pria , kasih sayang pria akan tercurahkan kepada wanita , begitu sebaliknya , kasih sayang wanita pun akan tercurahkan kepada pria .. dengan kasih sayang yg indah ini , pastilah tercipta hubungan yg harmonis dan nyaman .. jika pembaca tidak percaya , saya sangat menyarankan untuk dicoba , tapi cukup pilih satu pria atau wanita , jangan lebih apalagi banyak , World War Three Is Going To Happen Soon !! haha

yaaa , MIDS ini juga perlu diobati , jika tidak maka kita pun akan menjadi manusia yg pemarah pengiri dan pendendam (3P) .. 3P ini melahirkan pembunuh .. bisa dibayangkan jika pembunuh memenuhi bumi ini , maka pastilah manusia jadi pergi ke PLANET MARS😀 pada akhirnya muncul sebuah pertanyaan , apakah obat dari kedua jenis sakit hati ini ? jawabannya adalah SABAR dan IKHLAS🙂

penulis tidak akan menjelaskannya lebih detail , tapi jika pembaca bertanya “bagaimana caranya agar bisa sabar dan ikhlas?” , penulis hanya bisa menjawab :

menjadikan diri kita dekat dengan Sang Ilahi , maka hidup akan terasa indah =)

okee…sekian dulu tulisan dari saya..ga belebihan juga ga kekurangan..tapi pasti ada kelebihan kata dan kekurangan makna , saya harap pembaca bisa memaklumi .. jika tidak bisa memaklumi , saya sarankan agar pembaca menggunakan sendal sebagai alas kaki , bukan untuk melempari saya karna saya pasti bisa menghindar hehe😀

oiya , pembaca blog setia penulis (sepertinya susah ditemukan hehe) mungkin berpikir , kenapa di setiap postingan penulis selalu saja banyak bumbu – bumbu canda dan tawanya , bagi yg mengikuti perkembangan postingan penulis pasti tau , nah bagi yg tidak mengikuti silakan mengikuti agar tau haha alasannya adalah…

penuhi hidup dengan tawa sebelum ketawa itu dilarang , bisa dibayangkan bukan jika ketawa dilarang ? sungguh…sungguh…sungguh..mengerikan haha😀

silakan meninggalkan comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s