Seekor Burung Itu Sebuah Karya Seni

suatu hari sesampainya di rumah setelah kuliah , aku melihat adekku sedang bermain di jalan sepanjang komplek .. aku penasaran ada apa gerangan yg membuat dia begitu menghayatinya dan perlahan melangkah mendekatinya .. aku melihat kilauan cahaya muncul bagai kunang – kunang dari sesuatu seperti tali yg sedang dia genggam , aku pun semakin mendekat , aku melihat gulungan tapi berbeda dari gulungan benang tenun .. matanya fokus ke atas memandang ke arah langit , apa gerangan yg sedang dia pandang itu ? aku ikut menoleh ke atas dan aku melihat sesuatu , yaa itu mirip dengan seekor burung yg sedang terbang kesana kemari , menari – nari di atas angin .. sungguh indah .. ternyata itulah yg membuat dia begitu menikmatinya .. apakah sebuah benda yg sedang dia mainkan ? bagai burung yg mengudara ? heeyy , jangan bilang itu pesawat terbang yaa ! hahaha .. itu adalah “layang – layang” , yaa dia sedang bermain layang – layang , seekor burung yg merupakan sebuah karya seni dan buah tangan manusia ..

betapa indahnya perasaan seorang laki – laki yg sedang bermain layang – layang , betapa nyamannya mereka sampai – sampai teriak – teriak dan tertawa – tawa sendiri penuh kedamaian .. itulah yg aku rasakan ketika aku masih anak – anak dulu kala ketika aku bermain layang – layang .. waahh , tapi bukan sesi berbagi pengalaman masa kecil nih , jadi cerita tentangku waktu kecil ditunda dulu yaa haha .. nah , sebelum melanjutkan lebih jauh lagi , ayok kita simak sejarah layang – layang di bawah ini yg diambil dari beberapa sumber dan diringkas secukupnya

Sejarah Layang – Layang

setiap hal pasti ada sejarahnya , kaya pesawat , rumah , sepatu , sepeda , kereta api , dan lain sebagainya .. nahh , layang – layang atau biasa kita menyebutnya dengan “layangan” juga memiliki sejarah sendiri .. konon layang – layang sudah muncul di bumi sejak 2500 tahun Sebelum Masehi silam ( wow udah lama yaa , baru tau hehe ) di Cina .. di salah satu pulau di Sulawesi Tenggara , Pulau Muna , ditemukan sebuah lukisan gua yg memberi kesan orang bermain layang – layang menunjukkan tradisi menerbangkan layang – layang udah lama muncul di Nusantara .. menurut sejarah ni yaa , layang – layang di Nusantara zaman dulu itu masih primitif karna terbuat dari daun – daunan ( waah, daun bisa juga ya dibuat layangan haha kerenn ) , tapi ga tau tuh layang – layang daun gimana terbangnya hehe .. dulu , bukan cuma penduduk desa aja yg main layang – layang , tapi militer pun menggunakannya untuk kepentingan tertentu .. kalo sekarang kan jarang ada orang kota main layang – layang , repot kan di kota main layangan , bisa nyangkut – nyangkut di kabel listrik dan ga jadi terbang di udara tapi terbang di kabel listrik haha .. pada masa pemerintahan Dinasti Han ( 200SM – 200M ), para militer Cina itu memanfaatkan layang – layang dengan menempelkan potongan batang bambu di badan layang – layang sehingga ketika terbang bisa mengeluarkan bunyi siulan yg cukup buat membuat musuh panik dan lontang lanting kabur .. nah , pada akhirnya layang – layang pun menyebar ke kawasan Asia lain , hingga ke Selandia Baru ..

itulah sejarah singkat awal mula “permainan anak – anak” ini muncul .. gimana sama bentuk layang – layang ? pasti doonk bentuk layang – layang ga sama dari zaman dulu sama sekarang , layang – layang pun banyak mengalami perkembangan .. zaaman dulu banget , bukan zaman batu lho yaa , layang – layang masih pake daun , gimana bentuk layang – layang yg pake daun itu ? nah , itulah yg aku ga tau hehe .. pada dasarnya layang – layang dikelompokkan jadi 5 jenis .. yg paling tua nih , layang – layang itu bentuknya jajaran genjang bukan jajaran pasar lhoo ( itu kan jajanan pasar haha ) , dan butuh ekor panjang sekitar 7 kali diagonal biar terbangnya maksimal .. makin kencang angin harus makin panjang pula ekornya , wow begitu indahnya bisa liat ada “ikan pari” terbang hahaha .. orang asal Amerika , William A. Eddy , membuat layang – layang melengkung yg kemudian hasil karyanya ini dipatenkan tahun 1891 .. lengkung pada layang-layang sengaja dibuat untuk menciptakan sudut terhadap arah angin , jadii layang-layang dapat terbang stabil tanpa bantuan ekor , namanya ikan pari ga berekor nih haha .. ga lama setelah bang Eddy menemukan layang – layang melengkung , layang – layang kotak tiga dimensi pun muncul .. siapakah penciptanya? Lawrence Hargrave dari Australia tahun 1893 .. tapi butuh angin topan biar layang – layang itu bisa terbang tinggi ( waduh , kalo angin topan bukan cuma layangannya yg terbang donk , orangnya ikut maburr !! haha ) maksudnya perlu angin yg cukup kuat gitu .. Francis M. Rogallo dari AS tahun 1941 gantian menciptakan layang – layang delta , mirip nama pasukan anti terror Indonesia , Delta 88 ( yg bener Densus 88 kalii haha ) .. layang – layang ini unik , tanpa angin pun bisa mengudara haha maksunya cuma pake angin sepoi – sepoi aja udah bisa mabur .. mantep dah pokoknya layang – layang jenis ini , bagi yg ga sabaran karna ga bisa2 nerbangin layangan zaman sekarang , bisa deh beli layang – layang ini tapi kalo ada yg jual lhoo hehehe .. nenek moyang alat terbang layang ini bentuknya berupa dua permukaan segitiga yang bertemu di satu sisi dengan membentuk sudut .. pada garis pertemuan ini dipasang sirip vertikal di sebelah bawahnya .. di sirip ini juga langsung kesambung sama benang .. sedangkan layang-layang flexible ditemukan oleh Domina C. Jalbert dari AS tahun 1963 .. jenis ini memang tanpa rangka, sehingga orang yg memainkannya pun harus tanpa rangka ( hehe ngeri amat , lebay turn on ) , tiap bagian disambung dengan dijahit atau dilem sampai bentuk bisa melayang .. salah satunya bisa pake kain sejenis parasut .. jadi layang – layang ini bisa dipake buat terjun payung juga haha ..

nah itulah perkembangan layang – layang .. bagi yg baru tau sekarang pasti biasa – biasa aja perasaannya ( nih pasti pura – pura , dalem hati pasti bilang “waahh , woooww , heebaatt” haha ) .. para pembaca pasti taukan yg namany petir ? kalo ga tau besok bisa kok dicoba berdiri di atap rumah waktu mendung , nanti pasti tau petir itu gimana rasanya haha .. nah petir itu sama dengan listrik , punya aliran elektron jadi wajar kalo kita main layang – layang waktu mendung di tengah sawah yg kesamber petir itu layang – layangnya , kita pun ikut kesamber juga ( kata orang lho yaa , belum pernah coba sih hehe ) .. ternyata ada seorang yg memberitahu kita kalau petir itu bermuatan listrik , hebatnya lagi dia pake layang – layang buat membuktikan itu .. dialah ilmuan AS Benjamin Franklin yg memanfaatkan layang – layang untuk membuktikan teorinya bahwa petir itu bermuatan listrik .. hebaatt yaa dia , untung ga kesamber , kalo kesamber ga jadi ada bukti donk hehehe ..

kalo orang sekarang denger layang – layang pasti yg terpikir dibenaknya cuma kata “cuma sebuah hiburan” , yaa memang itulah guna layang – layang saat ini .. menghibur dan menyenangkan anak – anak .. beda sama layang – layang zaman bahula , banyak banget manfaatnya lhoo .. contohnya nih , Orville dan Wilbur Wright menggunakan layang – layang buat nguji teori mereka tentang pemelintiran sayap , sebelum akhirnya sayapnya benar2 terpelintir sampe meletus di atas angin ( just joking hehe ) maksudnya berhasil menemukan pesawat terbang pertama tahun 1903 .. Alexander Graham Bell juga pernah merancang layang – layang untuk dikembangkan jadi pesawat penumpang .. tahun 1847 , layang – layang membantu merentang kawat melintasi sungai Niagara antara AS dan Kanada , untuk membangun jembatan gantung pertama .. tahun 1800 hingga awal 1900-an , meteorolog memanfaatkan layang-layang kotak yang dilengkapi alat pengukur cuaca .. khusus pada militer , selama “Perang Dunia II” (1939-1945) secoki penyelamat dilengkapi layang-layang berantena radio untuk mengitim pesan SOS .. waadduhh ternyata layang – layang yg sekarang ini cuma buat hiburan semata jadi sesuatu yg sangat bermanfaat di zaman dulu , luar biasa .. ternyata ada penjahat di balik selimut , gara – gara mereka fungsi layang – layang jadi meredup , siapakah penjahat itu ? mereka adalah balon dan pesawat terbang ditambah berbagai macam alat – alat elektronik kaya game – game komputer , HP , TV dll !! mereka yg udah mengucilkan layang – layang jadi terkesan ga ada guna lain selain buat hiburan .. nah untuk itu mari kita satukan suara buat mendukung layang – layang di pilpres tahun depan !! hahaha ..

eeiiittzzz , bentar .. tunggu dulu .. ternyata layang – layang masih memiliki manfaat yg luar biasa .. apakah itu ? coba kita imajinasikan , kita bermain layang – layang , sangat menyenangkan dan asik sekali , tanpa disadari kita saat itu memandang langit luas nan indahnya tak tertandingi , yaa kita merasakan keagungan ALLAH SWT saat itu , dengan melihat langit yg begitu indah dan luas tanpa disadari kita sedang bertadabbur alam dan menyaksikan betapa agungnya ALLAH SWT yg dengan kekuasaannya telah menciptakan langit yg terbentang luas berwarna kebiru – biruan yg indahnya tiada duanya , sama saat kita memandang rembulan yg bulat sempurna dengan kilauan sinarnya yg indah mengubah malam yg gelap gulita jadi bercahaya .. Subhanallah .. itulah salah satu fungsi layang – layang yg abadi dan masih melekat saat ini .. cuma kayaknya nihh mungkin sedikit orang yg sadar akan hal itu .. bermain layang – layang itu mengasyikkan tapi lebih asik lagi menyaksikan keindahan alam semesta

zaman milenium ini banyak sekali layang – layang hadir dengan berbagai macam bentuk dan warna .. ada yg 3D yg dibentuk menyerupai penulis hehe ( jangan bilang saya narsis! cuma numpang pose haha ) menyerupai tokoh – tokoh kartun seperti winni the pooh , spongebob , upin ipin , ada juga yg dibentuk jadi wujud buaya , harimau , naga , atau pun kelelawar dan ada juga yg persis becak , uniknya ada yg bentuknya mirip sama kuda , gajah , jerapah , kudanil , badak , atau pun rusa hehe ini angan – angan makhluk darat buat bisa terbang hahaha  .. bagi pecinta layang – layang bisa gabung dan ambil bagian dengan membawa layang – layang kesayangannya ke festival layang – layang nasional maupun internasional yg saat ini masih terlestarikan di beberapa daerah di Indonesia .. bukan cuma anak – anak yg main layang – layang di festival itu , mulai dari anak – anak sampe yg udah simbah – simbah pun banyak yg hadir demi memeriahkan festival layang – layang ini ..

seni hadir dalam berbagai ragam bentuk dan karya .. ada lukisan , tarian , musik , seni bercocok tanam , seni bercerita , dan masih banyak lagi .. naahh , menurut pendapat penulis , layang – layang itu sebuah karya seni .. bentuknya udah menggambarkan seni tersendiri , belum ditambah ornamen – ornamen lain kaya sirip dan ekor yg beranekamacam motif dan bentuk juga merupakan seni .. layang – layang ada seni lukisnya juga lhoo , jangan ngeremehin nih !! haha .. gambar – gambar indah di muka layang – layang itulah salah satu bentuk seni lukisnya .. ga sampe di sini aja , pembaca pasti tau kan sekarang ini layang – layang itu udah dibuat dengan berbagai macam bentuk , ada bentuk burung phoenix , bola , kotak , balon udara , sampe bentuk kapal pun ada dan semuanya bisa terbang tinggi di udara .. itu juga udah jadi seni , belum ditambah berbagai macam gambar dengan adonan warna yg berwarna warni , corak serta motif yg ada di layang – layang itu yg membuat mereka indah buat dipandang megah dan gagah , itu juga salah satu seni lukisnya .. seni musik pun tertanam dalam layang – layang .. kalo udah sampe di pantai atau laut di Cilacap apalagi waktu musim – musimnya main layangan , penulis pasti ngliat beranekaragam layangan terbang tinggi di udara memenuhi pemandangan langit , betapa indahnya layang – layang itu , luar biasa pokoknyaa hehe  .. uniknya , banyak juga yg ngasih suara di layang – layang mereka , suaranya pun macem – macem yg kluar .. umumnya potongan bambulah yg mereka , penikmat layang – layang , pake buat menciptakan bunyi – bunyian dengan lantunan suara merdu meramaikan suasana petang hari nan adem sejuk .. kalo diperhatiin , orang yg baru main layangan itu mirip sama orang yg baru macul bukan ? bedanya kalo orang main layangan maculnya ke atas , kebalik sama orang yg macul tanah .. hehe , iyaa ga ? kan pas main layangan itu ada narik ada ngulur benangnya , nah pas narik itu ibarat kita lagi macul kalo pas ngulur itu ibarat kita habis macul dan ambil posisi macul buat kedua kalinya .. menurut penulis sih gitu haha .. dari situlah ternyata layang – layang mengandung unsur seni tarinya juga .. jadi ada 3 unsur seni yg layang – layang punya , yaitu seni lukis seni musik dan seni tari .. fantastik sekalii kan ?? nah makanya bagi yg belum pernah ngrasain main layang – layang , coba deh sekali dua kali apa seratus kali ga ada yg nglarang kok buat “ngundo layangan” hehehe ..

bagi yg penasaran dengan betapa indahnya keanekaragaman bentuk dan motif layang – layang , bisa berkunjung ke Museum Layang – Layang Indonesia .. ada sekitar 350 layang – layang koleksi dari sejumlah negara di dunia , termasuk layang-layang khas daerah Indonesia .. beragam layang – layang dalam aneka ragam dan bentuk disusun dengan rapi di museum yang terletak di Jalan H Kamang No 38 , Pondok Labu , Jakarta ini .. penasaran kan gimana isi museumnya ? ayoo ajak keluarga menikmati liburan berkunjung ke sana !!

nah , sebagai penutup tulisanku kali ini , di bawah ini ada beberapa opini dengan daya imajinasi bertingkat – tingkat tentang layang – layang menurut penulis :

1. main layang – layang itu harus sabar , kalo ga bukan layangannya yg terbang tapi orang sekitar bisa kakak atau adek atau malah tetangga sebelah yg terbang tinggi ke udara akibat pelampiasan kemarahan

2. main layang – layang itu harus punya tangan kekar , kalo ga bukan cuma layangannya yg mabur tapi kamu pun bisa ikut mabur kalo pas main layang – layang tiba – tiba ada angin topan menerjang

3. kalo pengen punya model rambut spike coba deh main layang – layang waktu mendung , dijamin habis kesamber petir rambut kamu bakal langsung ganti model spike

4. bagi yg sulit udah berjam – jam coba main layangan tapi ga terbang juga layangannya , bisa dicoba main layangan di atas mobil waktu perjalanan mudik pulang kampung , garansi deh pasti layangannya langsung terbang entah kemana

5. kalo pengen nyeberang laut gratis , kaya dari Jawa ke Bali tanpa naik kapal , coba deh beli benang 100 gulung terus main layang – layang di tepi timur Pulau Jawa sampe layangannya mendarat di pulau bali , terus coba deh nyeberangi laut jalan di atas benang layangan kamu , dijamin gratis 100% dan ga sampe tujuan

hahaha Just For Fun

LAYANG – LAYANG

Kuambil buluh sebatang
Kupotong sama panjang
Kuraut dan kutimbang dengan benang
Kujadikan layang-layang

Bermain berlari
Bermain layang-layang
Berlari kubawa ke tanah lapang
Hatiku riang dan senang

sedikit foto – foto tentang layang – layang : silakan buka foto keindahan layang – layang

2 responses to “Seekor Burung Itu Sebuah Karya Seni

  1. hahaha. layangan metal bro. jadi inget waktu kecil maen layangan besar banget bentuknya pesawat benangnya aja dari kenur, karena ga kuat sampek ikut melayang. untung aja masih ada omku yang siap ngasih pendaratan darurat. dukung layangan menjadi warisan anak-anak!

  2. kalo ngomongin layangan, wah waktu bisa habis saking asiknya. thanks udah memberi komen bro. setuju aku, cuma ahli warisnya udah jarang yg minat tp harus disyukuri anak2 desa masih gemar main layangan😀

silakan meninggalkan comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s