Mengenal Keindahan Kota Kebumen

apakah anda pernah atau bahkan sering mendengar sebuah kata dalam bahasa Jawa “kebo” atau bahkan tragisnya sama sekali belum pernah mendengar sebuah kata dalam bahasa Inggris “man” yg jika kedua kata yg berlainan bahasa itu dirakit akan membuahkan sebuah kata lagi “keboman” yg kemudian kata majemuk itu diwariskan dengan pengucapan berubah vokal menjadi “Kebumen” yg merupakan sebuah nama dari salah satu Kabupaten di Jawa Tengah ?? Yaa , tapi bukan itu tinta tuanya , Kebumen , bukan berfilosofi dari manusia kerbau tapi sebuah kota yg masih terasa kesejukan alamnya , masih alami dengan pepohonan rindang memenuhi , rumah – rumah indah sederhana yg mewarnai dan mengidentifikasikan ciri khas kotanya , dan masih sedikitnya ‘gedung – gedung hitam’ sehingga kota ini masih bersih dari polusi udara .. alam yg sejuk , udara yg segar , dan pemandangan yg indah bisa anda dapatkan di kota ini .. bak manusia yg mengalami perubahan dari bayi menjadi tua ( sungguh ironis perumpamaan ini haha ) , begitu pun Kebumen .. Kebumen mengalami satu kali evolusi , tanya kenapa ? jika anda penasaran , silakan bertanya di perpustakaan buku – buku bersejarah .. ada sejarah yg mengatakan bahwa awalnya Kebumen bernama Panjer yg berdiri pada 26 Juni 1677  yg kemudian berganti nama menjadi Kebumen , versi lain bercerita bahwa Kebumen berasal dari nama seorang pangeran , Bumidirjo , yg diambil kata bumi nya kemudian ditambah awalan ke- dan akhiran -an .. itulah beberapa referensi sejarah yg saya baca .. semua yg ada di bumi pasti memiliki sejarah ( kata siapa ?! kata si penulis hehe ) , kalau ga percaya silakan memuntahkan kepenasaran anda ke orang lain , jangan ke saya , karena saya pun akan menggaruk kepala untuk menjawabnya ..

Kebumen adalah sebuah kota kecil yg luasnya hampir sama dengan DIY kalo diliat di peta dengan skala 1:100jt .. kota ini diapit oleh kabupaten – kabupaten lain di Jawa Tengah seperti Kab. Wonosobo , Kab. Purworejo , Kab. Banyumas , Kab. Banjarnegara , dan Kab. Cilacap .. “beriman” adalah sebuah slogan khusus untuk kota Kebumen .. jika diartikan oleh mata dengan pandangan sempit maka akan terbentuk sebuah kalimat yg mengartikan slogan tadi , kebumen dihuni oleh orang – orang yg taat pada agama dalam tanda kutip beriman , padalah itu hanya persepsi sempit seseorang yg kurang peduli dengan makna sebuah semboyan atau slogan .. kata “beriman” di sini memiliki arti emas yg luar biasa indah dan menyentuh .. “beriman” merupakan singkatan dari Bersih , Indah , Manfaat , Aman , Nyaman .. tidakkah itu memiliki makna dan filosofi yg dalam ? kata beriman yg ditempel di sebelah kata Kebumen adalah sebagai identitas sebuah kota yg identik dengan bahasa ngapak – ngapak .. semoga slogan itu bisa bertahan dan menjadi ideologi rakyat Kebumen untuk melestarikannya ..

ga beda dengan daerah – daerah lain yg memiliki banyak keindahan dan tempat – tempat wisata yg bisa dinikmati dan bisa dijadikan tujuan berekreasi dengan keluarga , Kebumen pun demikian .. namun , jangan heran jika tempat – tempat wisata di sana identik dengan air dan tak lepas dengan air sebab memang itulah yg menjadi ciri khas alam bumi Kebumen .. mau tau apa aja tempat wisata yg bisa dikunjungi di sana ?? yg pasti tak kalah seru dengan kota yg menjadi tempat lahir akan adanya “LEAK” di sebelah timur pulau Jawa .. soo , bukan soguud atau soun apa lagi soto dan somay bahkan sobyung dengan sotoy ditambah soleram bercampur sogun , melainkan so, check it out !!

baca selengkapnya klik di sini

2 responses to “Mengenal Keindahan Kota Kebumen

silakan meninggalkan comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s