Air Mata

ini kali pertama aku akan mengungkapkan bahasan ini menggunakan bahasa yg tidak baik – baik , seadanya , keras , dan membuat hati panas . jadi , harap memaklumkan situasi apa pun yg ada di bawah paragraf ini . terimakasih ..

air mata bukan mata air karena mereka memang berbeda dalam segi arti maupun kaidah .. jadi jangan samakan keduanya dengan mata – mata !! memang ini ga ada hubungannya . jadi , jangan dihiraukan !! setiap orang pasti pernah mengeluarkan air mata sebab mereka memiliki hati .. apakah kamu ingat kapan pertama kali kamu meneteskan berliter – liter air mata? bukan ketika kamu anak – anak , bukan waktu kamu dewasa , bukan juga pas kamu tua , tapi bukan juga saat kamu baru keluar dari kandungan , kok bisa? coba kamu perhatikan lagi! kalo kamu peka dan memperhatikan dengan mata telanjang bukan mata tertutup karung goni , ketika bayi baru saja lahir atau keluar dari kandungan mereka benar pasti menangis , karena para dokter berkata kalo ga nangis mereka ga normal , yg menyedihkan baru saja lahir tapi ketawa malah dicubit tanpa belas kasian biar nangis , betapa naifnya orang yg mencubit bayi yg sedang berbahagia saat singgah di dunia nyatanya , tapi apakah mereka para bayi itu meneteskan air mata? jawabannya tidak! coba kamu cermati lagi , apa mereka mengeluarkan air mata ketika mereka baru pertama kali turun di dunia dalam keadaan menangis? sekali lagi aku jawab ga! kamu ga percaya? memang aku orang yg tidak mengharapkan agar kamu mempercayaiku , aku juga ga punya hak untuk memaksa kamu , juga ga punya kekuatan hukum untuk memenjarakan kamu kalo ga mempercayaiku , jadi percaya ga percaya ada di tangan kamu sendiri .. kalo kamu percaya aku akan menyalahkan kamu !! kenapa? sebab kamu percaya tanpa membuktikannya dan tanpa bukti .. tapi kalo kamu ga percaya aku juga akan menyalahkan kamu !! kenapa lagi? karena kamu ga mau membuktikan dan egois dengan opinimu itu !! lalu jawaban dari pertanyaan “kapan kita kali pertama meneteskan air mata?” apa? dari wawasan dan pengetahuan yg aku punya , yg pasti umur satu tahun kurang kita udah bisa mengeluarkan air mata dengan normal .. lanjut ke bawah !

jika kita mau mengingat – ingat lagi , dalam satu bulan berapa kali kah kita meneteskan air mata ?? berapa kali kah kita menangis karena suatu kesedihan atau pun kebahagiaan ?? apakah dalam satu bulan kita pernah meneteskan air mata atau menangis satu kali saja ?? aku meragukan jika ‘YA’ adalah jawabanmu !! sangat sedikit orang yg bisa dikatakan tergolong orang yg pernah mengeluarkan air mata sedikitnya satu kali saja dalam satu bulan .. banyak orang yg dalam satu bulan tidak meneteskan air mata atau menangis satu kali saja .. mau bukti? mengacalah pada dirimu sendiri! itu bukti dan jawabannya !! kita lebih banyak bercanda dan bertawa ria dari pada bersedih dan menangis .. ya ! itu sebuah hal yg wajar dan aku ga menyalahkan itu !! para pakar kesehatan yg pernah saya dengar mereka pernah mengatakan ‘berbahagia lebih membuat tubuh terhindar dari berbagai penyakit dari pada bersedih’ .. lalu apakah kita akan selamanya berbahagia? tanpa mau merasakan kesedihan apa lagi menghindarinya? betapa tidak beradapnya kita sebagai makhluk ciptaanNya !! bicara tentang kesedihan , kesedihan adalah sifat normal manusia , juga bisa berbentuk simpati kita terhadap lingkungan dan kondisi sekitar kita .. hal apa saja yg membuatmu sedih ?? aku rasa banyak jawaban untuk itu .. apa kamu akan merasa sedih saat diputus pacar bahkan dikhianati? pasti ‘IYA’ adalah jawabanmu sebab saya pun demikian , tapi apakah kamu akan selalu berselimut dalam kesedihan yg menurut saya ga ada gunanya itu? apakah kamu kemudian memunculkan statement bahwa ga ada cow/cew lagi di dunia ini yg bener2 setia dan akan selamanya menyayangimu? sungguh berantakan hidupmu itu !! sudah selayaknya kita bangkit dari keterpurukan dan berjalan mencari cahaya yg terang , bukan hidup di balik kegelapan dan selalu berselimut di bawah kesedihan dan ego yg tinggi !! lalu apa akar dari hal ini? apakah kamu pernah ingat , apakah pernah muncul di kepalamu bahwa Islam melarang PACARAN? saya rasa kamu tak pernah mau menerima pernyataan ini bahkan kamu menghindarinya , saya pun demikian tapi saya banyak belajar dari kata2 itu !!  trend , gaul , modern adalah perkara awal dari hali ini .. turun ke bawah !

mungkin ini beberapa hal yg mungkin akan membuat kamu sedih .. pernahkah kamu merasa kamu punya banyak teman baik , tapi makin lama kamu merasa temanmu itu berkurang dan pada akhirnya kamu merasa kesepian seperti tak memiliki apa2 ? bagaimana perasaan kamu ketika melihat seorang peminta – minta atau pengemis di perempatan atau di pinggiran jalan ? bagaimana lagi kalo mereka anak – anak yg masih balita yg seharusnya mereka bersekolah dan menuntut ilmu ? sudah sepatutnya kita menjadi seorang hamba yg selalu bersyukur .. pernahkah kamu gagal dalam suatu kejuaraan penting tingkat dunia padahal sekolah bahkan negara sudah mengandalkanmu ? pernahkah kamu melihat adek – adekmu menangis ? bagaimana perasaan kamu melihat mereka yg masih kecil yg seharusnya menurutku mereka merasakan kebahagiaan tapi mereka justru sedih dan menangis ? pernahkah kamu merasa bersalah ketika kamu memukul atau keras ke adek kamu kemudian mereka menangis ? pernahkah kamu melihat betapa sabarnya guru – guru di sekolah ketika mengajarmu , padahal kamu selalu cuek dan tidak memperhatikan tapi beliau – beliau berusaha menegur dengan lembut dan bersabar dengan kelakuanmu ? bagaimana perasaan kamu melihat saudara – saudaramu mengalami bencana alam dan mereka kehilangan tempat tinggal mereka ? pernahkah kamu mengharapkan dengan sangat pada suatu hari bisa berkumpul bersama2 ayah ibu adek kakak bermusyawarah atau bermain bersama tapi hari itu mereka sibuk ? pernahkah kita berharap ingin sekali pergi bermain bersama teman2 tapi mereka selalu sibuk ? pernahkah kita merasa rugi dengan apa yg telah kita lakukan , “kenapa ya aku dulu ga ikut itu , kenapa ya aku dulu kaya gitu , kenapa ya aku dulu ga berpikir lebih luas?” ? pernahkah kamu gagal dalam ujian ? gagal dalam seleksi masuk perguruan tinggi ? tapi orang tua hanya berkata, “gapapa, udah ga usah sedih, kamu udah berusaha semampu kamu, ibu atau bapak juga udah selalu mendoakan kamu, mungkin memang belum aja, dicoba jalur lain dulu sapa tau kamu lebih cocok disana.” mereka mengatakan itu sambil tersenyum , bagaimana perasaanmu ? melihat orang tuamu yg tiap malam hari bangun untuk mendoakanmu padahal siangnya mereka selalu bekerja keras ? pernahkah kamu merasa betapa keras dan beratnya usaha orang tua membesarkanmu ? ya , sama seperti ketika kamu melihat orang tuamu mendidik adek2mu .. bagaimana perasaan kamu ketika kamu sadar betapa parahnya dunia saat ini ? melihat pembantaian2 , perang dimana2 , penjajahan rakyat sipil yg tak berdosa ? lalu apa yg kamu rasakan melihat dirimu saat ini seperti ini ? itulah beberapa hal yg mungkin membuat kita sedih , masih banyak lagi hal – hal lain bahkan bisa membuat kita menangis dan meneteskan air mata .. lalu dengan semua kenyataan itu apakah kita pantas untuk selalu bersenang – senang , selalu bermain – main , foya – foya tanpa alasan yg masuk akal bahkan menurutku tak ada alasan yg masuk akal untuk selalu berbuat seperti itu ? ini cuma sekadar opini yg belum tentu benar , tiap orang memiliki alasan sendiri2 mengapa mereka berpendapat seperti itu dan kenapa mereka bertindak demikian .. ganti bawah bung !

air mata tidak hanya muncul dan mengalir deras ketika kita merasa sedih .. saat kita kecewa , tertekan , emosi , marah tanpa disadari air mata akan muncul begitu saja ! contoh simpelnya aja , kamu dimarahi orang tua karena suatu hal yg sepele , kamu merasa apa yg kamu lakukan itu benar tapi kenapa kamu masih aja dimarahi dan disalah2kan ?? timbul rasa emosi , tertekan dan marah dalam diri kita yg terpendam dan ga bisa kita keluarkan dan tak lama kemudian kita akan menangis dan meneteskan air mata .. aku yakin banyak diantara kita yg pernah mengalaminya .. ada peristiwa yg menurutku sangat ga masuk akal bahkan terkesan sangat berlebihan .. ketika ada seorang meneteskan air mata ketika mereka menonton film tertentu , apa ga aneh cuma gara – gara film mereka sampe nangis ?? memang unik sifat manusia itu , macem – macem aja ulahnya .. apakah kamu termasuk yg kaya gitu? selamat kamu termasuk seseorang yg cengeng !! oiya , bicara soal cengeng atau ciwek atau jawanya gembeng atau maudlin inggrisnya , apa pendapatmu tentang itu? apa kamu cengeng? ataukah kamu ga pernah nangis? jawablah sendiri! karena aku ga berurusan dengan hal itu!

air mata dapat juga keluar karena kita terlalu berbahagia , kita sedang bersyukur atas apa yg ALLAH SWT berikan ke kita .. contoh kecilnya , kamu diterima di perguruan tinggi dan jurusan yg kamu inginkan , tim kamu menang dalam suatu kejuaraan sepak bola misalnya , atau tim sepak bola yg kamu jagokan menjadi juara dunia , orang tua memberikanmu hadiah suatu benda yg selama ini kamu inginkan tapi ga kesampean .. tapi ada kejadian yg bisa membuat kita terharu , ketika tim yg kita jagokan kalah , kadang aku liat ga sedikit dari mereka yg nangis , yah jujur aku juga sedikit sedih kalo tim yg aku jagokan kalah , tapi kalo aku bohong aku juga sampe nangis .. itulah fenomena kehidupan !

air mata . air mata selalu berhubungan dengan hati . hatilah yg membuat kita mengeluarkan air mata .. maka sudah sepatutnya kita bersyukur karena kita masih memiliki hati .. bagaimana kalo hati kita diambil sama tukang daging , dicincang2 , terus dimasak ? bukan urusanku , jadi jawablah sendiri !! beda kalo kita kelilipan , kadang mata kita akan mengeluarkan air mata , itu karena sistem mata kita meresponnya dan bekerja demikian .. gimana kalo saat mata kita kelilipan tapi sistem mata kita ga merespon kejadian itu? bagaimana lagi kalo mata kita kelilipan pedang bukan debu lagi? itulah pertanyaan2 yg sekiranya ga perlu dijawab ! hati adalah inti dari diri seseorang .. banyak orang yg ga mampu lagi meneteskan air mata , mencoba tapi tetap ga bisa karena pintu hati mereka tertutup rapat .. seseorang yg ga punya hati dia mati .. adakah orang yg ga punya hati? pasti dan tentu ada .. kita coba lihat , apakah orang jahat punya hati? kalo aku yg jawab ga! begitu pula dengan orang yg licik dan senang dengan kesengsaraan yg lain .. seorang insan yg tak punya hati akan lupa berbuat baik , lupa pada Siapa Yang Menciptakan , lupa bersyukur , dan yg lebih parah akan selalu berbuat keburukan dalam hidupnya .. hati yg akan mengolah perasaan kita , saat kita senang , bahagia , duka , sedih , kecewa , marah , emosi , simpatik , dan lain sebagainya .. sekali lagi air mata bukan mata air , bukan juga mata – mata apalagi mata ikan .. harap jangan meluapkan kemarahanmu ketika membaca artikel yg terus terang aku juga tidak suka jika ditulis dalam bahasa yg kurang lembut bahkan membabi buta menimbulkan emosimu semakin membara ini !! terimakasih…

7 responses to “Air Mata

  1. met aku blm moco tulisanmu tapi aku lagi ngerti nek kowe duwe blog
    ayo kita bertukar link dab, mari ngeblog supaya tidak goblog😀

  2. mas mamet😀 tulisannya panjang sekali😀
    ini tiba2 kok tulisan mas mamet mengingatkan pada sesuatu jadi saya membuka2 kembali catatan saya..

    Nabi saw bersabda..
    ada tujuh golongan yang akan diberi naungan oleh Allah pada hari di mana tidak ada naungan kecuali naungan-Nya.
    1. Pemimpin yang adil
    2. Anak muda yang tumbuh dewasa yang tekun beribadah kepada Allah
    3. Orang yang hatinya terkait dengan masjid
    4. Dua orang yang saling mencintai, yang keduanya berkumpul dan berpisah karena Allah
    5. Laki2 yang diajak bebuat serong oleh seorang perempuan yang mempunyai kedudukan dan kecantikan, lalu laki-laki itu menjawab, “Sungguh aku taku kepada Allah.”
    6. Orang yang bersedekah dengan merahasiakan sedekahnya sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.
    7. Orang yang berdzikir kepada Allah pada saat sunyi lalu kedua matanya mencucurkan air mata.

    hehehe, semoga bermanfaat, maaf kalau ada salah.. oya selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan ya😀

  3. halo halo halo😀
    wah met, kata-katamu ki sangar ..
    tapi dowo gek rengket2 spasine ..
    marake mumet macane ..
    hahaha😀

silakan meninggalkan comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s