Konsentrasi

for the beginning , lets read the illustration below but i don’t permit you to comment anything about whatever it is :

first , kita pergi makan malam bersama seorang teman , sahabat , atau kekasih di sebuah restoran bintang 5 yg fasilitas dan pelayanannya luar biasa extraordinary dengan meja bulat yg di tengahnya diberi sebuah batang lilin merah yg menyala terang memberi kesan yg tak terlupakan indahnya dan kursi istimewa bagai kursi seorang raja .. kemudian kita diberi buku menu yg kita bebas untuk memilih makanan dan minuman apa yg akan kita santap .. cepat saji , itulah keunggulan restoran ini , sajian makan malam pun datang , makanan dan minuman yg lezat makeagrill.gif image by rahmat_cruzt hadir di depan mata untuk dinikmati dan disantap untuk mengisi kekosongan perut yg memang dari awal sudah berencana untuk tidak makan dulu .. di atas meja makan sudah tertata rapi menu yg kita pesan , di sana ada pisau , garpu , baskom untuk cuci , piring berisi daging lezat , tisu , dan gelas berisi minuman yg tak kalah lezatnya dengan makanan yg kita pesan .. bukan main pelayanan di gedung megah bintang 5 itu foorballsign.gif image by rahmat_cruzt .. alangkah baiknya masa depan kita kalau kita ga terlena sama fasilitas yg ada , ini kali pertama kita makan di tempat semewah ini , pikiran kita bisa tiap saat kacau karena luar biasanya restoran cepat saji ini .. trus apa yg bakal terjadi kalau kita terlena , kagum , dan kehilangan kesadaran? inilah beberapa kemungkinannya : kita mulai makan dengan tangan kanan memegang pisau , sangat tidak terduga kita langsung menelan pisau itu masuk ke tenggorokan , nancep deh pisau di tenggorokan sicklove.gif image by rahmat_cruzt , karena panik kita minta tolong ke teman di depan kita dengan bahasa isyarat yg beruntungnya saat itu kita ga bisa pake bahasa isyarat dalam keadaan darurat , tangan kiri kita langsung mengambil garpu yg ada di atas piring dan tanpa disadari kita malah menusukkan garpu itu ke perut teman kita yg kebetulan saat itu teman kita jg dalam keadaan terlena dia lagi minum tapi bukan minum minuman yg dia pesan sebelumnya tapi dia minum air di baskom tempat cuci tangan ..  kita semakin panik , udah bunuh diri sekarang bunuh temen sendiri .. ga sengaja tiba – tiba tangan kita menyenggol lilin yg ada di atas meja makan kita , buumm tisu terbakar , bukan sampai di sini , api menjalar ke meja makan sebelah , buumm sepasang kekasih di meja sebelah ikut terbakar capitulate.gif image by rahmat_cruzt , naas parah dan menyedihkan yg awalnya bahagia bisa merasakan indahnya makan di restoran bintang 5 tapi berakhir dalam keadaan yg sangat memprihatinkan .. tak lama kemudian sepuluh bahkan seratus mobil pemadam kebakaran datang untuk memadamkan kobaran api yg sudah melahap habis restoran bintang 5 itu yg disebabkan oleh satu orang yg kehilangan kesadaran , terlena , dan tidak berkonsentrasi .. bayangkan satu orang bisa menghancurkan sebuah gedung yg tidak terhitung berapa koper uang yg dibutuhkan untuk membangunnya money.gif image by rahmat_cruzt .. itulah yg kira – kira bisa terjadi kalau kita ga konsentrasi dalam menghadapi suatu hal baru .. haha , memang kedengerannya ga mungkin , maklum ini cuma contoh yg sengaja dibuat gini , jadi jangan marah dan membakar layar LCD laptop atau komputer di depan anda ya tongueout.gif image by rahmat_cruzt!!

second, saat kita berkendara di jalan raya .. ini lebih parah dari yg di atas , kalau kita naik sepeda atau naik dokar ga masalah , tapi gimana kalau kita naik andong ?? ( andong sama dokar itu sejenis ! sama2 ditarik banteng ! eh , kuda maksudnya haha bounceball.gif image by rahmat_cruzt ) .. bayangkan ketika kita lagi nyupir mobil pergi ke kampus , waktu kita di dalam mobil pikiran kita udah ada di kampus “nanti di kampus nyamperin si Bunga Kampus ah , trus ngajak makan siang berdua di kantin , tapi gimana kalo ada si Gembrot ? gue bisa gepeng dilindas dia , dia kan mantan si Bunga Kampus” padahal di depan udah lampu merah , kita tetep aja mikir yg ga2 .. trus apa yg terjadi ? mari kita baca buku si Pitung ( hubungannya apa si Pitung sama si Gembrot ?! haha ) bukan ban yg tiba – tiba meledak di tengah perempatan , bukan mobil yg tiba – tiba terbang kaya kupu – kupu , bukan juga tiba – tiba di tengah perempatan ada perang sampit !! hehe tongue.png image by rahmat_cruzt .. tapi kita tertabrak mobil dari arah berlawanan yg kebetulan saat itu lampu hijau , ada trek pembawa bom atom ( kebetulan ada teroris di sana haha ) lewat dari arah lain , karena takut trek itu membanting setirnya dan karena ga tau di dekat sana ada pom bensin tak disangka dan tak usah dibayangkan bahkan tak perlu dipikirkan trek itu kemudian menabrak sesuatu , bukan pom bensin yg ditabrak tapi penjaga SPBU yg dia tabrak crazydrive.gif image by rahmat_cruzt , trek itu pun langsung ngerem mendadak , bom atom yg ada di jok trek terlempar ke gedung DPR yg kebetulan ada di dekat sana .. BOOM DOOAARR !!! bom atom itu meledakkan gedung DPR dan sekitarnya , tak lama kemudian muncul di koran yg memberitakan bahwa sebuah negara hilang akibat ledakan sebuah bom atom karena kecelakaan yg bermula dari ketidakkonsentrasian seorang mahasiswa yg sedang berangkat ke kampus .. itulah kisah kasih di jalan raya bukan kisah kasih di sekolah , menarik , sungguh menarik untuk tidak diperdebatkan haha teeth.png image by rahmat_cruzt ..

third, inilah yg sering terjadi di kalangan pelajar ketika di dalam kelas .. ketika guru baru menerangkan pelajaran di dalam kelas kita malah ngalamun .. bukan ngalamunin gadis di depannya tapi apa ?? tanya aja sendiri , saya juga ga tau dia ngalamunin apa haha .. tiba – tiba guru yg bersuara keras , kenapa keras ?? sebab beliau pake megaphone ketika mengajar “Pampam angryno.gif image by rahmat_cruzt!! (nama murid itu) karena dari tadi kamu kliatan tidak memperhatikan , sekarang coba jelaskan siapa itu Rutherford ??” , pampam hanya terdiam malu dan merasa sangat bersalah , wajahnya yg dalam keadaan biasa kliatan kasian sekarang tambah kasian lagi ( hehe , cuma perumpamaan dan sekedar seni bicara aja ) .. dia langsung disuruh keluar , masih beruntung dia ga disuruh berdiri di depan kelas berdiri satu kaki diangkat , kedua tangan jewer kuping sendiri , betapa sangat melasnya dia crying.gif image by rahmat_cruzt, udah gendud suruh olah raga di depan kelas diliat temen – temen sekelas ? mau ditaruh ke ketiak mukanya ? ( bukan ditaruh di ketiak tapi ditaruh ke ketek !! ) sama aja bos !! haha .. dia pulang ke rumah dan menyesali perbuatannya bahwa dia tidak berkontrasi saat pelajaran berlangsung , apakah yg terjadi di rumahnya ?? semua keluarganya mengungsi karena rumah banjir gara – gara si Pampam nangis ga berhenti bahkan membabi buta !!

saya punya satu pengalaman unik dan menarik bukan pengalaman pribadi karena banyak orang mengalami .. apakah itu ?? itu adalah ketika saya kelas 3 SMA , saya ikut les di neutron sabirin kota baru bukan kota lama ( saatnya iklan gratis lewat hehe ) , saat itu sedang pelajaran Bahasa Indonesia yg dilatih oleh guru yg sangat hebat dan luar biasa ( maafkan saya yg suka berlebay – lebay ini haha ) , siapakah beliau ?? karena si penulis tidak mau dan merahasiakan namanya , maka saya sebut saja Pak D grandpa.gif image by rahmat_cruzt ( bukan inisial juga bukan Pakde saya !! ) .. kenapa saya anggap beliau hebat karena beliau bisa meramal dan melihat masa depan seperti Om Dedi Korbuser yg bisa meramal dengan tepat siapa pemenang piala dunia tahun ini dan berapa pula skornya , sungguh luar biasa orang yg selalu berjubah dan berambut hitam ini ( untung kulitnya ga item pula , kalo item namanya bukan dedi korbuser tapi dedi korbongan !! hehe bercanda lhoo Om !! ) .. bukan ini yg ingin saya bicarakan , bukan tentang peramal , tapi tentang konsentrasi .. Pak D ini punya daya konsentrasi yg luar biasa di mata saya bukan di mata kaki saya hehe .. bagaimana bisa ?? keunikannya terletak ketika beliau sedang mengajar .. beliau sering menulis kata – kata yg berbeda dengan apa yg diucapkan , hebatnya dalam waktu bersamaan lhoo !! makanya kalo mau bukti langsung aja naik Ojek ke Neutron cari yg namanya Pak D dijamin nyuap mbak2nya yg jaga 1 Milyar pun ga bakal ketemu !! ( masalahnya Pakde saya ga ngajar di neutron hehe wink.png image by rahmat_cruzt ) .. contohnya gini , beliau berkata, “kamu anak pandai” tapi beliau menuliskan “kamu anak yang tidak bodoh” di papan tulis dalam waktu yg bersamaan .. inilah keunikan beliau , jujur baru kali pertama saya bertemu dengan guru yg unik , cerdas , dan cemerlang seperti beliau .. inilah kekuatan konsentrasi , kalo kita ga punya konsentrasi yg kuat kita ga bisa melakukan hal yg sama seperti apa yg sering dilakukan Pak D .. bagai hujan di musim kemarau , Pak D juga berkarakter komedian .. beliau bisa mengubah kondisi yg mencekam karena saking seriusnya belajar menjadi sejuk dan penuh tawa , jurus – jurus lelucon beliau yg khas membuat para siswa tertawa terbahak – bahak sampai jenggotnya rontok tak kuasa menahan letusan suara tawa yg keluar biglaugh.gif image by rahmat_cruzt ( untung jenggot kalo rambut botak donk ! haha ) .. yap , inilah salah satu pengalaman unik yg pernah saya tulis di buku sejarah perjalanan hidup saya ..

membaca beberapa ilustrasi di atas kita bisa melahirkan pengetahuan bahwa konsentrasi itu penting dan dibutuhkan dalam kondisi dan keadaan dimana pun kita berada .. di kantor , di sekolah , di jalan raya , di rumah , di kamar , di angkot , bahkan di atap rumah sekalipun ketika lagi mbenerin genteng haha awe.gif image by rahmat_cruzt .. ketika kita sedang belajar , menyelesaikan tugas kuliah , mengajar , bermain , berdiskusi , bahkan ketika kita sedang makan pun kita butuh konsentrasi .. konsentrasi sama halnya dengan fokus .. kalo kita lagi sholat pasti kita harus memfokuskan pikiran kita agar ga pergi kemana – mana ( emang punya kaki ?! hehe bepolite.gif image by rahmat_cruzt ) , harus berkonsentrasi biar sholat dan ibadah yg kita lakukan diterima ALLAH dan ga sia – sia , lebihnya lagi ALLAH SWT mengabulkan doa kita amin amin amin .. fokus ke satu hal itulah cara kerja konsentrasi .. konsentrasi juga merupakan kunci kesuksesan dan keberhasilan seseorang .. kesuksesan ga dateng gitu aja kaya duit jatuh dari langit , butuh kerja keras dan salah satu syaratnya adalah konsentrasi .. konsentrasi itu tumbuh kaya pohon duren ( ngarang aja loe ! duren kan buah favorit gue tuh ! hehe embarrassed.gif image by rahmat_cruzt) seperti pepatah yg saya buat sendiri hehe “pisau akan lancip dan selalu lancip kalau diasah dan selalu diasah” seperti konsentrasi kita , kita bisa punya daya konsentrasi yg kuat kalo kita mau selalu berusaha untuk berkonsentrasi dan mengasahnya .. sama halnya pohon yg akan layu dan mati kalo ga pernah di siram , konsentrasi pun demikian , kalo kita ga pernah membiarkan diri kita untuk berkonsentrasi lama kelamaan daya konsentrasi kita pun akan berkurang dan tragisnya hilang ( kalo ini saya yg berlebihan jadi jangan percaya ya hehe hammerpunch.gif image by rahmat_cruzt ) .. ga ada orang yg ga bisa berkonsentrasi , kalo kita mau menabung sedikit demi sedikit pasti lama – lama menjadi bukit .. ini ada beberapa cara untuk meningkatkan daya konsentrasi yg dipetik dari berbagai sumber :

1. Fokus


Konsentrasi berarti kita dapat memfokuskan pikiran kepada satu hal. Konsentrasi mencakup konsentrasi dalam tulisan dan menyelesaikan masalah. Apapun aktivitas kita, criteria yang paling penting adalah untuk fokus, konsentrasi dan atentif kepada aktifitas yang sedang berlangsung. Konsentrasi akan menjadi tidak berarti apabila kita diganggu oleh beberapa hal lain pada saat yang bersamaan. Untuk dapat berkonsentrasi, kita harus berhenti mencoba melakukan beberapa hal pada saat yang sama. Apabila Anda menulis suatu artikel, jangan memikirkan apa yang akan atasan Anda katakan kemudian. Apabila kita dapat fokus, kita akan bisa mendapatkan intensitas luar biasa yang akan membuat kita menyelesaikan tugas – tugas dengan lebih cepat.


2. Belajar Mengontrol Pikiran


Batu sandungan yang utama terhadap konsentrasi adalah gangguan yang tidak diinginkan yang muncul dalam pikiran kita. Gangguan ini akan menghalangi usaha kita untuk mencapai konsentrasi penuh. Solusi satu – satunya adalah belajar untuk mengontrol dan menenangkan pikiran kita. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kita tidak memiliki pilihan untuk menerima ato menolak pikiran; jangan sampai kita merasa menjadi korban dari pikiran kita sendiri. Hal kedua adalah kita harus mengawasi pikiran kita secara sadar dan mencegah diri kita agar tidak terpengaruh gangguan apapun yang dapat mempengaruhi konsentrasi kita. Pada saat kita memulai suatu project, sangatlah mudah untuk bermimpi dan kehilangan fokus. Yang kita butuhkan adalah ketekunan untuk berkonsentrasi tanpa pikiran yang mengganggu. Apabila kita memiliki keinginan itu, konsentrasi akan menjadi lebih mudah.


3. Praktek


Konsentrasi adalah merupakan suatu aktivitas. Tentu saja, semakin kita praktekkan dan latih, akan semakin baik pula kemampuan konsentrasi kita. Kita tentunya tidak mengharapkan untuk bisa menjadi hebat tanpa pelatihan. Sama juga halnya dengan konsentrasi. Konsentrasi adalah seperti otot tubuh, semakin kita melatihnya, maka akan semakin kuat pula jadinya. Memang tidak ada latihan khusus yang spesifik untuk konsentrasi, namun hidup memberikan begitu banyak kesempatan bagi kita untuk melatih konsentrasi. Kuncinya adalah untuk selalu mengambil kesempatan untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi.


4. Meditasi


Meditasi, nyata dapat meningkatkan kekuatan konsentrasi. Sebenarnya pada saat kita mencoba untuk meditasi, hal penting yang harus pertama kita kuasai adalah konsentrasi. Meditasi setiap hari dapat memberikan kita kesempatan untuk melatih teknik konsentrasi. Hal ini dapat dilakukan dengan mengkonsentrasikan pikiran kepada satu lilin atau hanya mengkonsentrasikan pernafasan. Latihan ini sangat sederhana, namun efektif.


5. Perubahan adalah Sama Baiknya Seperti Mendapatkan Istirahat


Konsentrasi terhadap satu hal untuk waktu yang lama sangatlah sulit. Apabila kita konsentrasi kepada satu tugas untuk satu jam, kita kemudian dapat melanjutkan hal lainnya. Perubahan aktivitas ini membuat kita mampu untuk menggunakan sifat – sifat lain. Oleh sebab itulah kita dapat mempertahankan kekuatan konsentrasi tanpa merasa lelah terhadap suatu aktvitas.


6. Perhatikan Kondisi Fisik


Kekuatan konsentrasi bergantung kepada kondisi fisik kita. Apabila kita merasa lelah atau kurang sehat, konsentrasi akan menjadi lebih sulit. Konsentrasi tentu saja masih dapat dilakukan, hanya saja akan menjadi lebih sulit. namun kita harus mencoba membuat hidup lebih mudah untuk diri kita sendiri; kita harus memberikan prioritas kepada kesehatan kita – cukup tidur, jaga tubuh agar tetap fit. Olahraga membantu kita untuk meningkatkan konsentrasi. Mengurangi berat badan, menjernihkan pikiran dan menciptakan dinamisme juga akan sangat membantu. Apabila Anda merasa sulit untuk berkonsentrasi, kami menyediakan solusinya; tubuh yang sehat dan olahraga dijamin akan membantu meningkatkan kekuatan konsentrasi.

silakan meninggalkan comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s