Geschichte des Fußballs

setiap hal di dunia ini pasti memiliki sejarah .. kenapa bumi kita bulat , kenapa ada matahari , kenapa matahari panas ( inilah pertanyaan yg kurang wajar haha ) , kenapa bumi memiliki berbagai macam musim , kenapa pesawat bisa terbang , kenapa ayam berkokok di pagi hari ( setiap orang tau itu , pastilah takdir jawabannya !! ) dan kenapa dan mengapa manusia khususnya pria mayoritas ( minoritas adalah punya kelainan ! hehe ngawor bounceball.gif image by rahmat_cruzt! ) memiliki jenggot itu semua ada jawabannya di buku sejarah kesayangan nenek moyang ( maaf ga nyambung lagi ) maksudnya buku sejarah kita .. begitu pula dalam dunia olah rasa ( mau bertapa ya bung ?! ) eh maksudnya olah raga , setiap bidang olah raga memiliki sejarah mereka pribadi .. ada banyak sekali cabang olah raga , dan semua itu ga mungkin saya ceritakan satu persatu di sini karena jari saya akan terkikis habis termakan keyboard untuk menuliskan kisah berbagai macam olah raga yg memerlukan seribu tenaga kuda untuk menyelesaikannya dan akhir kata jika saya tetap nekad buat nulis kisah itu alhasil bukan cuma rambut kepala rontok tapi rambut ketiak juga ikut rontok gara – gara kebanyakan mikir hahaha biglaugh.gif image by rahmat_cruzt .. yah , seperti catatan – catatan saya sebelumnya , ini cuma pembukaan aja belum masuk ke inti , jadi harap sabar meluangkan waktu untuk menunggu kisah yg sesungguhnya yaa !! ( terdengar seperti novel biografi ga ya ? hehe ) inilah kisahnya yg diambil dari berbagai sumber dan dengan perubahan gaya bahasa semaunya haha shade.png image by rahmat_cruzt ..

dunia persepakbolaan sudah ada sejak jaman bahula .. jika ada pakar yg bilang kalo sudah ada sejak jaman purba mungkin benar jika kita menangkapnya dengan logika yg sangat luar biasa , coba saja bayangkan , teknologi apa yg sudah ada pada jaman purba sehingga bisa membuat bola ? mungkin benar jika manusia purba menggunakan batu sebagai bola tendang ( pantas aja orang purba kakinya gedhe2 !! bolanya aja batu kakinya memar sampe segedhe gunung !! haha ) .. dari informasi yg saya dapat dari berbagai sumber yg ada , sepak bola sudah dilakukan sejak puluhan abad sebelum masehi ( SM ) .. pada jaman kekaisaran China , tepatnya 7000 tahun yg lalu atau sekitar 5000 tahun SM , rakyat China sudah menciptakan sesuatu olah raga baru dengan menggunakan benda bulat dari kulit binatang berisi rambut  yg biasa kita sebut dengan ‘bola’ dan mereka menamai olah raga itu dengan “Tsu Chu” yang memiliki arti ‘menendang bola’ .. permainan ini sangat unik , berbeda dengan peraturan sepak bola modern yg dikomersialkan oleh Inggris .. satu tim terdiri dari 6 orang , masing – masing tim membawa rudal dan alat – alat perang ( mau perang apa mau main bola ?! crazyeyes.gif image by rahmat_cruzt ) , 2 tim yg berlawanan melambangkan yin dan yang , angka 12 dari jumlah kedua pemain melambangkan jumlah bulan dalam satu tahun pada tanggalan China , bola melambangkan bulan yg sakral , aturannya bola ga boleh dipegang dan harus ditendang , siapa yg punya kaki dewa ( karena permainan ini tergolong masih sulit dan ga semua pemain bisa ) dia harus memasukkan bola ke dalam jaring berdiameter 40 cm setinggi 10,5 m yg ditancapkan di tengah lapangan yg dikelilingi tembok , mirip lapangan voli jaman sekarang .. tim yg menang adalah mereka yg bejo hehe , maksudnya yg paling banyak memasukkan bola ke jaring bukan ke tempat sampah lho haha .. awalnya permainan ini digunakan untuk melatih fisik para prajurit kerajaan , namun lama kelamaan permainan ini menjadi populer di kalangan rakyat .. Tsu Chu menjadi sangat terkenal pada masa Kekaisaran Dinasti Han sekitar 206 SM – 200 M .. lain cerita lain pula kisahnya , pada tahun 3000 SM Jepang sudah mulai mengenal permainan bola yg disebut “Kemari” , permainan ini berasal dari penyebaran penduduk China ke Jepang .. mereka memperkenalkan Tsu Chu pada rakyat Jepang kemudian Jepang mengadopsinya dengan nama yg lebih indah di dengar di telinga kita hehe applause.gif image by rahmat_cruzt .. permainan ini terdiri dari 2 sampai 12 orang dengan gawang berupa sandal yg ditata sejajar ( kalo ini sejarah sepak bola di Indonesia , kita kan kreatif bikin gawang pake sandal haha ) bukan itu maksudnya , tapi gawang permainan kemari ini berupa pohon yg berdiri sejajar ..

di lain alam ( dunia jin ada sepak bola jg ya ? hihi ) tepatnya di Yunani , Football Game sudah ada sejak jutaan tahun yg lalu dan dimainkan oleh makhluk – makhluk purba seperti Dinosaurus dan Manusia Purba ( maaf kalo ngaco dikit hehe ) , yg benar di negara ini sepak bola udah ada sekitar 800 tahun SM yg dinamai oleh mereka ‘Episkyros dan Harpastron’ .. jaman dahulu adalah dunia peperangan , pada tahun 146 Romawi mebombardir Yunani ( maksudnya menyerbu bukan ngebom pake bom atom apalagi kacang atom !! haha tongue.png image by rahmat_cruzt ) dan mengadopsi permainan harpastron .. kaisar Romawi Julius Caesar adalah orang yg sangat gemar dan cinta dengan permainan harpastron ini .. dia menggunakannya untuk melatih para prajuritnya .. harpastron terkenal kejam sadis brutal dan bengis , kenapa ?? kita lihat faktanya , tidak ada batasan jumlah pemain dalam bermain harpastron , pernah ‘game’ ini dimainkan oleh 100 orang , coba bayangkan , 11 orang aja kaki udah pada patah , kepala bocor , gimana kalo 100 orang ?? mungkin bukan kaki yg patah lagi tapi tulang rahang rontok ( ga punya jenggot donk ? haha ) , kepala bukan bocor lagi tapi terbang dengan indahnya dengan rambut sebagai pengganti sayap ( wow !! ) .. akhirnya permainan ini dilarang di seluruh tanah air Romawi .. seiring perang yg berkelanjutan , akhirnya permainan bola pertama kali sampai ke negara putri cantik Elizabeth , Inggris , pada sekitar abad 8 .. tidak beda tidak berbeda dan bisa dikatakan sama seperti Romawi , bahkan sepak bola Inggris ini adalah permainan lebih kejam dang sangat sadis , ratusan orang mati dalam permainan sepak bola ini ( ngomong2 ini olah raga apa perang antar suku kok banyak bener yg tewas ?! ) .. Raja Edward II menyebut sepak bola ini dengan “permainan setan yg dibenci Tuhan” , ngerinya lagi , beda dari pada yg lain , sepak bola ini tidak lagi menggunakan bola yg terbuat dari kulit binatang , batu , atau tanah liat tapi tengkorak manusia sicklove.gif image by rahmat_cruzt .. sungguh mengerikan kehidupan manusia Inggris jaman bahula hehe .. akhirnya permainan ini pun dilarang pada April 1314 sampai pemerintahan Ratu Elizabeth II (1533 – 1608 ) .. di daerah lain dekat mesir , India , sepak bola lebih mirip dengan perang antar suku , kenapa ? silakan tanya pada rumput yang bergoyang ( by Ebiet G. Ade  hehe ) karena sepak bola ini dimainkan dengan jumlah tim yg tidak lagi sedikit , tiap tim terdiri dari 500 orang , lalu apa yg terjadi ? sejarah mengatakan banyak korban berjatuhan bahkan banyak pula yg mengalami cidera hingga berbulan – bulan .. naas ?? bukan naas lagi tapi keren abis !! kalo gitu ga perlu jauh – jauh ke Sulawesi buat nonton perang antar suku , tapi bisa liat di TV siaran langsungnya dari India haha ..

sepak bola mulai modern setelah lahirnya seorang yg membukukan serentetan aturan permainan bola pada tahun 1580 , Giovani Bardi .. dia orang italia dan menamai permainan bola itu dengan “Calcio” good.gif image by rahmat_cruzt .. satu tahun berikutnya , Richard Mulcaster di Inggris juga melakukan hal yg sama .. baru sekitar 200 tahun kemudian , Joseph Strutt , menyempurnakan aturan sepak bola itu dengan gaya bahasanya yg indah dan menurut sejarah itu sebuah kekeliruan dia menuliskannya di bukunya yg berjudul “The Sports and Pastimes of The People England” .. dalam buku ini ia membuat aturan bahwa sepak bola harus terdiri dari dua tim dengan jumlah pemain sama .. kedua tim harus berebut bola untuk memasukkannya ke gawang sendiri ( masa bunuh diri ?? apa ga bahaya kalo nanti pulang ditembak mafia ?! ) ke gawang lawan maksudnya haha yang terpisah oleh jarak 700 – 900 meter ( kalo merasa kepanjangan jaraknya angka nol di belakang angka 7 sama 9 diilangin 1 aja ! hehe ) .. judul buku itu dinilai salah dan harus direnovasi bak gedung yg mau runtuh harus dibangun ulang bahwa olah raga sepak bola ini berasal bukan dari Inggris tapi dari China dengan permainannya yg bernama ‘Tsu Chu’ .. menurut artikel yg saya baca , Strutt dinilai membelokkan sejarah ke kiri bukan ke kanan ( kan pepatah bilang kanan lebih baik dari kiri , kalo pusing di jalan langsung pilih belok kanan aja dijamin kesasar !! kalo pusing tanya orang donk !! haha wink.png image by rahmat_cruzt) .. beruntungnya , konsep Strutt ini dijadikan nenek moyang sepak bola modern yg kemudian melahirkan Football Association ( FA ) di Inggris tanggal 26 Oktober 1863 oleh 11 klub di sana yg anggotanya terdiri dari para mahasiswa .. awalnya asosiasi mengatur jumlah pemain dalam satu tim adalah 15 – 21 orang , baru pada tahun 1870 dibukukan satu tim terdiri dari 11 orang .. lucunya , penjaga gawang baru ada setelah tahun 1880 .. jadi bisa dibayangkan betapa menawannya sepak bola ini , dengan luas lapangan yg begitu lebar dan jumlah pemain yg banyak tapi alangkah uniknya tanpa ‘Kiper’ .. mengingat gol yg diciptakan Spanyol ketika melawan Chili kemarin , David Villa menendang bola dari jarak yg sangat jauh dari gawang yg ketika itu kiper Chili over dosis ( kaya addict obat aja ) sampe maju ke tengah lapangan dan tendangannya masuk ke gawang dengan tingkat akurasi yg luar biasa , lalu bagaimana kalo permainan ini dari awal tanpa seorang kiper ? hal yg mungkin terjadi adalah terciptanya rekor dunia baru dengan tema gol tercepat yg pernah ada , kenapa ?? yaa , ga usah repot2 nyari jawaban di perpustakaan kota , kalo Kick Off langsung ‘shot’ aja pasti gol kan ?? hahaha .. skornya pun ga pelit , bisa sampe 150 – 150 , fantasticos sekalios !! haha ( kok jadi ngarang cerita gini loe ?! lanjutin tuh sejarah sepak bola gimana !! ) maaf – maaf hehe hammerpunch.gif image by rahmat_cruzt ..

dari Organisasi FA inilah lahir istilah ‘Soccer’ dari singkatan kata association .. Charles Wreford Brown , mahasiswa Universitas Oxford , menemukan tak sengaja istilah ini ketika ditanya orang apakah ia seorang pemain rugbi ( rugger ) , olahraga yang lebih terkenal di sana .. Brown menjawab , “No , I’am soccer.” .. tahun 1863 merupakan tonggak sejarah sepak bola modern .. selain udah dibukukannya aturan dengan wasit , luas lapangan , dan batasan jumlah pemain , sepak bola juga hanya menggunakan bola yg tidak terbuat dari kulit pohon atau kulit bumi tapi terbuat dari kulit binatang yg diisi udara haha .. Liga Inggris pun resmi bergulir pada tanggal 8 September 1888 .. singkat cerita pada tahun 1904 FIFA didirikan dengan anggota Prancis , Belgia , Denmark , Belanda , Spanyol , Swiss , dan Swedia .. FIFA World Cup pertama kali hadir di bumi di tahun 1930 dengan Uruguay sebagai tuan rumah sekaligus peraih pialanya dan di tahun 1956 Piala Champions digelar pertama kali di Perancis .. bukan cuma kaum adam yg mengadakan perhelatan dunia tapi kaum hawa pun ikut andil dalam kejuaraan pertama sepak bola perempuan tahun 1999 ( wah baru tau kalo ini , kapan Indonesia ikutan ya ? masa adam ga kepancing yg hawa jg ga kejaring ?? ) ..

bukan main jika kita bermain sejarah , ga ada habisnya , kalo saya menceritakan semuanya lebih detail pastinya tidak akan terjadi apa – apa , mengapa ?? karena saya akan sangat berterus terang tidak sanggup melakukannya sendiri , saya butuh support dan bantuan semua warga Indonesia untuk membentuk negara yg makmur , sejahtera , dan beradap ( maklum obsesi presiden nyantol di kepala ni hehe faint.gif image by rahmat_cruzt ) .. kita wajib bersyukur atas karunia yg telah Allah SWT berikan untuk kita dengan tidak menjadikan bola berbentuk kotak gepeng seperti kue dadar ataupun lancip seperti duri , karena apa ?? mari kita aktifkan kemampuan otak kita untuk pergi ke dunia khayalan , cukup sebentar aja , kalo terlalu lama masuk ke dunia khayal kita akan menjadi manusia khayal jg ( kata sapa ?! ngawor aja !! angry.png image by rahmat_cruzt ) .. gimana kalo bola kotak atau lancip ?? tiap saat ganti bola , hujan kartu pun terjadi sebab bukan pemain tandang maupun pemain kandang yg mendapat kartu tapi bola yg tidak berdosa ikut dikartu sebab lagi bola itu melukai pemain – pemain yg menendangnya , kaki para pemain sepak bola hancur karena menendang daerah berbahaya dari sisi bola yg lancip , sungguh naas nasib bola itu , 2 kartu kuning 1 kartu merah dan harus diganti dengan bola lain dan lebih mewah ( maklum pantun ala semrawut hehe ) alhasil lebih kejamnya lagi , semua pemain mengalami cidera parah karena perlawanan dari Sang Bola , pelatih mencari pemain baru , rakyat dalam satu negara habis , rumah sakit penuh dengan orang cidera yg penyebabnya sangat wajar ( yg ga wajar kalo ga nendang tapi kakinya bengkak sendiri ! ) , karena kehabisan stok manusia pelatih ikut bermain dan mengajak dokter dan perawat di rumah sakit , lebih dalamnya lagi rakyat menderita di dalam rumah sakit dan meninggal massal karena kehilangan dokter dan perawat , pelatih pun ikut mendiami lahan rumahnya sebagai tempat peristirahatan terakhir , lalu apa yg dilakukan presiden ?? karena takut memimpin negara penuh hantu gentayangan , dia ikut bermain bola bersama parlemen dan kabinet yg lain , terciptalah negara baru “Negara Hantu dengan Sejarah Tak Wajar” .. itulah yg terjadi jika kita masuk ke dalam dunia khayalan , tak ada tekanan tak ada beban yg ada adalah kebebasan berpikiran hellosmile.gif image by rahmat_cruzt .. Indonesia negara yg kompeten , SDM nya pun memadai bahkan melebihi beberapa negara maju , lalu apa penghambat bagi negara ini sehingga tidak bisa ikut ambil bagian dalam kejuaraan yg memiliki berjuta – juta penggemar , “FIFA World Cup” ?? Ayo Maju Indonesia !!! tunjukkan benderamu !!!

goodluck.gif image by rahmat_cruzt

sedikit foto – foto tentang FIFA world cup 2010 South Africa : silakan buka foto FIFA world cup 2010 South Africa

sejarah Piala Dunia :

tahun 1930 di Uruguay : Uruguay memperoleh piala Emas setelah mengalahkan Argentina 4 – 2

tahun 1934 di Italia : Italia memperoleh piala Emas setelah mengalahkan Cekoslovakia 2 – 1

tahun 1938 di Perancis : Italia memperoleh piala Emas setelah mengalahkan Hongaria 4 – 2

tahun 1942 dan 1946 tidak diadakan

tahun 1950 di Brasil : Uruguay memperoleh piala Emas setelah mengalahkan Brasil 2 – 1

tahun 1954 di Swiss : Jerman Barat memperoleh piala Emas setelah mengalahkan Hongaria 3 – 2

tahun 1958 di Swedia : Brasil memperoleh piala Emas setelah mengalahkan Swedia 5 – 2

tahun 1962 di Chili : Brasil memperoleh piala Emas setelah mengalahkan Cekoslovakia 3 – 1

tahun 1966 di Inggris : Inggris memperoleh piala Emas setelah mengalahkan Jerman Barat 4 – 2

tahun 19 70 di Meksiko : Brasil memperoleh piala Emas setelah mengalahkan Italia 4 – 1

tahun 1974 di Jerman Barat : Jerman Barat memperoleh piala Emas setelah mengalahkan Belanda 2 – 1

tahun 19 78 di Argentina : Argentina memperoleh piala Emas setelah mengalahkan Belanda 3 – 1

tahun 1982 di Spanyol : Italia memperoleh piala Emas setelah mengalahkan Jerman Barat 3- 1

tahun 1986 di Meksiko : Argentina memperoleh piala Emas setelah mengalahkan Jerman Barat 3 – 2

tahun 1990 di Italia : Jerman Barat memperoleh piala Emas setelah mengalahkan Argentina 1 – 0

tahun 1994 di AS : Brasil memperoleh piala Emas setelah mengalahkan Italia 3 – 2 adu penalti , skor awal 0 – 0

tahun 1998 di Perancis : Perancis memperoleh piala Emas setelah mengalahkan Brasil 3 – 0

tahun 2002 di Korsel & Jepang : Brasil memperoleh piala Emas setelah mengalahkan Jerman 2 – 0

tahun 2006 di Jerman : Italia memperoleh piala Emas setelah mengalahkan Perancis 5 – 3 adu penalti , skor awal 1 – 1

tahun 2010 di Afsel : Spanyol memperoleh piala Emas pertamanya setelah mengalahkan Belanda 1 – 0

silakan meninggalkan comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s