Sebuah Tanggung Jawab

sebagai manusia yg baik dan benar ( jujur saya jg baru berusaha ) pasti di dalam diri ditanam sebuah rasa , rasa yg baik dan benar pula, rasa inilah yg menjadikan manusia disebut manusia .. di lain pihak , sebagai manusia yg buruk dan salah pasti di dalam diri ditanam sebuah rasa , rasa yg buruk dan salah pula, rasa inilah yg menjadikan manusia disebut setan .. betapa mengerikannya seorang manusia ganteng dan cantik disebut “setan” , lalu gimana kalo seorang manusia manusia jelek disebut “setan” , na’as sekali manusia ini dan betapa biadapnya orang yg memberi julukan ini untuk mereka ( hehe maaf agak ironis dikit teeth.png image by rahmat_cruzt ) .. manusia itu unik dan menarik , kenapa ? jangan tanya dokter boike ! jawaban bisa lain dari pada yg lain wink.png image by rahmat_cruzt ! kadang – kadang mereka bertopeng lucu dan menyenangkan kadang – kadang mereka jg bertopeng seram dan mengerikan .. sebuah kisah pada pemerintahan kerajaan Islam jaman dahulu , ada seorang raja yg di satu sisi dia baik dan bijaksana tapi di sisi yg lain dia jg kejam dan bengis .. inilah satu contoh dari filosofi di atas .. sama seperti kita , terkadang kita berada di jalan yg benar , tp karena suatu sebab kita kemudian masuk dan tergelincir di jalan yg salah , dan pada akhirnya kisah telenovela pun menjadi background dari kisah ini , penyesalan dan air mata muncul membanjiri kamar !

sebagai manusia yg baik dan benar , berilmu dan beragama tentunya , pasti kita memiliki satu sifat , sifat itulah yg akan membawa kita menjadi insan yg lebih baik .. TANGGUNG JAWAB .. tanggung jawab adalah sifat berani menanggung segala resiko terhadap apa yg kita pilih dan lakukan .. sifat ini bercabang – cabang ( ngeri yaa bercabang , kl orang bercabang jd kaya pohon donk tongue.png image by rahmat_cruzt ) , maksudnya memiliki makna dan resiko sendiri – sendiri tergantung pada hal apa sifat ini diartikan ( wah, berat nih kata2nya! , kl berat ya dituntun aja lagi ngapain pake nggotong motor segala! teeth.png image by rahmat_cruzt ) .. contohnya , kita yg masih pelajar dan belajar .. sebagai siswa dan mahasiswa kita punya kewajiban , kewajiban inilah yg menjadi tanggung jawab kita , sebagai orang yg masih normal pasti kita belajar .. kita meyakini agama .. nah , sekarang jaman udah maju banget , tapi peperangan antar agama bukan dimulai dari saat ini aja , dari jaman Rosululloh perang antar pemeluk agama berbeda sudah tersebar kaya nyebar bibit sayur bayam ( maaf ga ada hubungannyee hehe omg.png image by rahmat_cruzt ) , yg jadi pertanyaan adalah apakah pantas hal seperti itu dilakukan ? apakah ajaran agama mewajibkan perang antar agama ? yah , sebagai makhluk yg tau tanggung jawab pasti kita tau apa jawabannya kan .. ironisnya mereka yg tau tanggung jawab pun tetap berperang , lalu bagaimana yg tak tau tanggung jawab ? kayaknya si mereka ngadain perang antar sesama agama .. sebagai manusia kita bertanggung jawab kepada Sang Pencipta jg kepada sesama manusia .. sebagai siswa atau siswi kita bertanggung jawab kepada lingkungan sekolah , guru , dan teman .. sebagai pegawai kantoran kita bertanggung jawab untuk bekerja dan memenuhi kewajiban pegawai .. sebagai pengguna jalan kita bertanggung jawab untuk mematuhi peraturan lalu lintas , gmn kalo hal itu tidak dipatuhi ? mobil2 terbang kemana – mana , motor2 berlarian tanpa pengemudi , truk2 meletus bagai bom yg siap menghancurkan kota , kereta dan pesawat saling berciuman sehingga menimbulkan ledakan besar dan gempa dahsyat yg kemudian menghancurkan rumah2 warga di sekitar tempat kejadian , sungguh menarik jika hal – hal ini terjadi , Dajjal belum keluar udah ada kiamat haha biglaugh.gif image by rahmat_cruzt .. sebagai seorang kekasih kita bertanggung jawab kepada sang kekasih untuk menjaganya , memeliharanya , membuatnya bahagia , dan mendidiknya , coba kalo ga gmn jadinya ? pasti kaya film2 sinetron Indonesia ( jenis genre film yg menjadi maskot bangsa kita hhe ) yg di akhir ceritanya ‘sad ending’ .. sebagai seorang pilot kita bertanggung jawab membuat penumpang bahagia dengan membawanya selamat hingga tempat tujuan .. dan pasti ga sedikit lagi contoh – contoh lain yg bisa dipajang di dinding kamar ( kurang kerjaan loe! mending majang foto penjual roti sebelah! angry.png image by rahmat_cruzt ) ..

terlepas dari itu , tp jangan sampe dilepas stangnya ketika sedang naik motor karena dapat mengakibatkan kita berpindah alam hhe , ada sebuah kata yg akan saya bahas .. kata itu adalah “JANJI” .. janji itu sebuah hutang , harus ditepati dan tidak boleh diingkari , dan jangan sampe lupa telah berucap janji karena dengan hal sepele itulah akan berakibat buruk untuk yg berjanji .. janji bisa berupa berbagai macam bentuk dan warna ( emang pelangi?! ) .. janji kepada ALLAH SWT , contohnya nadzar .. ketika kita akan menghadapi sesuatu yg sangat mempengaruhi hidup kita , terkadang kita berucap nadzar atau janji dengan ALLAH SWT .. contohnya , jauh atau dekat sebelum kita menghadapi ujian sekolah , ujian nasional , atau UM kita bernadzar ke ALLAH “Ya ALLAH jika saya bisa lulus dengan nilai tinggi dan lulus UM dan masuk di jurusan yg saya pilih nanti saya berjanji akan berpuasa senin kamis sebulan penuh” .. nah , kalo kita udah janji kaya gitu , udah seharusnya kita tepati janji kita apalagi ini janji ke ALLAH , orang janji ke sesama manusia aja harus ditepati apalagi janji ke Sang Pencipta .. janji itu ga semudah membalikkan kaki ke atas kepala ( pepatah ngarang! yg bener membalikkan telapak tangan! cantbelieve.gif image by rahmat_cruzt ) , sekali mengucapkan harus ditepati kalo ga kita akan mendapat balasan nantinya .. masa kita udah janji ke ALLAH , kita udah dikasih apa yg kita inginkan trus kita berbohong sama ALLAH , kira – kira apa yg bakal terjadi ? musibah dan bencana besar pastinya .. sama halnya ketika kita janji dengan sesama manusia .. kita ga bisa begitu aja bilang janji , ga afdol !! janji itu sesuatu pekerjaan yg berat , ga ringan ! makanya harus dijunjung hehe .. contohnya aja , ada anak namanya Tomo , nah si Tomo ini sebentar lagi ulang tahun , dia nggaya sama temen2nya trus bilang “besok kalo aku ulang tahun kalian sahabat – sahabatku bakal aku traktir Es Crim sepuasnya” .. ini janji bukan aji – aji hha , berat dan harus ditepati .. kalo ketika datang harinya si Tomo ga menepati janjinya , kira2 apa yg mungkin terjadi ?? kalo saya yg jawab , mungkin suatu hari si Tomo lagi jajan Es Crim di warung trus dia minum , tiba – tiba aja keselek sendoknya masuk ke tenggorokan , trus masuk rumah sakit jiwa ( dia makan es crimnya apa makan sendoknya?!! angryno.gif image by rahmat_cruzt) maksdnya masuk UGD .. apa ga betapa na’as dan tragis nasib si Tomo ini ? contoh lain janji tentang ‘cinta’ .. ini juga ga bisa diungkapkan dengan kekanak – kanakan dalam arti lain sekadar main – main .. kalo seseorang yg berhubungan trus terlanjur percaya dan masuk di hati kan bakal ‘alamak’ jadinya bepolite.gif image by rahmat_cruzt kalo ga ditepati .. kita janji dengan seorang cewek yg kita sukai , kita janji bakal setia menunggu dan ga akan mencari cewek lain , sudah seharusnya kita sebagai orang yg ga menjadi calon anggota di RSJ menepati janji itu .. ini sama beratnya ketika kita berusaha mati – matian ketika mencari jarum dalam jerami hhe ga semudah dan segampang ketika kita mengucapkannya .. tindakan yg jujur adalah bentuk dari menepati janji .. kisah ini ada di film indonesia berjudul “Hantu Rumah Ampera” , ceritanya gini = awalnya ada sepasang kekasih yg sedang lulusan SMA , misal si cewek Nia si cowok Roy , rencananya Nia mau melanjutkan study kuliahnya ke luar negeri di Inggris  kl ga salah ( maklum lupa hhi ohmy.gif image by rahmat_cruzt ) , dengan suara yg tegas Roy bilang  “aku berjanji akan selalu setia menunggumu di sini” .. sepergian Nia , Roy dan Ibunya pindah rumah dan menempati rumah baru .. setelah beberapa hari beberapa bulan , ternyata Roy mengingkari janjinya dan berpacaran dengan cewek lain di tempat kuliahnya .. di lain waktu , ternyata Nia mengalami kecelakaan pesawat dan meninggal dalam perjalanannya kembali ke Indonesia .. Roy dan Ibunya tidak mengetahui hal ini .. mereka dihantui Nia , mereka diganggu dan selalu digentayangi .. lalu apa yg terjadi akhirnya ?? ternyata Ibu Roy meninggal tercekik si hantu , dan Roy mati sesaat tertabrak truk .. yaa , inilah salah satu contoh khayal  aja hihi , kita bisa mengambil hikmahnya dari sini bahwa janji itu ga mudah bahkan sangat sulit , dan sangat beresiko , dan yg paling penting harus ditepati .. jujur saya sendiri termasuk orang yg berat untuk berkata janji karena saya takut saya ga bisa menepatinya , makanya sebelum saya berjanji saya memikirkannya matang – matang terlebih dahulu , bukan buah matang atau telur yg matang habis diceplok lhoo!! confused.png image by rahmat_cruzt haha .. janji juga sebuah tanggung jawab , siapa yg berjanji harus bertanggung jawab menepati janjinya .. huumm , sampe sini dulu buat kata “JANJI” nya , kita lanjut ke perahu yg lain ..

sebagai seorang anak , kita wajib bertanggung jawab kepada orang tua kita , kenapa ? jawabannya ada di diri kita masing – masing .. kalo kita melihat sosok Ibu dan Bapak dengan hati bersih kita , pastilah kita akan meneteskan air mata .. betapa tidak , mereka rela mengorbankan segalanya demi anak – anaknya , demi membesarkan kita , demi menjaga kesehatan kita , demi kesuksesan kita mereka rela bekerja keras membanting jantung ( bukan tulang lagi , masa dari dulu tulang , sekali2 ganti donk hhe ) mencari nafkah dan ikhlas mendoakan kita sepanjang waktu , mereka sangat menyayangi kita , mereka ingin sekali melihat anak – anaknya selalu tersenyum bahagia walaupun mereka harus mengorbankan segalanya ( nyawa , waktu , kesehatan , dll ) .. sungguh merekalah sosok yg paling berpengaruh bagi kita .. apakah kita ingat satu kalimat “Orang Tua ikhlas membesarkan anak – anaknya hingga mereka dewasa dan mandiri tanpa meminta imbalan sebesar biji beras pun” ?? mungkin sekarang kita banyak menguras uang mereka demi kebutuhan kita , yah walaupun ga selalu dipake untuk hal yg bermanfaat , malah untuk foya – foya , ngemall , main – main , yg lebih lagi malah terkadang kita minta uang jajan lebih dari 5 kali sehari .. kita mungkin berpikir “gpplah sekarang aku minta banyak uang jajan , toh besok kl aku sukses aku bisa balikin uang Papa Mama yg sekarang aku pake” , padahal sesungguhnya mereka , orang tua kita , ga ada sedikitpun pikiran untuk meminta imbalan ke kita , anak – anaknya .. mereka sosok teladan bagi kita .. dari bayi , anak – anak , dewasa kita selalu mendapat perlindungan mereka .. setelah kita mandiri , sukses , dan berkeluarga kita terapkan apa yg sudah mereka contohkan ke kita untuk keluarga kita .. saat itulah gantian kita yg bertanggung jawab mengurus mereka , melindungi mereka yg sudah mulai menua .. kita ga bisa selamanya mengharapkan peran mereka .. hidup itu seumpama roda , ada kalanya kita di bawah berharap perlindungan orang tua dan ada kalanya kita diatas gantian melindungi mereka .. kasih sayang orang tua sangat besar .. apakah kita tega melihat mereka menangis karena saat kita tumbuh besar kita menyakiti hati mereka orang tua kita ?? apakah kita tega melihat hati mereka tersayat – sayat dengan kelakuan buruk kita ?? apakah pantas kita melupakan mereka karena kita udah sukses dan berkecukupan bahkan lebih ?? betapa bejatnya kita jika kita tega berbuat seperti itu , betapa durhakanya kita jika kita tega berbuat seperti itu angryno.gif image by rahmat_cruzt .. dulu mereka ikhlas membahagiakan kita , apakah berat bagi kita berusaha membuat mereka bahagia ?? mereka ikhlas mendoakan kita setiap saat , tidak bisakah kita selalu mendoakan mereka ??

ada satu lagu bagus tentang kasih sayang Ibu : Opick feat Amanda – Satu Rindu download disini

sebagai bangsa dan warga negara INDONESIA kita jg bertanggung jawab untuk mengabdi pada negeri ini .. udah dikasih tempat lahir di sini , udah dikasih tempat tinggal di sini , udah dikasih tempat hidup di sini , masa kita mau melenceng trus membangkang dan mengabdi buat negeri lain ?? kalo diliat pake kacamata bening ( emang loe mau make kacapata item yg gelap gulita?! )pasti keliatan banyak hikmah yg bisa kita ambil dari situasi negeri ini .. memang para aktor dan artis korupsi di negeri ini masih banyak , tapi akankah kita selalu beranggapan bahwa negeri ini negeri yg menyedihkan ?? kalo iya , kenapa kita ga menangis dan membanjiri Sungai Citarum di Jakarta sana biar lebih indah lagi dengan banyaknya sampah yg ga diurus ?? nasib bangsa ada dicermin para pemuda , pemuda yg berjiwa pahlawanlah yg mencintai bangsanya sendiri , tapi tidak bisakah para pejabat dan orang – orang sepuh di atas podium ( wow , pemerintah naik podium! kemarin ikut balapan F1 juara berapa? hehe tongue.png image by rahmat_cruzt ) mencontohkan perilaku yg baik untuk para penerusnya di kemudian hari ?!

sekian tulisan ini saya buat dengan waktu yg cukup lama karena alhamdulillah saya masih diberi waktu untuk menyelesaikannya haha , jika ada sepatah beberapa patah kata yg menyakitkan hati para pembaca sehingga para pembaca ingin sekali membunuh bahkan membantai saya yg hanya manusia biasa ini dengan berbagai peralatan canggih seperti celurit , pisau dapur , sekop , biting , garpu maupun sendok makan ( mau makan apa mau mbantai?! haha ), saya mohon maaf yg sebesar – besarnya karena tulisan ini bukan media untuk menciptakan peperangan besar baru di antara kita melainkan untuk menjalin silaturahmi yg lebih erat !!

kita bermain game , kita yg memainkan jalan ceritanya , dan kitalah yg harus memenangkan permainannya !! knight.gif image by rahmat_cruzt

silakan meninggalkan comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s