Nih Tips – Tips Buat Ningkatin Daya Ingat

lupa itu wajar tapi kalo pelupa itu kurangajar.. haha.. dikit2 lupa, baru aja denger trus ditanya udah lupa, itu aneh apa parah??!! banyak orang terjangkit penyakit kaya gini, kenapa? salah satu dan beberapa alasan mereka jadi seorang yg dalam tanda kutip “forgotter” adalah karena masalah – masalah yg rumit memenuhi kepala, terlalu sering memikirkan hal – hal berat, otak terlalu keras kerjanya, kurang refreshing ( motor butuh bensin, tanaman butuh air, sama kaya otak tapi bukan bensin apa air tapi refreshing , itulah hal yg bisa menjaga kerja otak kita disamping kita harus berpikir keras ), yg paling parah nih -> stress mikirin pacar jadi otak kita kacau sampe ada yg bunuh diri , kepala sendiri dibentur2in ke genteng.. sampe rumah banjir gara2 gentengnya pecah.. wkwk

ini bukan kiamat BROO!! jadi tenang aja semua ada obatnya.. ni ada beberapa tips biar kita ga jadi pelupa , biar kita punya daya ingat yg LUAR BIASA menn!! haha lebay jg ni.. di dunia ga ada yg 100% sempurna , semua ada kurangnya , jadi kira2 90% bersahil kalo dilakukan dengan sering.. oke, ga ada salahnya nyoba jg kan , kalo hasilnya positif kan kita jg yg untung , kalo negatif kayaknya ga kok ini ga dosa . hehe.. ni tips2nya :

Ketika kita hendak tidur , cukup basuh muka ( cuci muka ) dengan membasahi sedikit kepala , setelah di lap ( dikeringkan ) kita rebahan / berbaring menghadap kanan ( miring ke kanan ) telentang jg boleh dan mulailah mengekplorasi otak kita dengan cara :

Mengingat aktivitas kita pada siang hari secara detail, dari kita pertama kali bangun tidur sampai saat kita hendak tidur kembali.

contoh: tadi pagi bangun jam 4.30, matiin alarm, terus cuci muka, kumur2, buang air kecil, cuci tangan dan kaki, ke kamar lagi, set ulang alarm utk 30 menit kedepan, nerusin tidur 30 menitan, bangun lagi, matiin alarm lagi, bangun terus ambil wudhu utk solat subuh ( bagi yg muslim ), terus mandi, pakai baju ( seragam ), sarapan….. dan seterusnya sampai kita sedang melakukan Aktivitas Menguji Daya Ingat ini lagi.

disamping itu ada jg kok cemilan penambah daya ingat , bisa dicoba kan makan ga cuma nasi rames , soto , sm nasi goreng aja hehe

1. Salmon
Ikan berlemak seperti salmon merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3 – DHA and EPA – yang keduanya penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Riset terbaru juga menunjukkan bahwa orang yang memperoleh asupan asam lemak lebih banyak memiliki pikiran lebih tajam dan mencatat hasil memuaskan dalam uji kemampuan. Menurut para ahli walaupun tuna mengandung asam omega-3, namun ikan ini tidaklah sekaya salmon.

2. Telur
Telur dikenal sebagai sumber penting protein yang relatif murah dan harganya cukup terjangkau. Bagian kuning telur ternyata padat akan kandungan kolin, suatu zat yang dapat membantu perkembangan memori atau daya ingat.

3. Selai kacang
“Kacang tanah (peanut) dan selai kacang merupakan salah satu sumber vitamin E. Vitamin ini merupakan antioksidan yang dapat melindungi membran-membran sel saraf. Bersama thiamin, vitamin E membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa untuk kebutuhan energi.

4. Gandum murni
Otak membutuhkan suplai atau sediaan glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan. Gandum murni memiliki kemampuan untuk mendukung kebutuhan tersebut. Serat yang terkandung dalam gandum murni dapat membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Gandum juga mengandung vitamin B yang berfungsi memelihara kesehatan sistem saraf.

5. Oat/Oatmeal
Oat merupakan salah satu jenis sereal paling populer di kalangan anak-anak dan kaya akan nutrisi penting bagi otak. Oat dapat menyediakan energi atau bahan bakar untuk otak yang sangat dibutuhkan anak-anak mengawali aktivitasnya di pagi hari. Kaya akan kandungan serat, oat akan menjaga otak anak terpenuhi kebutuhannya di sepanjang pagi. Oat juga merupakan sumber vitamin E, vitamin B, potassium dan seng — yang membuat tubuh dan fungsi otak berfungsi pada kapasitas penuh.

6. Berry
Strawberry, cherry, blueberriy dan blackberry. Secara umum, semakin kuat warnanya, semakin banyak nutritisi yang di kandungnya. Berry mengandung antioksidan kadar tinggi, khususnya vitamin C, yang berfaedah mencegah kanker. Beberapa riset menunjukkan mereka yang mendapatkan ekstrak blueberry dan strawberry mengalami perbaikian dalam fungsi daya ingatnya. Biji dari buah berri ini juga ternyata kaya akan asam lemak omega-3.

7. Kacang-kacangan
Kacang adalah makanan spesial sebab makanan ini memiliki energi yang berasal dari protein serta karbohidrat kompleks. Selain itu, kacang kaya akan kandungan serat, vitamin dan mineral. Kacang juga makanan yang baik untuk otak karena mereka dapat mempertahankan energi dan kemampuan berpikir anak-anak pada puncaknya di sore hari jika dikonsumsi saat makan siang. Menurut hasil penelitian, kacang merah dan kacang pinto mengandung lebih banyak asal lemak omega 3 daripada jenis kacang lainnya — khususnya ALA – jenis asal omega-3 yang penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak .

8. Sayuran berwarna
Tomat, ubi jalar merah, labu, wortel, bayam adalah sayuran yang kaya nutrisi dan sumber antioksidan yang akan membuat sel-sel otak kuat dan sehat.

9. Susu dan Yogurt
Makanan yang berasal dari produk susu mengandung protein dan vitamin B tinggi. Dua jenis nutrisi ini penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim. Susu dan yogurt juga bisa membuat perut kenyang karena kandungan protein dan karbohidratnya sekaligus menjadi sumber energi bagi otak. Penelitian terbaru mengindikasikan bahwa anak-anak dan remaja membutuhkan lebih banyak vitamin D bahkan 10 kali dari dosis yang direkomendasikan. Vitamin D adalah vitamin yang juga penting bagi sistem saraf otot dan siklus hidup sel-sel manusia secara keseluruhan.

10. Daging sapi tanpa lemak
Zat besi adalah jenis mineral esensial yang akan membantu anak-anak tetap berenergi dan berkonsentrasi di sekolag. Daging sapi tanpa lemak adalah salah atu sumber makanan yang mengandung banyak zat ebsi. Dengan hanya mengonsumsi 1 ons per hari, maka tubuh Anda akan terbantu dalam penyerapan zat besi darai sumrbe lainnya. Daging sapi juga mengandung mineral seng yang dapat membantu memelihara daya ingat. Khsusus bagi yang vegetarian, Anda dapat memanfaatkan kacang hitam dan burger kedelai sebagai pilihan. Kacang-kacangan adalah adalah sumber penting zat besi nonheme — tipe zat besi yang membutuhkan vitamin C untuk di serap oleh tubuh. Mengonsumsi tomat , jus jeruk, strawberry dan kacang-kacangan juga dapat dipilih sebagai upaya mencukupi kebutuhan zat besi. Selain makanan, agar cerdas ya jelas kita harus banyak olahraga biar stamina kita tetap terjaga dan istirahat yang cukup.

orang pinter punya kebiasaan belajar , orang gendud punya kebiasaan makan , tiap detik cuma makanan aja yg ada di otak , atlet punya kebiasaan olah raga , kl pelajar beda..kebiasaannya macem2 , ada yg berangkat sekolah telat , mbolosan , orek2 meja , tawur , korupsi uang negara ( emang anggota DPR anak SMA?!! ) , TAPI orang yg berdaya ingat tinggi punya kebiasaan unik lain dari yg lain..

Dikutip dari Prevention, ini dia 7 kebiasaan sederhana mereka yang berdaya ingat kuat yang bisa kita terapkan sehari-hari untuk meningkatkan kemampuan otak :

1. Tidak mengonsumsi alkohol

Mereka dengan memori yang kuat ternyata jarang mengonsumsi minuman2 beralkohol, karena ternyata alkohol dapat merusak sistem saraf dan melemahkan kemampuan otak.

2. Menonton televisi tidak lebih dari satu jam setiap harinya

Orang-orang berdaya ingat kuat jarang melihat tontonan2 yang tidak terlalu penting, kecuali tontonan yang sifatnya mengedukasi. Mereka lebih sering membaca ketimbang menonton.

3. Sering membaca novel
Dengan membaca novel, otak akan dilatih berpikir dan menebak-nebak apa yang akan terjadi. Alur cerita novel yang berliku-liku akan membuat otak terus berpikir tapi dalam bentuk petualangan otak yang lebih menarik dan seru.

4. Selalu menyilang-nyilangkan dan menyambung-nyambungkan data
Kemampuan otak akan terus meningkat ketika data yang masuk ke dalamnya terhubung satu sama lain. Dengan menghubung2kan seperti itu, sebuah data akan tersimpan dan tertanam dalam otak lebih kuat lagi.

5. Tidak pernah lupa mengonsumsi ikan

Ikan diketahui merupakan sumber protein yang berfungsi meregenerasi sel-sel mati. Sel-sel otak pun harus terus diregenerasi. Beberapa jenis ikan seperti salmon dan sarden mengandung omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan sel-sel otak dan kemampuan mengingat seseorang.

6. Meminum teh atau kopi

Teh dan kopi mengandung kafein yang bisa memacu kerja jantung dan otak untuk terus terjaga dan bekerja lebih baik lagi. Namun konsumsi yang berlebihan, terutama kopi bisa berakibat fatal. Minumlah dalam dosis yang sewajarnya.

7. Selalu membuat catatan dalam bentuk jurnal atau notes kecil

Data yang masuk ke otak kita tanpa tercatat mungkin saja menempel dan mungkin juga tidak. Namun jika data tersebut dicatat, maka kita dapat melihatnya kembali ketika lupa. Mencatat juga ternyata bisa meningkatkan kemampuan otak untuk menghafal hingga 20 persen.

yap, ini tulisan pertama saya , kenapa temanya ini , karena memang menurut saya permasalahan ini sangatlah penting bagi kita sebagai manusia.. ada pepatah : “manusia sifatnya salah dan lupa”  bukan berarti gara itu kita jadi tak bersemangat , salah sekali wajar trus diulang2i tetep aja bilang wajar , lupa terus2an malah dibikin kebiasaan , pesta orang – orang salah dan lupa dimana2..itu ma orang yg lari dari permasalahan bukan orang yg mencoba solving the problem!!

silakan meninggalkan comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s