Reach The Dream

Assalamu’alaikum wr wb ..

Lama tak menjamah blog ini .. dua tahun atau empat tahun entah ku lupakan .. di balik semua itu aku bersyukur masih diberi ingatan untuk membuka pintu blog ini dan mengisi ruangan blog ini dengan tulisan baruku ini .. alhamdulillaah ..

sekitar 24 tahun yang lalu aku menghirup nafas pertama di dunia ini dalam keadaan tak berbalut sehelai kain pun dan tak mengingat satu memori pun tentang kehidupan sebelumnya .. apa yang terjadi dengan diriku sebelum nyawa dan jiwa ini dihembuskan ke dalam rahim seorang ibu maupun yang terjadi ketika aku di dalam rahim ibu .. semua itu adalah The Lost Memories dan tak satu pun manusia mengingatnya .. andai setiap manusia mengingatnya , dunia ini pasti penuh dengan keindahan .. satu ilmu yang aku peroleh selama hidup ini adalah kita memilih untuk hidup di dunia fana ini dan Allah Yang Maha Memberi mengabulkan pilihan kita .. maka dimulailah perjalanan hidup seorang insan ..

dimulai dengan memori kosongnya ia belajar dan terus belajar hingga akhirnya ia bisa memilih jalan hidupnya sendiri .. bersyukurlah kita yang belajar bersama kedua orang tua kita , masih dibimbing dan diarahkan untuk melangkahkan kaki di jalan yang penuh dengan kebaikan .. di luar sana tak sedikit manusia yang menghirup nafas pertamanya tanpa disambut senyum hangat oleh salah satu atau bahkan kedua orang tuanya .. ia harus belajar dari nol tanpa pelukan hangat dari kedua orang tuanya .. sesungguhnya Allah Maha Adil .. dibalik setiap ujian hidup ini pasti Allah menyiapkan bingkisan indah jika kita mau untuk melangkah dengan keikhlasan ..

ingatkah kita kita lahir dalam keadaan baik-baik aja .. dua tangan dua kaki lima panca indera , semuanya berfungsi dengan normal .. sungguh semua itu adalah anugerah yang tak ternilai harganya dari Allah .. mata ini bisa kita gunakan untuk melihat betapa besarnya dunia ini .. matahari yang begitu besarnya memiliki pencipta .. lantas seberapa besar Sang Pencipta ? sungguh Allah Maha Besar .. mata ini pun bisa kita gunakan untuk melihat betapa kecilnya kita .. jika dianalogikan , andai sebuah meteorit yang hanya sebesar pulau Jawa menghantam bumi , apa yang bisa dilakukan oleh satu milyar manusia di bumi ini ? kita hanya bisa menyaksikan bumi ini terhantam dan menunggu kehancurannya .. mata ini bisa kita gunakan untuk melihat seantero jagad raya ini , melihat betapa beruntungnya hidup kita .. jika kita mau membuka mata , sungguh kekuasaan yang selalu kita kejar , harta yang selalu kita inginkan , semua itu tak ada nilainya jika kita lahir dalam keadaan yang tak sempurna , semua itu tak bisa menggantikannya .. nikmat mana lagi yang akan kita ingkari ??

beberapa tahun kemudian insan yang lahir tanpa memori itu pun menginjakkan kaki di bangku sekolah dasar .. ya kenapa dinamakan sekolah dasar ? karna di sanalah ia diberi ilmu-ilmu dasar tentang dunia ini tentang hidup ini sehingga kemudian ia bisa memilih tinta apa yang akan ia tuangkan ke dalam novel hidupnya sendiri .. suatu ketika seorang guru menanyakan sesuatu kepadanya .. “apa cita-citamu, wahai muridku?” .. ia mampu menjawab dengan lantang pertanyaan itu , bukan malah diam dan bingung .. ada beberapa jawaban yang muncul dari bibirnya “aku ingin jadi dokter…ingin jadi presiden…ingin jadi polisi…ingin jadi pilot…dan lain sebagainya” .. waktu terus berlalu hingga akhirnya ia menginjak ke sekolah menengah atas .. suatu hari seorang guru bertanya padanya .. “apa cita-citamu, wahai muridku?” .. kata-kata lantang saat sekolah dasar tak muncul lagi dari bibirnya .. ia mulai berpikir sebelum menjawab .. bahkan tak sedikit yang kemudian hanya diam membisu tanpa muncul sepatah kata pun dari bibirnya .. lantas apa makna jawaban lantang yang ia utarakan saat sekolah dasar ? bukan tanpa makna , ketika sekolah dasar ia mampu berimajinasi dan berangan-angan , imajinasi itu tumbuh dari ilmu-ilmu dasar yang ia peroleh , layaknya anak-anak pada umumnya ia mengutarakan dengan percaya diri dan lantang apa yang sepintas ada di benak kepalanya tanpa pikir panjang .. itulah nilai dari sekolah dasar , otak kita mampu menampilkan imajinasi-imajinasi yang tak terbatas .. dari sanalah ia berkembang dan mampu berpikir lebih jauh .. ketika ia SMA , tak sedikit dari jawaban-jawaban SD nya yang kemudian berubah haluan .. namun tak bisa dipungkiri pula , beberapa jawaban SD yang ia utarakan kemudian menjadi kenyataan di masa depannya .. saat ini ia lebih dewasa dan lebih mengenal dirinya sendiri .. ia mampu berpikir dan mempertimbangkan tinta mana yang akan ia pilih untuk ia tuang ke dalam novel hidupnya .. begitu pula ketika ia duduk di bangku kuliah .. ia akan memperoleh jati dirinya .. sampai akhirnya ia mampu menjawab pertanyaan “apa cita-citamu, wahai muridku?” dengan lantang lagi seperti ketika ia menjawabnya di sekolah dasar .

saat ini ia sudah mengerti .. pertanyaan “apa cita-citamu?” tak bisa berdiri sendiri .. seperti layaknya sepasang kekasih , ada pasangan yang menemaninya , munculah pertanyaan kedua yang harus berdiri di samping pertanyaan itu .. pertanyaan itu adalah “apa yang membuatmu bahagia?” ..

apalah arti menjadi seorang pemimpin namun yang dipimpin sengsara ? apalah arti memiliki harta namun tak digunakan untuk membantu sesama ? apalah arti kekuasaan yang hanya membawa sengsara ? apalah arti hidup ini jika lupa akan Sang Pencipta ?

lagi-lagi mata kita berfungsi .. lihatlah pemimpin-pemimpin negeri ini , bukankah menjadi pemimpin adalah cita-cita mereka yang sudah mereka capai ? namun apakah mereka bahagia ? jika mereka memang benar-benar bahagia , mereka tak akan haus harta dan kekayaan, mereka tak akan merasa kurang .. ah lelah selalu mencibir mereka ..

bahagia beda maknanya dengan senang .. ketika ia masih sekolah dasar ia hanya memikirkan kesenangan , ia belum begitu mengerti akan makna dari sebuah kebahagiaan.. bahagia ada di dalam hati , bahagia muncul juga dari hati .. banyak hal yang membuat hati ini bahagia , namun kebahagiaan itu tak lepas dari Sang Pencipta .. ia sadar tak mungkin ia bahagia tanpa mengingat Sang Kuasa , karna hati ini ada penciptanya , jika yang menciptakan tak merawat hati ini tak mungkin ia akan bahagia .. sungguh Allah Maha Pengasih dan Maha Penyayang .. bukankah itu adalah ayat pertama dalam surat pembuka dalam Al-Qur’an ? kenapa ayat pertama dalam surat pertama bukan bermakna Allah Maha Adil atau Allah Maha Besar ? sesungguhnya Allah menyimpan rahasia-Nya ..

saat ini insan yang lahir tanpa memori ini , yang lahir dalam keadaan telanjang ini , yang lahir tanpa dosa ini akan menjawab dua pertanyaan tadi dengan “aku akan menjadi orang sukses , dengan kesuksesan itu aku akan bermanfaat bagi keluarga dan berbagi dengan sesama , aku akan selalu bersyukur kepada Allah atas hidup ini , dengan semua itulah aku bahagia” ..

akhir kata.. penulis akan menanyakan dua buah pertanyaan kepada pembaca..

APA CITA-CITAMU? APA YANG MEMBUATMU BAHAGIA?

Sakit Hati = Kecetit

syuuuurrr…fiuuhh… penulis terjun bebas dari ketinggian satu kaki di atas permukaan tanah haha sebaiknya tidak tinggi – tinggi , kalo terjun bebas dari tempat yg tinggi bisa dipastikan tulisan ini tidak ada di halaman ini😀 kenapa satu kaki , tidak tiga atau lima kaki ? karna ada pepatah “safety is first” .. bayang pun kalo terjun dari ketinggian 5 kaki tapi kepala dulu , pembaca pasti tau kalo terjunnya pasti ke rumah sakit hehe nah kalo satu kaki walau kepala dulu , paling jauh cuma benjol sedikit di kepala , bukan begitu ? hehe

melirik judul di atas .. sebenarnya kenapa tulisan ini ada sebab hari ini penulis mengalami kecetit yg cukup parah T.T , dari rasa sakit di tubuh inilah muncul ide ini .. sakit hati = kecetit , hmm…hindari menanyakan “kok bisa?” setelah membaca setiap tulisan penulis ini , sebab isi tulisan ini sepenuhnya hak veto penulis haha yaa , sakit hati sama dengan kecetit .. sebelum membahas lebih jauh lagi , mari ditelaah dulu apa itu arti “kecetit” .. apakah kecetit itu ? kenapa kecetit sakit ? (kalo ga sakit namanya kecubit! ) penulis pun kurang tau apakah kecetit itu bahasa indonesia atau bahasa jawa atau malah kedua – duanya .. penulis juga belum pernah mencoba mencari kata “kecetit” di dalam kamus kecil ataupun kamus besar bahasa indonesia .. atau mungkin kecetit itu bahasa indonesianya adalah kecepit ? hmm , penulis merasa ada kecenderungan yg tidak pas di sini (bang, kl kecepit itu diapit sama dua benda yg memiliki arah tekanan berhadap-hadapan , maaf jika bahasa ini sulit dipahami hehe) atau mungkin kecetit adalah bahasa sansekerta yg diadopsi ke dalam bahasa indonesia dan bahasa jawa , yaa siapa yg tau bukan ? apakah pembaca tau ? kalo begitu silakan penulis dibimbing agar tau hehe .. termasuk dalam bahasa mana itu tidak menjadi sorotan tajam sebetulnya tapi sorotan tumpul hahaha😀

kenapa kecetit sakit ? sebenarnya ini mengandung makna ambigu sebab jawaban dari pertanyaan ini bersifat subjektif .. bagi orang yg tidak mati rasa tentu kecetit itu suatu yg menyakitkan , apalagi kecetit di leher atau bagian rahang .. pernahkah pembaca mengalami kecetit tipe ini ? sebaiknya jangan pernah sekali – sekali memiliki keinginan untuk mencoba merasakan , sebab sekali merasakan mungkin pembaca tak akan pernah merasakan kecetit – kecetit tipe lain .. sebab kecetit tipe ini sangatlah mematikan .. penulis pernah hampir merasakannya , kecetit bagian leher dan rahang , alhamdulillah kecetitnya berhenti di tengah jalan .. walaupun sudah sampai tengah jalan , rasanya sudah sangat sangat sangat…sungguh tak bisa diungkapkan dengan kata – kata .. namun , bagi orang yg mati rasa tentulah kecetit itu suatu yg sama sekali tidak sakit .. normalnya seorang penjual gorengan menggoreng pisang , tahu , dan tempe menggunakan spatula bukan menggunakan garputala maupun sekop (kl pake sekop wajannya segedhe apa, bang?!! haha) , beda kisah penulis pernah melihat berita yg memberitakan bahwa seorang penjual gorengan membolak – balikkan gorengan pisang , tahu , dan tempe nya dengan tangan kosong!!! sewajarnya manusia jika menaruh jempol tangan aja ke dalem minyak mendidih pastilah langsung kita tarik lagi sebelum tercelup soalnya takut keselomot panas minyak hehe , nah beda dengan ibu – ibu penjual gorengan ini .. ketika ditanya oleh seorang wartawan ,”ibu tidak merasakan panas tangan ibu dicelupkan ke dalam wajan?” ibu itu hanya menjawab sambil mesem, “sama sekali tidak, mas” sungguh luar biasa !! itulah kebesaran Allah , kun fayakun , jadilah maka terjadilah .. kata “kun fayakun” ini disebutkan dalam Al-Qur’an 5 kali , sama dengan jumlah sholat wajib dalam sehari .. subhanallah ..

bagaimana dengan sakit hati ? apa itu sakit hati ? kalo dokter bedah bilang sakit hati itu liver .. kalo psikolog bilang sakit hati itu gila .. kalo pembaca pasti bilang sakit hati itu galau sedih dan kecewa , benar bukan ?😀 tapi bagi sebagian orang sakit hati itu marah , dendam , iri , dan lain sebagainya .. lalu apa hubungannya dengan kecetit ? mari kita telusuri lebih dalam lagi sedalam lautan dan lebih tinggi lagi setinggi angkasa hehe

penulis membatasi masalah dengan hanya membahas dua tipe sakit hati yg terakhir ..

yg pertama adalah galau sedih dan kecewa .. memang sakit hati tipe ini sangat digemari oleh kaum muda tak cuma di indonesia saja , tapi di seluruh dunia hehe (penulis pun kurang mengerti kenapa hal ini sangat digemari , padahal penulis kegemarannya adalah menulis) bahkan yg sudah jadi kaum tua pun masih ada yg mengalaminya sebab penyakit ini menular dari kaum muda kepada kaum tua (maaf jika terkesan sotoy , ini hanyalah pandangan satu arah penulis) .. penulis tidak akan menjelaskan penyebab sakit hati yg membuat galau sedih dan kecewa ini , pembaca pasti sudah lebih tau dari penulis karna memiliki pengalaman lebih😀 bagi yg belum berpengalaman , bisa dicoba , dijamin rasanya tidak enak haha .. lalu apa hubungannya dengan kecetit ? kecetit itu salah satu jenis penyakit yg sembuhnya lama , bisa berbulan – bulan .. ada obatnya , bisa sekali berobat langsung sembuh , kalo mobil istilahnya “ketok magic” hehe .. obatnya adalah berkunjung ke Bang Udin di Jalan Magelang (untuk yg mengalami sakit kecetit di daerah Jogja dan sekitarnya :D) , yaa obatnya adalah berkunjung ke tukang pijat yg mahir dan handal menangani sakit kecetit , karna tidak semua tukang pijat bisa menyembuhkan kecetit , ada tukang pijat reflexiologi , pijat kebugaran , pijat kepala , dan pijat – pijat yg lain .. namun kasus di depan layar , walaupun sudah dateng ke tabib pijat pun banyak yg masih harus berpasrah diri menahan sakit dalam waktu yg cukup lama karna belum juga sembuh habis dipijat ..

kecetit ini penyakit yg cukup berbahaya .. kenapa ? jika sekali berobat langsung sembuh itu opsinya dua, tukang pijetnya yg memang benar – benar hebat atau kebetulan mijet pas daerah yg sensitif hihi , jika langsung sembuh maka inilah yg bagus dan tidak memiliki efek samping , namun jika kecetit ini tidak segera diobati dan dibiarkan begitu saja sampai akhirnya rasa sakit itu hilang dengan sendirinya , sebenarnya dia tidak benar – benar sembuh , sebab sejauh yg penulis tau penyebab redanya rasa sakit itu adalah karna otot – otot atau sendi – sendi di sekitar daerah yg kecetit udah PW hehe maksudnya udah merasa betah dan menyesuaikan diri dengan posisi saat dia kecetit .. istilahnya kalo orang kepanasan trus masuk ke dalam kulkas , dia udah PW dan ga mau keluar (alangkah baiknya jika pembaca sekalian kepanasan jangan masuk kulkas , kulkas itu bukan untuk manusia , tapi makanan dan minuman! haha ) .. dalam kondisi otot dan sendi yg sudah merasa betah itu , rasa sakit pun hilang , namun peristiwa ini malah justru menimbulkan efek negatif .. jika daerah yg sudah tak terasa sakit ini terkena benturan sedikit saja , sudah merasakan kecetit yg cukup sakit , padahal dalam keadaan normal dengan benturan sebesar itu hanya terkejut dan sakit ringan tak lama kemudian sembuh .. penulis menyarankan kepada pembaca , jika pembaca mengalami kecetit , segeralah pergi ke tukang pijat ahli kecetit ! ada pepatah “menunda berobat sama dengan mempercepat kematian”.. sebagai manusia kita harus berusaha , termasuk dateng ke tukang pijet🙂

tapi bagaimana kasusnya jika orangnya kebal ? muncul sebuah pertanyaan untuk menjawab pertanyaan ini , apakah kecetit itu pilih kasih cuma menyerang orang yg tidak kebal ? ingat “kun fayakun” , orang kebal itu hanyalah makhluk ciptaan-Nya yg sama dengan kita , jangan dibayangkan menjadi orang kebal itu punya hidup yg lebih enak karna tidak merasakan sakit .. menurut penulis , merasakan sakit itu artinya kita merasakan hidup , sebab rasa sakit itu memberi pelajaran pada makna hidup yg sesungguhnya .. kenapa bisa begitu ? apakah harus tidak bisa ?

sama halnya dengan galau sedih dan kecewa karna kasus asmara penuh rahasia hehe sekali – sekali lebay ga dilarang😀 yaapp , peristiwa memilukan kaum muda ini patut menjadi sorotan utama .. penyebab dari sakit hati ini pun hanya satu , didustai .. yaa , sebenarnya kita tak bisa menyalahkan yg mendustai kita , tapi juga harus berpikir jernih kenapa kita mencintai seorang pendusta (ini pandangan penulis , jika tak sejalan dengan pemikiran pembaca , pembaca boleh mengkritik , sebab kritik adalah tangga menuju menjadi lebih baik :D) .. galau sedih dan kecewa ini sekali muncul akan mudah muncul untuk kedua kalinya jika tidak segera diobati .. sekali didustai , didustai sedikit saja untuk kedua kali dan kesekian kali berikutnya akan mudah untuk merasa galau sedih dan kecewa lagi .. benarkah begitu ? benar sekali ! jika tidak percaya boleh dicoba ! asal jangan menyesal nantinya ! sama dengan kecetit , jika tak diobati , lama – lama pasti sembuh , tapi kena benturan sedikit udah langsung tolong – tolong .. begitu juga galau sedih dan kecewa ini , kalo tak diobati , lambat laun sembuh dengan sendirinya , tapi jika kemudian kena kejutan listrik kecil saja (disakiti sedikit aja yg belum tentu jadi masalah besar maksudnya hehe) sudah mengurung diri di kamar dan membanjiri kasur dengan air mata .. lalu bagaimana kita bisa tidur dengan nyaman kalo kasurnya basah ?

yg kedua adalah sakit hati yg berupa marah , iri , dendam , dan sebagainya (penulis singkat MIDS) .. marah merupakan penyakit hati yg cukup parah , disamping mengancam nyawa orang lain juga mengancam diri sendiri (ga kebalik nih, bang??! nyatanya demikian, broo!) .. ketika kita marah , muncullah rasa iri dan dendam , setelah iri dan dendam muncul , muncullah ambisi untuk memusnahkan objek dengan cara apa pun ! bisa dibayangkan , World War Three Is Coming Soon ! hehe .. yah kurang lebih begitulah analoginya😀 ada orang yg bentar – bentar marah .. mungkin bisa dikatakan wajar kalo marahnya ke sesama orang dewasa , bagaimana jadinya jika marahnya ke anak kecil yg masih imut – imut ?? anak – anak tak bisa diperlakukan kasar , sekali dikasari mereka akan membalas dan menjadi tidak patuh , anak – anak butuh kasih sayang , dari orang tua , guru , dan orang – orang di sekitarnya .. jika saat kecil dia diperlakukan dengan kasih sayang , besar kemungkinan di saat mereka tumbuh menjadi dewasa mereka pun menjadi insan – insan yg penuh dengan kasih sayang terhadap sesama .. bagaimana jadinya jika marah ke wanita ? wanita adalah makhluk yg penuh perasaan , hatinya begitu lembut , tak sepantasnya kita berlaku kasar terhadap mereka , apalagi menyakiti hatinya .. wanita adalah curahan kasih sayang dari hati pria , kasih sayang pria akan tercurahkan kepada wanita , begitu sebaliknya , kasih sayang wanita pun akan tercurahkan kepada pria .. dengan kasih sayang yg indah ini , pastilah tercipta hubungan yg harmonis dan nyaman .. jika pembaca tidak percaya , saya sangat menyarankan untuk dicoba , tapi cukup pilih satu pria atau wanita , jangan lebih apalagi banyak , World War Three Is Going To Happen Soon !! haha

yaaa , MIDS ini juga perlu diobati , jika tidak maka kita pun akan menjadi manusia yg pemarah pengiri dan pendendam (3P) .. 3P ini melahirkan pembunuh .. bisa dibayangkan jika pembunuh memenuhi bumi ini , maka pastilah manusia jadi pergi ke PLANET MARS😀 pada akhirnya muncul sebuah pertanyaan , apakah obat dari kedua jenis sakit hati ini ? jawabannya adalah SABAR dan IKHLAS🙂

penulis tidak akan menjelaskannya lebih detail , tapi jika pembaca bertanya “bagaimana caranya agar bisa sabar dan ikhlas?” , penulis hanya bisa menjawab :

menjadikan diri kita dekat dengan Sang Ilahi , maka hidup akan terasa indah =)

okee…sekian dulu tulisan dari saya..ga belebihan juga ga kekurangan..tapi pasti ada kelebihan kata dan kekurangan makna , saya harap pembaca bisa memaklumi .. jika tidak bisa memaklumi , saya sarankan agar pembaca menggunakan sendal sebagai alas kaki , bukan untuk melempari saya karna saya pasti bisa menghindar hehe😀

oiya , pembaca blog setia penulis (sepertinya susah ditemukan hehe) mungkin berpikir , kenapa di setiap postingan penulis selalu saja banyak bumbu – bumbu canda dan tawanya , bagi yg mengikuti perkembangan postingan penulis pasti tau , nah bagi yg tidak mengikuti silakan mengikuti agar tau haha alasannya adalah…

penuhi hidup dengan tawa sebelum ketawa itu dilarang , bisa dibayangkan bukan jika ketawa dilarang ? sungguh…sungguh…sungguh..mengerikan haha😀

Tulisan Tak Berjudul

sudah sekian lama saya tak turun dari goa selarong dan muncul di atas permukaan blog ini hahaha .. entah apa yg membuat saya terdorong untuk menulis dan meramaikan blog sepi ini lagi , yaa walau sepi tapi tetap ramai , ramai kata – kata dan kalimat dari si penulis hehe .. ada beberapa pertanyaan yg berkelap – kelip di kepala saya :

pernahkah anda rindu untuk menulis suatu artikel ?

apa yg membuat anda rindu ?

kenapa anda rindu ?

apa yg anda cari dari menulis artikel ?

apa yg anda dapat setelah anda menulisnya ?

saya rindu menulis , tapi saya tak bisa jika harus menjawab semua pertanyaan di atas .. jika blog ini adalah sebuah buku diary , saya tak tau apakah perasaan rindu itu sama atau beda .. emm , yaa , mengenai buku diary , apakah “buku diary” masih tersedia di kosa kata kita ? sebab saya merasa orang sekarang ini sudah sangat sedikit yg menyisakan bukunya untuk sebuah diary , seolah-olah buku diary adalah hal yg asing , ditinggalkan dan tak diingat .. bukankah buku diary itu diciptakan karna memiliki manfaat ? jika tidak , merugilah mereka yg menulis diary ! yah apa pun yg berasal dari manusia selama itu positif pastilah itu memiliki manfaat , seperti halnya buku diary .. lalu bisa disamakan kah blog ini dengan buku diary ? sebab , penulis blog yg selalu update pasti menulisnya tiap hari .. bukankah buku diary juga penuh karna diisi tinta tiap hari ? yah , anggap saja blog adalah “Future Diary” haha😀

sekian dari saya , jika pembaca kurang berkenan dengan tulisan saya kali ini , buanglah rasa tidak berkenan di hati dan terimalah segala hal dengan ikhlas di hati🙂

Bahagia? Kenapa Tidak!

“bahagia itu pilihan. kita bahagia atau ga itu pilihan kita. mana ada orang yg ga mau bahagia? yg banyak orang yg menjauhi. kalo ingin bahagia, kita pertahankan, karna bahagia itu anugerah.”

penggalan kalimat di atas adalah sebuah rangkaian kata – kata yg penulis kirim ke seseorang yg spesial dalam hidup .. kenapa spesial? yah , pasti pembaca tau , kalo ga , saya ga mau kasih tau haha .. yaa , bahagia itu sebuah pilihan .. kalo kita memilih untuk bahagia maka hati kita pun tentram dan nyaman , namun sebaliknya jika kita tidak memilih untuk bahagia maka perasaan sedih khawatir was-was gelisah lah yg senantiasa menjadi teman di hati kita ..

di dunia ini banyak sekali macam cobaan dan ujian yg sudah tentu menerjang tiap – tiap manusia , hal itu ga bisa dipungkiri .. jadi , jangan pernah berkata “aku ini orang paling tersiksa di dunia ini” .. kalo ada orang bilang kaya gitu di depan penulis , tanggapannya cuma satu “cuma kamu yg bilang kaya gitu!” .. setiap orang akan mendapat ujian dari-Nya masing – masing , tak ada istilah “ujian yg aku terima lebih berat dibanding yg lain” , begitu naif orang yg berkata begitu .. masih banyak orang yg hidupnya lebih jauh di bawah kita , namun mereka masih saja mampu terlihat senang dengan wajah berseri .. kenapa begitu ? silakan tanyakan pada mereka , karna jika saya yg menjawab belum tentu pembaca percaya .. hal yg sudah pasti dan hukum yg sudah tetap adalah seberapa besar dan beratnya ujian atau cobaan yg menimpa kita , kita mampu melaluinya asal kita mau dan berani .. karna Allah berkata , maka itulah yg terjadi🙂

frustasi atau stress adalah wabah yg melanda manusia di berbagai belahan dunia dan penyebabnya pun banyak .. di tengah jalan lupa bawa HP , eh stress sampe nabrak becak yg baru nganter ibu – ibu belanja ke pasar buat masak anaknya .. kalo begitu apa yg terjadi? tentu anak si ibu itu tak jadi makan sebab ibunya terkena musibah .. siapa yg salah? ya orang yg stress! jadi kalo ada apa – apa silakan salahkan orang yg baru stress !! hahaha ( jangan ditiru, ini murni ajaran sesat!😀 ) .. memang HP menjadi benda keramat yg kita butuhkan di zaman milenium ini , tapi kita tidak butuh HP yg mencelakai orang lain bukan ?? dapet nilai jelek frustasi , sampe – sampe buku pelajaran disobek-sobek sama si tukul hehe ( menjauhlah dari tukul di saat anda frustasi , karna benda apapun akan disobek olehnya haha maaf ya om tukul😀 ) .. ada lagi masalah yg sangat membumi hanguskan para kaum muda , ditinggal “pacar” .. muda mudi yg memiliki seorang kekasih atau pacar , tiba-tiba dia mendapat kejutan yg tak terduga , diputusin .. tak lama kemudian si remaja yg diputus hubungannya oleh kekasihnya frustasi , stress , menangis tersedu-sedu hingga air mata membanjiri kali code .. lebih jauh lagi berbahaya namun sangat berbahaya hehe si remaja itu depresi dan mengakhiri hidupnya yg masih dini .. pertanyaannya adalah ketika bunuh diri apakah mereka tidak memikirkan orang tua mereka? bayangkan orang tua sudah mendidiknya sedemikian membanting tulangnya agar menjadi seorang anak yg kuat , namun hanya karna ‘sentuhan listrik kecil’ saja si anak menerbangkan dirinya ke alam lain .. astaghfirullah , jangan sampai hal itu menimpa kita manusia-manusia yg budiman .. aamiin Ya Allah

kehilangan seseorang dalam hidup itu wajar , banyak orang yg diputus atau ditinggalkan orang yg dicintainya ( pacar atau kekasih ) mereka mampu tersenyum bahkan ada yg malah terus mengepakkan sayapnya hingga terbang ke langit ke tujuh .. kenapa bisa begitu? kenapa tidak! tak ada hal yg bisa menghalangi jalannya untuk terus maju dan berkarya menempa dirinya menjadi seseorang yg tangguh , itulah orang-orang luar biasa .. di dalam hidup ini sudah pasti ada kata “datang dan pergi” .. orang datang dan pergi dalam kehidupan kita adalah hal yg wajar dan hal yg wajar itu tak perlu disesali .. seseorang datang ke rumah dan bertamu , ketika mereka datang kita sambut dengan senyum ikhlas , kita jamu dengan suguhan yg enak – enak yg bisa membahagiakan si tamu , kita ajak si tamu berbincang – bincang dan bercanda tawa , lalu si tamu berpamitan dan sekali lagi kita sambut kepergiannya dengan senyum ikhlas yg memberi kesan manis di hati si tamu .. begitulah fakta yg ada di sekitar kita .. semua berjalan dengan irama yg merdu , irama yg merdu selalu mendamaikan hati .. adakah irama yg merdu membuat hati gelisah ? nah kalo itu kasusnya , silakan ganti channel radio anda , mungkin anda salah menyetel musik hehe😀

ujian dan musibah lain yg sering muncul di permukaan adalah dirampok , kehilangan pekerjaan , rumah kebakaran , sanak keluarga meninggal .. yaa , itu adalah musibah berat yg membuat kita sedih .. namun mampukah kita melihat sisi lain di balik musibah – musibah itu ?? siapa tau ada harta karun , bukankah itu hadiah yg jauh lebih indah jika dibanding musibah yg kita alami ? namun betapa budimannya jika saling berbagi kebahagiaan .. satu alasan yg mengharuskan kita menjauhi ketidakbahagiaan adalah tidak bahagia itu merugikan orang lain .. apakah benar begitu ? lagi – lagi Pak Ebiet G Ade menjawabnya lewat lantunan musiknyaaa…mari kita tanyakan pada rumput yg bergoyang😀

“pantaskah kita untuk bahagia?” .. inilah pertanyaan dari para pecinta komunitas galau hehe .. penulis akan menjawabnya dengan sebuah pertanyaan “apakah larut dalam kesedihan, keterpurukan, dan tidak bahagia adalah apa yg Allah inginkan dari kita?” .. tidak! kita pantas untuk berbahadia dan tersenyum pada kehidupan yg ada di hadapan kita , dan kita layak untuk itu !! “aku pantas berbahagia dan aku adalah orang yg berbahagia!” itulah kalimat yg seharusnya muncul di dalam hati kita .. apa yg terucap bisa menjadi sebuah doa , sapa tau ketika kita mengucapkan kata – kata yg baik , kebaikan itulah yg kita dapat , bahkan lebih .. bukankah kita ingin bahagia ? yaa , mari berbahagia !🙂

lalu bagaimana caranya agar kita bahagia ?? hmm.. maaf beribu maaf , penulis hanya bisa menjawab dengan satu kalimat yaitu “bersyukur” .. betapa nyamannya hati jika selalu mensyukuri apa yg kita terima , bukankah itu pemberian dari-Nya ? entah itu berupa sebuah hadiah atau pun musibah , bukankah tetap saja itu pemberian dari-Nya ? apa yg Allah berikan ke kita pastilah itu sesuatu yg akan membuat kita bahagia atau setidaknya membuat kita lebih baik .. ketika kita merasa ada yg salah dalam diri , merenung dan introspeksi mungkin baik , mencari apa yg salah lalu memperbaiki dan memantaskan diri , insyaAllah semua pasti baik – baik saja .. tentu Allah tak ingin melihat hamba-Nya menjadi pengeluh bukan ? yaa , bersyukur .. punya banyak teman itu senang , dapet nilai bagus kita senang , dapet pekerjaan yg baik keluarga tentram , dapet anak – anak yg sholeh sholehah itu anugerah luar biasa , bersyukur adalah pelapis kebahagiaan – kebahagiaan itu .. jika mendapat musibah , berhusnudzon kepada-Nya , hati pun tetap tentram .. semoga dengan bersyukur Allah memudahkan langkah kita , memberi kita apa yg baik untuk kita , dan menghadiahi kita apa yg membuat hati kita bahagia .. aamiin Ya Rabb🙂

sebagai penutup penulis akan memberi 2 hal kepada pembaca :

permintaan maaf .. dengan sangat rendah hati penulis mohon maaf jika dalam menuangkan artikel sederhana ini banyak keruetan kata yg sulit untuk pembaca pahami , banyak kekacauan bahasa dan salah kata yg membuat pembaca sekalian terlukai hatinya .. penulis tau pasti ada hal – hal yg keliru dari segi pemahaman dan salah dalam segi ilmu , penulis harap pembaca mau memperbaikinya .. yaahh , asal pembaca tidak ke rumah penulis dengan sandal di tangan saja , penulis tentu menghindari lemparan – lemparan misiu sandal yg pembaca lontarkan haha😀 .. semoga bisa memberi manfaat , terimakasih udah mau mampir ke blog yg begitu sederhana dan kurang terawat ini🙂

kisah menarik .. di sebuah desa nan asri , tinggal seorang anak yg lucu dan periang .. dia senang bermain layangan .. terkadang dia mengumpulkan bambu dan benang lalu dia rakit sendiri layang – layang kesayangannya .. suatu sore di tengah sawah dia bawa layang – layang itu .. di tengah padang sawah yg terhantar luas dengan angin sejuk lagi deras , dia ulur layang – layang itu hingga menjulang setinggi angkasa .. wah wah wah , namun suatu hal tak terduga menimpa dirinya .. layang – layang yg sudah terbang mengangkasa itu tiba – tiba saja benangnya putus .. apa yg si anak ucapkan ? bukan “yah , putus” tapi “wow , gabul ( istilah jawa untuk layang – layang yg putus )! AYO KEJAAARRR!!!”

~mari menjadi insan yg senantiasa bersyukur , karna kita insan yg pantas untuk berbahagia~

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1433 H

Selamat Hari Raya Idul Firti 1433 H

penulis tau pasti ada salah kata dari artikel-artikel yg dipublikasikan dalam blog sederhana ini .. dari kata itulah melukai hati pembaca dan mungkin membuat pembaca tidak suka bahkan marah .. mungkin blog ini terlihat sangat sederhana , kurang terawat sampai lumut-lumut dan rumput-rumput liar menyebar ke berbagai penjuru halaman di blog ini , ya memang betul ! artikel-artikel yg ada sangat minim keterbukaan dunia , medianya sempit , dan banyak pletat-pletot gramar disana , padahal udah menggunakan bahasa indonesia , tapi tentu saja banyak keruetan kata di sana .. ditambah lagi tak ada kata up-to-date terpampang di blog ini , yah mohon dimaklumi penulis penuh keterbatasan , jadi bisa dibilang “ketinggalan kereta” hehe .. semua itu tentu suatu yg mungkin kurang membuat pembaca suka .. di waktu yg indah penuh pesona maaf ini , di saat yg anggun penuh wahana kasih sayang ini , di hari yg merdu penuh lantunan kata suci ini , manusia sederhana ini mengucapkan :

terkadang mulut salah dalam berucap

terkadang laku salah dalam bertindak

semua itu telah menggoreskan luka di hati

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1433 H

mohon maaf lahir dan batin atas segala salah

mari kembali ke fitrah

sucikan hati bersihkan jiwa, mari terus berkarya🙂

Malu Bertanya Sesat Dimana-Mana

setelah sekian lama tenggelam di telan lautan , setelah sekian lama terkubur di telan daratan , akhirnya penulis kembali mengekspresikan aksinya di dunia per-blog-an lagi hehe .. maaf atas kata – kata pembukaan yg lebay ini , penulis sebenarnya tak ingin mengungkapkan dengan lebay , harap dimaklumi karna cuma itulah yg berkunang-kunang di kepala haha .. yap , sudah 6 bulan lamanya penulis tak kelihatan ujung dan pangkal hidungnya , pasti muncul pertanyaan dari para pembaca yg merindukan kehadiran penulis lagi “kemana perginya hidung penulis?” loh loh maksudnya “kemana sih penulis blog ini? masih bernafaskah dia? atau dia jangan – jangan..jangan – jangan..jangan – jangan…” , pembaca tak perlu bersedih hati dan frustasi apalagi sampe menyiksa hewan peliharaan sendiri hehe cintailah binatang agar binatang tak menerkam anda !!😀 ( loh loh , menyimpang dari topik ala cuba nih ) .. nah dengan sangat rendah hati , penulis berusaha dengan gigih dan sekuat tenaga untuk menjawab pertanyaan pembaca itu “Alhamdulillah saya masih di sini dan tak pergi kemana – mana. jangan – jangan? ah , jangan ditebak – tebak , kalo pembaca tidak tau , sebaiknya tanya. saran dari saya kepada para pembaca: kalo pembaca tidak tau , maka jadilah orang yg sok tau! sori , ini wejangan sesat ala bob merlay hahaha , maksudnya jadilah orang yg suka bertanya jangan jadi orang yg suka sok tau sebab terkadang kesoktauan itu punya dua anak buah , pertama menyesatkan diri sendiri , kedua menyesatkan orang lain. kalo mau tersesat , tersesatlah sendiri , jangan ngajak – ngajak , karna bisa membahayakan muka anda sebab orang yg anda ajak tersesat bisa menuangkan kepalan tangannya di wajah anda hahaha :D”

yuhuu , itulah deretan kalimat pembuka blog penulis yg satu milenium tak terjamah dan udah tertutup lumut dimana – mana ini ( mana ada lumut nempel di blog?! gitu aja ga tau , lumut sitompul bos! eh lumut transparan! haha ) .. penulis berharap ketika pembaca membaca kalimat pembuka di atas , pembaca membacanya dengan sangat lapang dada dan menahan emosinya , karna penulis tau kalimat pembuka di atas sangat kacau dan bisa menyungging ( emang kuda lumping nungging – nungging?! ) eh menyinggung perasaan pembaca yg pada akhirnya kehadiran penulis setelah sekian lama ghoib pun tetap diidam-idamkan kemunculannya lagi hahaha😀

dua paragraph di atas mungkin terlihat ambigu  grammarnya berantakan dan tak ada hubungannya sama sekali dengan topik yg sedang diulas kali ini , ya penulis pun mengakuinya !! tapi dibalik pemikiran yg tak berujung terdapat pemikiran yg kompleks dan penuh hasil , menurut pemikiran penulis hehe .. lanjut bawah…

judul postingan di atas mirip dengan sebuah peribahasa “malu bertanya sesat di jalan” .. tapi dengan kritis penulis mengubah kata “jalan” menjadi “dimana – mana” karna kata “jalan” sepertinya tak seirama dengan empat kata sebelumnya .. kita akan tersesat di jalan kalo apa yg kita tanyakan adalah sebuah alamat , apakah ada yg tidak setuju di sini ? penulis sarankan agar para pembaca tidak setuju , yg sudah terlanjur setuju yaa penulis ga bisa maksa , karna menurut penulis orang yg setuju dengan pernyataan tadi itu malu – malu kucing hehehe malu mencari tau sampe kucing pun tersapu – sapu eh tersipu – sipu😀 .. maksudnya terlalu mudah percaya dan menerima itu pun bisa menyesatkan diri sendiri ( pengalaman tragis penulis yg pernah tertipu ) , ga ada salahnya kita mencari tau baru kemudian mengungkapkan tindakan .. penulis akan mencoba menafsirkan peribahasa tadi dengan judul di atas dengan pemikiran yg simpel dan sederhana , jadi harap dibaca saja yaa , jangan komentar dulu sampe tamat bacanya , nanti bisa – bisa saya dibilang “menyesatkan”🙂

“malu bertanya sesat di jalan” adalah sebuah peribahasa yg sudah kita pelajari sejak jaman SD dulu ( yg udah tamat SD tapi lupa , kalo buku SD masih ada silakan dibuka lagi , kalo udah habis dimakan rayap penulis sarankan belilah di toko buku terdekat hehe . yg belum SD , masih TK atau masih balita , cepet – cepet daftar SD! hahaha ) .. peribahasa itu penulis modif dengan sangat indah sehingga berkamuflase dan bermetamorfosis menjadi “malu bertanya sesat dimana – mana” .. kenapa bisa begitu ? kenapa harus tidak ? penulis punya hak angket ( ente anggota DPR gan? bukan , ane DPWR ( Dewan Penumpas Wakil Rakyat ) hahaha sori agak provokatif ) untuk mengubah sesuatu menjadi sesuatu yg lain , itulah keistimewaan penulis , bebas mengubah kata – kata sesuka hati hehe .. bagi yg ingin merasakan nikmatnya mengubah kata sesuka hati , segeralah beralih profesi menjadi penulis😀 .. “malu bertanya sesat di jalan” memiliki makna yg sangat luas .. itulah arti yg sebenarnya dari peribahasa ini .. bukan cuma ditujukan buat menanyakan jalan atau tempat atau alamat , tapi berbagai lini kehidupan ..

“malu bertanya sesat dimana-mana” memiliki makna yg dipersempit dari makna peribahasa tadi .. ketika kita ingin mencari alamat teman , saudara , atau sanak keluarga yg sebelumnya kita belum pernah ke sana , sewajarnya kita tanya dan mencari tau alamat itu .. bagaimana jika kita sok tau? bukan rumah teman saudara atau sanak keluarga yg kita kunjungi , melainkan rumah Pak RT , beruntung jika teman saudara atau sanak keluarga menjabat jadi ketua RT , kalo ga? kalo ga ya bisa tanya sama Pak RT-nya dong hahaha .. itu contoh sederhana , saat ingin mencari alamat rumah orang yg kita ga tau tapi kita malu untuk bertanya alhasil bim salabim rumah orang lain yg kita singgahi , udah malu tanya eh tambah malu salah rumah .. mirip dengan sebuah peribahasa “sudah jatuh tertimpa tangga” bedanya kalo kasus ini “sudah malu tertimpa malu” .. berbeda kasus kalo kita sedang menghadapi resiko kesehatan .. contohnya , kita dalam kondisi sakit flu , kita tak tau obat apa yg harus dibeli , karna malu tanya obat yg kita beli adalah oralit .. dengan meyakinkan diri itu adalah obat flu kita pun meminumnya , alhasil setelah satu minggu kita pun terheran – heran , flu ga kunjung sembuh ditambah kok satu minggu ga juga kunjung BAB ( buang air besar ) hahaha😀 .. nah gimana coba ? repot kan ?

sakit itu berhubungan dengan keselamatan , kalo salah milih obat gara – gara malu tanya bukannya tersesat di jalan tapi kita akan tersesat di kuburan .. berhati – hatilah dengan kondisi yg satu ini ! hai para pembaca , jika kalian tak mau tersesat di kuburan maka belilah obat yg sesuai dengan sakit yg anda alami ! haha ( tolong penulis jangan dilempar sandal , di rumah udah banyak sandal jepit swallow hehe ) .. di abad 21 ini ilmu kedokteran sudah semakin maju dan mumpuni .. berkunjunglah ke dokter jika perlu dan jangan takut , dokter itu penolong , minta tolong sama dokter pasti ga ditolong (kalo kita sakit flu dateng ke dokter jiwa ya ga ditolong! haha) , minta tolonglah sama dokter yg sesuai dengan penyakit yg dialami , pasti ditolong .. insya Allah dengan usaha untuk sembuh itu sakit pun bablas ke ruang angkasa dan tak kembali ke bumi .. sakit ? berobatlah ke dokter bila perlu !🙂 jangan ke dukun , pengen sembuh malah disantet repot😀

begitu juga masalah agama .. agama adalah hal yg sangat intim dan keistimewaannya di atas satuan ilmu lain .. salah dalam menitih jalan agama , musnahlah sudah usaha – usaha yg kita perjuangkan di bumi .. agama adalah kunci keselamatan , dengan beragama yg benar selamatlah buah manis yg kita peroleh .. naas memang melihat kehidupan dunia saat ini , manusia sibuk mengurus kepentingan dunia hingga sangat sedikit sekali waktu yg dituangkan untuk mangkok akhirat .. jika diibaratkan timbangan neraca , ilmu dunia adalah lengan beban dan ilmu akhirat adalah benda yg ditimbang .. bayangkan jika kita terus menaikkan skala lengan beban tanpa menambah beban benda yg ditimbang , apa yg akan kita dapat ? jika itu adalah timbangan buah misal , kita udah bayar mahal tapi karna buah yg kita timbang tak seimbang dengan beban timbangan , pastilah kerugian yg akan kita bawa pulang .. tentulah kita tak mau menjadi manusia – manusia yg merugi .. masih hidup dan bernafas adalah kesempatan untuk memperbaiki diri dan berubah , ayok kita sama – sama manfaatkan kesempatan ini dengan gigih dan tanpa pamrih .. semoga kita menjadi hamba – hamba-Nya yg diselamatkan di dunia dan di akhirat .. aamiin Ya Allah ..

malu bertanya itu bukan berarti sifat orang yg bakal tersesat lho .. tenang aja , semua ada obatnya ! jangan shock dulu jika anda adalah orang yg malu bertanya , tapi jika sudah terlanjur shock segeralah kunjungi dokter psikologi agar shock anda tidak berkelanjutan hehe .. saya akan beberkan obat mujarabnya hehe .. obatnya malu bertanya adalah berani mencari tau !! yaa , itulah resepnya , campur bumbu gigih dan semangat pasti jadi masakan yg lezat dan siap disantap ( mau masak mas? haha ) .. malu bertanya itu sifat lumrah dan maklum serta wajar kita miliki .. tapi malu itu berubah wujud jadi ga wajar ga lumrah ga maklum kalo kita salah dalam dua hal : pertama kita salah menempatkan rasa malu dalam kondisi tertentu dan berlebihan malunya sampe malu2in hehe , kedua kita ga punya malu sampe dibilang orang gila haha .. jadi malu itu boleh , di-UUD ’45 ga ada bunyi “tiap-tiap warga negara dilarang malu” buset bisa jadi negara paling ancur sedunia ( nyindir negara barat ) haha .. tapi juga harus diingat “malu adalah bagian dari iman” , okay ? naahhh…bagi yg malu tanya , jangan malu cari tau .. sekarang udah jaman dunia maya , ada Mbah Google , Pakdhe Ebook , Om Wikipedia , artikel-artikel online , tanya-jawab online , jadi tinggal click-and-get .. it’s easy , just click-and-get hahaha brasa pasang iklan online ajee😀 .. di dunia nyata pun banyak buku – buku bertebaran .. ga begitu susah mencari tau apa yg ingin kita tau kalo malu tanya🙂

ga setiap hal bisa kita cari tau sendiri , ada hal – hal tertentu yg kita perlu berdiri dan berlari untuk bertanya ke seseorang .. tentunya orang yg berilmu yg kita kunjungi untuk mendapatkan jawaban .. kalo yg kita tanyai orang yg minim ilmu sudah pasti dan sudah tentu jalan buntu tempat tujuan akhirnya .. solusinya , cari orang yg berilmu dan bertanya , insya Allah jalan buntu tak terlukis di peta kehidupan kita🙂

yap, itulah sedikit coretan tinta putih di atas layar yg cukup sederhana namun semoga bisa memberi manfaat bagi para pembaca yg baik hati .. tak begitu panjang dan tak begitu pendek .. mungkin banyak kekurangan dan sedikit kelebihannya , penulis hanya bisa berharap kepada para pembaca untuk memakluminya sebab penulis hanya manusia biasa yg terbatas pengetahuannya .. jika ada kata – kata yg sedikit tajam sehingga melukai perasaan pembaca , pembaca tidak dilarang marah dan emosi tapi hanya dilarang berhenti membaca hehe .. semoga bermanfaat dan keep enthusiastic😀

sebagai penutup postingan kali ini , penulis akan menyajikan guyonan sederhana dan semoga bisa menghibur pembaca :

suatu hari murid SD sedang belajar pelajaran Bahasa Indonesia tentang menjaga kebersihan lingkungan .. sang guru pun menjelaskannya melalui gambar poster bertema “jangan buang sampah sembarangan” .. ada satu murid yg salah memahami gambar dan malu bertanya saat itu .. seminggu kemudian diadakan ulangan dan salah satu soal ulangannya adalah “dimana kita membuang sampah?” .. si murid tadi pun menjawab “di dalam kandang ayam” .. otomatis sang guru pun menyoret jawaban si murid .. karna si murid tak trima disalahkan oleh sang guru , maka terjadilah percakapan di bawah ini :

murid: “Bu, kenapa jawaban saya dicoret?”

guru: “jawaban kamu salah, Andi (nama muridnya). kalo salah ya dicoret dong , masa dicentang.”

murid: “saya jawabnya udah bener kaya yg Ibu terangin di kelas kemarin.”

guru: “Ibu kan nerangin tempat sampah, bukan kandang ayam.”

murid: “tapi Bu, gambar Ibu di papan tulis itu kandang ayam, bukan tempat sampah.”

guru: “itu tempat sampah. mana ada buang sampah di kandang ayam?”

murid: “ada.”

guru: “siapa?”

murid: “Ibu Guru!”

guru: “kamu mau Ibu kasih nilai nol?”

murid: “saya ga trima, pokoknya jawaban saya benar!”

guru: “kalo sampah dibuang di kandang ayam, ayamnya ditaroh mana?”

murid: “di tempat sampahlah Bu, orang tempat sampahnya kosong.”

guru: “kamu ini bandel ya, jawaban yg salah tetep Ibu coret, ga ada toleransi ya!”

murid: “jawaban saya kan ngikutin apa yg Ibu gambar, jadi yg salah siapa Bu?”

guru: “Ibu.”

murid: “nah, trus jawaban saya kan ngikutin gambar Ibu, jadi bener apa salah Bu?”

guru: “iyaa, benar.”

murid: “yeaayy yeayy, ga jadi dicoret!”

guru: “kayaknya Ibu harus ikut kursus menggambar nih.”

murid: “jangan Bu!”

guru: “kenapa?”

murid: “nanti Ibu jadi guru menggambar bukan guru bahasa indonesia.”

guru: “sudah – sudah. dasar anak bandel!”

nah , itulah percakapan yg terjadi .. terdengar mustahil , konyol , dan ga nyata .. yaa begitulah kira-kira yg terjadi di kehidupan jenaka tak khayal haha .. jadi , biar ayam ga dimasukin tempat sampah..kan kasian , alangkah baiknya kalo kandang ayamnya ga dijadikan tempat buat buang sampah , alhasil si ayam pun hidup bahagia di kandangnya dan sampah pun hidup tenang di tempatnya😀

okee , so bagi yg malu jangan malu2in , yg ga punya malu jangan ngajak yg malu tersesat ! :@ biar ga tersesat , kaya lagunya Ebiet G Ade , silakan tanya pada rumput yg bergoyang hahaha just kid😀

~life is to find out~

Sebuah Metamorfosis

apakah anda tau apa itu metamorfosis? metamorfosis adalah sebuah bab yg pasti sudah kita pelajari di zaman SD .. metamorfosis didefinisikan sebuah evolusi suatu bentuk satu ke bentuk lain yg berbeda biasanya tidak semua melalui fase pupa atau fase tidak aktif  atau fase kepompong .. lalu apa itu kepompong? kepompong adalah satu kata dari judul lagu bawaan “Sindentosca” hehe .. kepompong itu bukan yg dipake bayi biar pas beser ga luber-luber (kepopok haha) , kepompong juga bukan julukan buat simbah-simbah pada umumnya (kok ompong hahaha) , tapi…silakan dibuka-buka lagi pelajaran SD ya hihi

contoh hewan yg mengalami metamorfosis (sempurna atau tidak sempurna) antara lain kupu-kupu , kodok , nyamuk , lalat , kucing , ayam , belalang , kecoak , dan lain sebagainya .. nah , kenapa ada hewan yg harus bermetamorfosis? dan kenapa ga semua aja bermetamorfosis? inilah kehendak Sang Maha Kuasa , kita sebagai manusia wajib mengambil air di dalam baskom .. apa itu artinya? tentulah air itu basah , basah itu kan efek air , sama kaya hikmah , hikmah itu juga basah , tapi membasahkan hati (menurut penulis) .. penulis akan membahas secara spesifik bukan secara general tentang metamorfosis kupu-kupu ..

kupu-kupu itu cantik, menawan, indah dipandang, menyenangkan dan menyegarkan mata (kupu-kupu hidup lho kalo kupu-kupu yg baru koma kasian, perlu dibawa ke rumah sakit hewan terdekat haha) , karna itulah tak sedikit orang yg mengoleksi berbagai jenis kupu-kupu , membuat taman luas dan indah yg penuh kupu-kupu , atau pun juga mengawetkan jenis-jenis kupu-kupu yg menjadi pajangan dinding dan menghiasi ruangan (hati-hati hai para pengawet kupu-kupu , hantu kupu-kupu akan bergantanyan mengusik ketenangan anda hehe) .. itulah peran kupu-kupu untuk para makhluk cerdas di dunia .. bayangkan jika kupu-kupu itu seperti kecoa , sapa yg mau ngoleksi sapa yg mau memajangnya di dinding ? sungguh kasian kecoa , diperlakukan tidak layak dan tidak mendapat hak asasi yg setara .. memang nasib hewan itu macam adanya , tragis sekali .. apa yg salah dengan saya? loh saya kan cuma nulis ga ikut-ikutan menindas kecoa hehe ..

kembali ke kecoa , lhoh? ke kupu-kupu maksudnya .. kupu-kupu mengalami metamorfosis , dari telur jadi ulat kecil jadi ulat dewasa jadi kepompong dan pada akhirnya berkamuflase dan mengevolusi diri menjadi kupu-kupu .. pertanyaan muncul dari sumur , kenapa manusia tidak bermetamorfosis ? kata siapa tidak ?! penulis akan menjawab dengan pandangan lain , manusia pun mengalami proses metamorfosis , sama seperti kupu-kupu .. bagi yg tidak berkenan dengan pandangan ini , silakan berhenti membaca dan meninggalkan layar komputer anda hehe .. kupu-kupu bermula dari telur , telur yg sangat kecil yg nasibnya di ujung tanduk , sensitif sekali , kenapa ? bayangkan kalo ada kecoa liat telur itu , pasti dia langsung menerkamnya , kenapa tidak? kecoa kan dendam sama kupu-kupu haha .. karna kondisi inilah ibu kupu-kupu yg baik berusaha menaruh dan meletakkan telur-telurnya di tempat yg aman dari jangkauan yg membahayakan buah hatinya .. bukankah sama seperti manusia ? manusia berawal dari telur bukan ? kemudian menjadi janin di dalam rahim seorang yg sangat mulia , ibu .. janin dalam kandungan pun nasibnya di ujung tanduk , sangat sensitif , ga punya daya untuk berbuat banyak selain berbaring di dalam perut ibu .. bayangkan jika bayi di dalam rahim ibu seperti superman yg tiap saat mengepakkan sayapnya dan terbang begitu saja ? bukankah itu hal yg tabu dan sangat mengerikan ? tiba-tiba keluar menembus dinding perut , astaghfirullah , menakutkan .. karna kondisi yg sangat terbatas inilah seorang ibu yg mulia berusaha keras siang dan malam untuk menjaga anaknya yg masih dalam kandungan , selalu makan yg penuh gizi agar anaknya sehat dan normal .. subhanallah , bukan main pengorbanan seorang ibu .. karna itulah ada hari ibu , apa hubungannya ya? hehe ..

setelah telur kupu-kupu menetas keluarlah sesosok makhluk asing yg parasnya yaa begitulah yaitu , ulat kecil .. apa yg bisa dilakukan oleh ulat kecil ? dia pun masih labil dan tak berdaya , jalan tak tau arah , semua diterjang tau-tau jatoh dari pohon .. sama dan tak beda halnya dengan bayi yg baru saja keluar dari kandungan .. bayi tak tau apa-apa , sangat labil dan butuh bimbingan .. bayi tidak bisa langsung jalan , belajar dan harus mengalami jatuh bangun benjol benjot , makan masih harus disuapi , masih sangat membutuhkan peran orang tua yg lembut dan baik hati .. bagaimana kalo ulat  kecil tumbuh menjadi buas ? dia akan jadi hama dan merusak tanaman .. bagaimana jika bayi diasuh oleh orang tua yg kasar dan tak punya hati ? dia akan menjadi manusia yg kejam dan bengis .. wallahu’alam .. jadi mari kita jadi ! hah ? mari kita jadi manusia yg lembut dan baik hati sehingga kelak menjadi orang tua yg mampu menjadikan anak-anaknya seorang pahlawan yg membahagiakan semua orang .. aamiin

fase ketiga , ulat kecil tumbuh menjadi ulat dewasa bukan tumbuh menjadi ulat raksasa haha .. ulat dewasa sudah bisa berjalan sesuai arah , namun masih terbatas , cuma bisa jalan dari ranting satu ke ranting yg lain .. sewaktu-waktu pun dia dalam bahaya , dicaplok ayam atau terjun bebas dari ketinggian tertentu yg memiliki kecepatan dan tegangan permukaan tertentu dan menghasilkan kondisi tertentu pula entah selamat atau malah langsung wafat di tempat karna kecepatan dan tegangan yg terlampau besar (terobsesi mekanika bahan huee tapi bukan karna stress lho hehe) .. nah setelah si bayi tumbuh menjadi balita kini dia tumbuh menjadi seorang anak .. anak yg riang bermain kesana-kemari , saking riangnya sampe lupa waktu , itulah anak-anak masih perlu bimbingan dan masih labil .. keselamatannya masih perlu dipantau , begitu juga perkembangannya .. anak-anak yg lupa dipantau akan membahayakan keselamatan jiwa maupun raganya ..

ulat dewasa masuk ke fase kepompong .. inilah fase tidak aktif , fase diam .. si ulat bertapa di tempat gelap yg dindingnya tak berlubang sedikit pun , gelap gulita , dia bertapa siang dan malam melakukan semedi , entah apa yg dilakukannya di dalam , penulis kurang tau hehe .. tapi yg pasti , setelah dia bertapa dan berdiam diri tanpa melakukan gerakan apapun selama kurun waktu tertentu , dia keluar menjadi sosok makhluk baru yg sangat bertolak belakang bahkan berubah 180 derajat .. yg awalnya membuat manusia ngeri , gatal-gatal , saat ini si ulat sudah berubah menjadi hewan yg bahkan dikagumi oleh manusia karna keindahan parasnya , warna warni yg menyelimuti tubuhnya .. si ulat yg awalnya hanya bisa merayap 100 meter satu jam (soalnya pake mampir makan daun hehe) sekarang udah bisa terbang bebas di udara tanpa beban , terbang kesana kemari menikmati keramaian dunia , tak ada yg menghalangi .. subhanallah .. bayangkan si ulat yg dulu menjadi hama tanaman makan dedaunan yg rasanya pahit sekarang dia mampu menghisap madu manis dari bunga-bunga indah yg bahkan manusia tak mampu melakukannya .. dia menjadi hewan yg dikagumi dan bermanfaat .. bukan main keagungan Sang Pencipta , Dialah yg Maha Hebat yg mampu membuat sesuatu yg bahkan manusia sendiri tak akan mampu membayangkannya .. subhanallah ..

ada sedikit perbedaan dengan manusia di kasus ini (kaya detektif aja hehe) .. kepompong begitu keluar selalu cantik dan indah dipandang , manusia ? sabar dong .. rakus amat .. fase kepompong bagi kupu-kupu sama seperti masa remaja buat manusia .. masa remaja masanya mencari jati diri , naik gunung melewati lembah .. tapi di sini , dia juga berdiam diri dan tak berbuat apa-apa , kok bisa? kenapa ga? remaja perlu banyak diam dan berpikir , memilih mana yg harus dia ambil , memilah-milah mana yg baik dan mana yg buruk , mana yg cantik mana yg ganteng hehe (kalo ini sesat , maaf) .. itulah cara bertapa remaja , diam berpikir .. maka dari itu tak semua remaja tumbuh menjadi sosok yg cantik dan anggun , yg bermanfaat , dan yg indah dipandang dan membahagiakan .. karna ketika dia bertapa banyak hal-hal yg memenuhi pikirannya sehingga dia salah melangkahkan kaki dan terpeleset masuk ke dalam lubang buaya huee .. banyak dari mereka yg jadi bejat dan bringas , kejam dan tak berperikemanusiaan , jahat dan tak kenal belas kasih , sadis dan tak mau tau nasib sesama .. di sisi lain , remaja yg tumbuh dengan manis setelah bertapa di tempat yg benar akan menjadi sesosok manusia yg indah parasnya , nikmat dipandang , dan menyenangkan hati .. jadi mana yg akan anda pilih ? yg sesat atau yg berkembang pesat ?😀

ada lagu yg bisa kita kaji , judulnya “Kepompong” .. “dulu kita sahabat berteman bagai ulat” , emang ulat pas berteman kaya gimana? nongkrong bareng di kopi joss? apa pergi piknik ke pantai sama-sama? aneh-aneh aja .. “berharap jadi kupu-kupu” , wah sekarang kalo anda ditanya , anda mau jadi manusia apa kupu-kupu ? kalo saya manusia normal saja haha .. “persahabatan bagai kepompong” , ini semakin menjadi-jadi saja , kepompong itu kan cuma diem ga gerak ga bisa ngobrol , kalo emang sahabat ketemu langsung duduk diem membisu ga gerak begitu kah ? itu sahabat apa pura-pura mati karna ada rampok dateng ? jenaka juga tuh sindentosca .. “mengubah ulat jadi kupu-kupu” , wussh menyalahi hukum alam , cuma gara-gara kita bersahabat yg cuma diem ga berkutik sedikit aja yg trus pura-pura jadi patung tiba-tiba ulat yg ada di pohon sebelah berubah jadi kupu-kupu ? wow ! kalo ada boleh deh penulis pengen coba , ntar bawa kameramen buat mengabadikan momen yg mustahil itu wahaha .. ada yg ga konsisten nih , “dulu kita sahabat berteman bagai ulat” sama “persahabatan bagai kepompong” , jadi berteman itu mirip ulat dan bersahabat mirip kepompong hmm kalo gitu penulis milih berteman saja , kan ulat masih bisa jalan-jalan nah kepompong cuma diem ga bisa gerak , mau bersahabat apa baru ditodong pistol sama pak polisi? emang kita habis ngrampok kambing kurban di rumah ibu polisi? suruh aja pak polisi itu gantian ngrampok kambing di rumah kita , tutup kasus deh .. hahaha just a kidding in the last of my post today😀

selamat menikmati , semua yg ada di atas adalah murni pemikiran pribadi penulis , jika ada yg kurang berkenan , silakan bersahabatlah dengan saya bagai kepompong (biar blog saya ga ancur dilempari sendal sama pembaca) haha .. semoga bermanfaat🙂

sedikit foto – foto tentang metamorfosis kupu-kupu : silakan buka foto keajaiban metamorfosis kupu-kupu