Sebuah Metamorfosis

apakah anda tau apa itu metamorfosis? metamorfosis adalah sebuah bab yg pasti sudah kita pelajari di zaman SD .. metamorfosis didefinisikan sebuah evolusi suatu bentuk satu ke bentuk lain yg berbeda biasanya tidak semua melalui fase pupa atau fase tidak aktif  atau fase kepompong .. lalu apa itu kepompong? kepompong adalah satu kata dari judul lagu bawaan “Sindentosca” hehe .. kepompong itu bukan yg dipake bayi biar pas beser ga luber-luber (kepopok haha) , kepompong juga bukan julukan buat simbah-simbah pada umumnya (kok ompong hahaha) , tapi…silakan dibuka-buka lagi pelajaran SD ya hihi

contoh hewan yg mengalami metamorfosis (sempurna atau tidak sempurna) antara lain kupu-kupu , kodok , nyamuk , lalat , kucing , ayam , belalang , kecoak , dan lain sebagainya .. nah , kenapa ada hewan yg harus bermetamorfosis? dan kenapa ga semua aja bermetamorfosis? inilah kehendak Sang Maha Kuasa , kita sebagai manusia wajib mengambil air di dalam baskom .. apa itu artinya? tentulah air itu basah , basah itu kan efek air , sama kaya hikmah , hikmah itu juga basah , tapi membasahkan hati (menurut penulis) .. penulis akan membahas secara spesifik bukan secara general tentang metamorfosis kupu-kupu ..

kupu-kupu itu cantik, menawan, indah dipandang, menyenangkan dan menyegarkan mata (kupu-kupu hidup lho kalo kupu-kupu yg baru koma kasian, perlu dibawa ke rumah sakit hewan terdekat haha) , karna itulah tak sedikit orang yg mengoleksi berbagai jenis kupu-kupu , membuat taman luas dan indah yg penuh kupu-kupu , atau pun juga mengawetkan jenis-jenis kupu-kupu yg menjadi pajangan dinding dan menghiasi ruangan (hati-hati hai para pengawet kupu-kupu , hantu kupu-kupu akan bergantanyan mengusik ketenangan anda hehe) .. itulah peran kupu-kupu untuk para makhluk cerdas di dunia .. bayangkan jika kupu-kupu itu seperti kecoa , sapa yg mau ngoleksi sapa yg mau memajangnya di dinding ? sungguh kasian kecoa , diperlakukan tidak layak dan tidak mendapat hak asasi yg setara .. memang nasib hewan itu macam adanya , tragis sekali .. apa yg salah dengan saya? loh saya kan cuma nulis ga ikut-ikutan menindas kecoa hehe ..

kembali ke kecoa , lhoh? ke kupu-kupu maksudnya .. kupu-kupu mengalami metamorfosis , dari telur jadi ulat kecil jadi ulat dewasa jadi kepompong dan pada akhirnya berkamuflase dan mengevolusi diri menjadi kupu-kupu .. pertanyaan muncul dari sumur , kenapa manusia tidak bermetamorfosis ? kata siapa tidak ?! penulis akan menjawab dengan pandangan lain , manusia pun mengalami proses metamorfosis , sama seperti kupu-kupu .. bagi yg tidak berkenan dengan pandangan ini , silakan berhenti membaca dan meninggalkan layar komputer anda hehe .. kupu-kupu bermula dari telur , telur yg sangat kecil yg nasibnya di ujung tanduk , sensitif sekali , kenapa ? bayangkan kalo ada kecoa liat telur itu , pasti dia langsung menerkamnya , kenapa tidak? kecoa kan dendam sama kupu-kupu haha .. karna kondisi inilah ibu kupu-kupu yg baik berusaha menaruh dan meletakkan telur-telurnya di tempat yg aman dari jangkauan yg membahayakan buah hatinya .. bukankah sama seperti manusia ? manusia berawal dari telur bukan ? kemudian menjadi janin di dalam rahim seorang yg sangat mulia , ibu .. janin dalam kandungan pun nasibnya di ujung tanduk , sangat sensitif , ga punya daya untuk berbuat banyak selain berbaring di dalam perut ibu .. bayangkan jika bayi di dalam rahim ibu seperti superman yg tiap saat mengepakkan sayapnya dan terbang begitu saja ? bukankah itu hal yg tabu dan sangat mengerikan ? tiba-tiba keluar menembus dinding perut , astaghfirullah , menakutkan .. karna kondisi yg sangat terbatas inilah seorang ibu yg mulia berusaha keras siang dan malam untuk menjaga anaknya yg masih dalam kandungan , selalu makan yg penuh gizi agar anaknya sehat dan normal .. subhanallah , bukan main pengorbanan seorang ibu .. karna itulah ada hari ibu , apa hubungannya ya? hehe ..

setelah telur kupu-kupu menetas keluarlah sesosok makhluk asing yg parasnya yaa begitulah yaitu , ulat kecil .. apa yg bisa dilakukan oleh ulat kecil ? dia pun masih labil dan tak berdaya , jalan tak tau arah , semua diterjang tau-tau jatoh dari pohon .. sama dan tak beda halnya dengan bayi yg baru saja keluar dari kandungan .. bayi tak tau apa-apa , sangat labil dan butuh bimbingan .. bayi tidak bisa langsung jalan , belajar dan harus mengalami jatuh bangun benjol benjot , makan masih harus disuapi , masih sangat membutuhkan peran orang tua yg lembut dan baik hati .. bagaimana kalo ulat  kecil tumbuh menjadi buas ? dia akan jadi hama dan merusak tanaman .. bagaimana jika bayi diasuh oleh orang tua yg kasar dan tak punya hati ? dia akan menjadi manusia yg kejam dan bengis .. wallahu’alam .. jadi mari kita jadi ! hah ? mari kita jadi manusia yg lembut dan baik hati sehingga kelak menjadi orang tua yg mampu menjadikan anak-anaknya seorang pahlawan yg membahagiakan semua orang .. aamiin

fase ketiga , ulat kecil tumbuh menjadi ulat dewasa bukan tumbuh menjadi ulat raksasa haha .. ulat dewasa sudah bisa berjalan sesuai arah , namun masih terbatas , cuma bisa jalan dari ranting satu ke ranting yg lain .. sewaktu-waktu pun dia dalam bahaya , dicaplok ayam atau terjun bebas dari ketinggian tertentu yg memiliki kecepatan dan tegangan permukaan tertentu dan menghasilkan kondisi tertentu pula entah selamat atau malah langsung wafat di tempat karna kecepatan dan tegangan yg terlampau besar (terobsesi mekanika bahan huee tapi bukan karna stress lho hehe) .. nah setelah si bayi tumbuh menjadi balita kini dia tumbuh menjadi seorang anak .. anak yg riang bermain kesana-kemari , saking riangnya sampe lupa waktu , itulah anak-anak masih perlu bimbingan dan masih labil .. keselamatannya masih perlu dipantau , begitu juga perkembangannya .. anak-anak yg lupa dipantau akan membahayakan keselamatan jiwa maupun raganya ..

ulat dewasa masuk ke fase kepompong .. inilah fase tidak aktif , fase diam .. si ulat bertapa di tempat gelap yg dindingnya tak berlubang sedikit pun , gelap gulita , dia bertapa siang dan malam melakukan semedi , entah apa yg dilakukannya di dalam , penulis kurang tau hehe .. tapi yg pasti , setelah dia bertapa dan berdiam diri tanpa melakukan gerakan apapun selama kurun waktu tertentu , dia keluar menjadi sosok makhluk baru yg sangat bertolak belakang bahkan berubah 180 derajat .. yg awalnya membuat manusia ngeri , gatal-gatal , saat ini si ulat sudah berubah menjadi hewan yg bahkan dikagumi oleh manusia karna keindahan parasnya , warna warni yg menyelimuti tubuhnya .. si ulat yg awalnya hanya bisa merayap 100 meter satu jam (soalnya pake mampir makan daun hehe) sekarang udah bisa terbang bebas di udara tanpa beban , terbang kesana kemari menikmati keramaian dunia , tak ada yg menghalangi .. subhanallah .. bayangkan si ulat yg dulu menjadi hama tanaman makan dedaunan yg rasanya pahit sekarang dia mampu menghisap madu manis dari bunga-bunga indah yg bahkan manusia tak mampu melakukannya .. dia menjadi hewan yg dikagumi dan bermanfaat .. bukan main keagungan Sang Pencipta , Dialah yg Maha Hebat yg mampu membuat sesuatu yg bahkan manusia sendiri tak akan mampu membayangkannya .. subhanallah ..

ada sedikit perbedaan dengan manusia di kasus ini (kaya detektif aja hehe) .. kepompong begitu keluar selalu cantik dan indah dipandang , manusia ? sabar dong .. rakus amat .. fase kepompong bagi kupu-kupu sama seperti masa remaja buat manusia .. masa remaja masanya mencari jati diri , naik gunung melewati lembah .. tapi di sini , dia juga berdiam diri dan tak berbuat apa-apa , kok bisa? kenapa ga? remaja perlu banyak diam dan berpikir , memilih mana yg harus dia ambil , memilah-milah mana yg baik dan mana yg buruk , mana yg cantik mana yg ganteng hehe (kalo ini sesat , maaf) .. itulah cara bertapa remaja , diam berpikir .. maka dari itu tak semua remaja tumbuh menjadi sosok yg cantik dan anggun , yg bermanfaat , dan yg indah dipandang dan membahagiakan .. karna ketika dia bertapa banyak hal-hal yg memenuhi pikirannya sehingga dia salah melangkahkan kaki dan terpeleset masuk ke dalam lubang buaya huee .. banyak dari mereka yg jadi bejat dan bringas , kejam dan tak berperikemanusiaan , jahat dan tak kenal belas kasih , sadis dan tak mau tau nasib sesama .. di sisi lain , remaja yg tumbuh dengan manis setelah bertapa di tempat yg benar akan menjadi sesosok manusia yg indah parasnya , nikmat dipandang , dan menyenangkan hati .. jadi mana yg akan anda pilih ? yg sesat atau yg berkembang pesat ? :D

ada lagu yg bisa kita kaji , judulnya “Kepompong” .. “dulu kita sahabat berteman bagai ulat” , emang ulat pas berteman kaya gimana? nongkrong bareng di kopi joss? apa pergi piknik ke pantai sama-sama? aneh-aneh aja .. “berharap jadi kupu-kupu” , wah sekarang kalo anda ditanya , anda mau jadi manusia apa kupu-kupu ? kalo saya manusia normal saja haha .. “persahabatan bagai kepompong” , ini semakin menjadi-jadi saja , kepompong itu kan cuma diem ga gerak ga bisa ngobrol , kalo emang sahabat ketemu langsung duduk diem membisu ga gerak begitu kah ? itu sahabat apa pura-pura mati karna ada rampok dateng ? jenaka juga tuh sindentosca .. “mengubah ulat jadi kupu-kupu” , wussh menyalahi hukum alam , cuma gara-gara kita bersahabat yg cuma diem ga berkutik sedikit aja yg trus pura-pura jadi patung tiba-tiba ulat yg ada di pohon sebelah berubah jadi kupu-kupu ? wow ! kalo ada boleh deh penulis pengen coba , ntar bawa kameramen buat mengabadikan momen yg mustahil itu wahaha .. ada yg ga konsisten nih , “dulu kita sahabat berteman bagai ulat” sama “persahabatan bagai kepompong” , jadi berteman itu mirip ulat dan bersahabat mirip kepompong hmm kalo gitu penulis milih berteman saja , kan ulat masih bisa jalan-jalan nah kepompong cuma diem ga bisa gerak , mau bersahabat apa baru ditodong pistol sama pak polisi? emang kita habis ngrampok kambing kurban di rumah ibu polisi? suruh aja pak polisi itu gantian ngrampok kambing di rumah kita , tutup kasus deh .. hahaha just a kidding in the last of my post today :D

selamat menikmati , semua yg ada di atas adalah murni pemikiran pribadi penulis , jika ada yg kurang berkenan , silakan bersahabatlah dengan saya bagai kepompong (biar blog saya ga ancur dilempari sendal sama pembaca) haha .. semoga bermanfaat :)

sedikit foto – foto tentang metamorfosis kupu-kupu : silakan buka foto keajaiban metamorfosis kupu-kupu

silakan meninggalkan comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s